karikai04Avatar border
TS
karikai04
Menkes Sedih Vaksin Difteri Gratis untuk Warga, tetapi...
Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyinggung besarnya anggaran yang harus disediakan untuk menyediakan vaksin difteri di Indonesia. Hal itu disampaikan Nila saat menghadiri kegiatan imunisasi difteri di SMAN 33, Jakarta Barat, Senin (11/12/2017).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata dia, harus mengeluarkan anggaran ratusan miliar rupiah untuk menyediakan vaksin difteri.

"Kami Kemenkes sedih sekali. Ini (vaksin difteri) gratis untuk masyarakat, tetapi tidak gratis untuk Kementerian Kesehatan karena harus mengeluarkan biaya," kata Nila.

"Ini bukan murah dapat anggaran dan kami harus berjuang betul. Tentu kami enggak mau kalau tidak dilakukan imunisasi," tambah dia.

Kemenkes mengeluarkan Rp 70 miliar untuk pengadaan vaksin difteri di Jakarta. Nila mengatakan anggaran itu bukan hanya untuk imunisasi, melainkan juga untuk pengobatan penderita difteri. Serum yang diberikan untuk tiap penderita difteri biayanya bisa mencapai Rp 4 juta.

Kementerian Kesehatan akan melakukan imunisasi secara bertahap. Imunisasi tahap pertama akan dilakukan di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Tahap selanjutnya, imunisasi akan dilakukan di Jawa Timur.

"Akan segera dilakukan di wilayah lain. Kebanyakan di wilayah padat penduduk ya, misalnya Jawa Timur," ujar Nila.

Quote:
0
2.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.