si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Kenapa Ngurus Surat Dikepolisian Ngebingungin?


Halo Brayemoticon-Hai
Apakah disini ada yang pernah bikin SIM, bikin SKCK, ngurus perpanjang plat kendaraan dan lain-lain yang harus diurus di kepolisian? Dikepolisian maksud gw disini adalah kantor polisi sejenis Samsat dan Polres. Kalo Polsek gw rasa ga bikin bingung dan mudah dipahami.


Beberapa hari yang lalu, gw ngurus plat motor gw yang udah mau lewat lima tahun. Gw urus disalah satu Samsat yang menyediakan fasilitas kendaraan untuk motor yang bukan dari daerah asalanya. Karena motor gw berplat B (Jakarta), sedangkan motornya ada di Bandung. Namanya adalah cek fisik bantuan. Gw tau info ini setelah dikasih tau petugas dari Samsat yang ada dideket kosan gw. Ya karena gw pikir perpanjang kendaraan bisa di samsat mana aja, soalnya ga ada informasi kalo samsat ini hanya melayani kendaraan berplat D (bandung).

Sebelumnya gw pernah bikin SKCK tapi di Polres Bekasi, kantornya gede, parkirannya tersusun rapih di pinggir jalan, tapi begitu gw sampe gapura, gw bingung harus kemana. Akhirnya gw tanya sama polisi yang lagi jaga, dan diarahin untuk pergi kesana. "KESANA" hanya memberikan isyarat tangan tanpa memberikan posisi rillnya. Akhirnya karena gw ikutin arahannya, sampelah gw DIKANTIN.

Kejadian bikin SKCK terulang kembali saat perpanjang motor. Begitu gw masuk kedalam Samsat yang luas banget, gw ga tau harus pergi kemana. Gw clingak clinguk tapi ga ada polisi sama sekali. Yang ada hanya petugas berompi orange sambil memberikan gw arahan. Kalian taulah siapa petugas berompi orang yang gw maksud. Gw ikutin arahannya, tiba-tiba ada percabangan antara belok kanan atau kiri, sekali lagi gw clingak clinguk harus kemana. Akhirnya gw disamperin petugas berompi orange lainnya, dia nanyain apakah gw bawa STNK asli, KTP asli dan BPKB asli. Gw jawab iya, kemudian gw diarahin ke sana lagi yang mana bikin gw clingak clinguk ke sekian kalinya. Entah berapa kali gw clingak clinguk harus kemana. Dan gw sebagai "orang awam" harus aktif nanya ke petugas bukan petugasnya yang memberikan arahan.

Apakah kalian pernah bernasip sama kaya gw? Tapi kalian tau ga kenapa kita kalo ke kantor polisi suka kebingungan? Sedangkan kalo ke mall atau ke stasiun engga?

Jawabannya adalah karena tidak adanya DISPLAY di kantor polisi. Udah tau belom display itu apa?


Definisi gampangnya, display adalah sebuah informasi yang diberikan dalam bentuk gambar untuk memudahkan seseorang. Kita sering banget nemuin display ini. Hampir semua tempat pasti dikasih display. Macem palang dilarang parkir, dilarang belok kiri, tulisan toilet, dilarang merokok,dan lain-lainnya. Pokoknya semua gambar yang memberikan informasi, biasanya berupa simbol atau diberi penjelasan pada bagian kanan atau kirinya.

Kalo kita ke stasiun atau ke bandara, bagi orang awampun ga akan terlalu pusing, karena ada display yang bisa ngasih informasi ke mereka. Jadi mereka ga perlu tanya sini situ dan clingak clinguk lagi.

Coba di kantor polisi ada display, jadi orang-orang tau apa aja yang harus dibawa, habis proses ini kemana lagi, proses berikutnya kemana dan seterusnya.

Terimakasih Sudah Membaca
Boleh dong dibantu rate emoticon-Rate 5 Star, share dan di komen biar HT emoticon-Shakehand2


Sumber Gambar: Google Image
Sumber Informasi: Materi Kuliah

Diubah oleh si.pemikir 09-12-2017 04:03
0
14K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.