akun.baruAvatar border
TS
akun.baru
Alumni 212 Desak Jokowi Deportasi Seluruh Staf Kedubes AS

Jakarta, CNN Indonesia -- Presidium Alumni 212 mendesak Presiden Joko Widodo beserta jajarannya untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat sekaligus mendeportasi atau memulangkan seluruh staf Kedutaan Besar AS dari Indonesia.

Pernyataan sikap itu merupakan tanggapan atas sikap Presiden AS Donald Trump yang baru saja mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Bahwa kami mendesak pemerintah Indonesia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan mendeportasi seluruh staf Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Indonesia,” demikian dikutip dari keterangan pers yang dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Jumat (8/12).


Dalam keterangan pers itu, PA 212 mengutuk dan mengecam keras sikap Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Menurut PA 212, langkah Trump tersebut merupakan bentuk kesewenang-wenangan dan pembangkangan terhadap kesepakatan dan hukum internasional.

“Serta pelecehan terhadap lembaga internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa."

PA 212 juga menganggap AS sebagai negara super power yang mudah diperdaya oleh Israel. AS dinilai terlalu mudah dimanfaatkan untuk mendukung segala kepentingan Israel di Timur Tengah dan internasional yang dapat berakibat buruk bagi stabilitas keamanan dan politik.

“Menunjukkan kepada dunia bahwa Amerika Serikat adalah negara adidaya yang dengan mudahnya dimanfaatkan oleh Israel sebagai boneka barbie,” kata Presidium Alumni 212.

PA 212 lalu menyerukan kepada seluruh ormas dan umat Islam Indonesia agar melakukan aksi protes di depan kantor Kedubes AS di Jakarta dan kantor Konsulat AS di Surabaya dan Medan. PA 212 ingin ada aksi protes secara serentak dan terus menerus sebagai bentuk solidaritas kepada Rakyat Palestina.

Lihat juga: Rabi Yahudi Sebut Pemindahan Ibu Kota Israel Tak Tepat Waktu
Di poin selanjutnya, PA 212 menyerukan umat Islam agar tidak lagi menggunakan produk-produk dan waralaba milik Amerika dan Israel.

PA juga mendukung rencana pertemuan negara-negara anggota organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada 13 Desember mendatang di Turki yang rencananya juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. (wis)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...af-kedubes-as/


Tambahan berita terkait : Soal Yerusalem, FPI Sepakat Boikot Produk Amerika
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara Front Pembela Islam Slamet Maarif mendukung sepenuhnya upaya boikot produk Amerika Serikat yang dilontarkan sejumlah pihak. Pernyataan ini menanggapi sikap Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Slamet menilai, upaya boikot penting untuk memberi efek jera pada AS bahwa pertumbuhan ekonomi di negeri paman sam itu juga banyak dipengaruhi oleh umat Islam di Indonesia.

“Kasih pelajaran ke AS biar sadar bahwa ekonomi AS juga dipengaruhi umat muslim,” ujar Slamet melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (8/12).


Slamet mengatakan, upaya boikot merupakan bentuk protes dari umat muslim di Indonesia yang tak setuju dengan kebijakan Presiden Trump tersebut.

“Diharapkan dengan upaya boikot ini AS mau mendengarkan aspirasi umat Islam Indonesia yang tidak setuju dengan tindakan dan kebijakan mereka,” katanya.


Senada, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas juga sepakat dengan upaya pemboikotan produk AS. Menurutnya, tindakan Trump telah secara jelas menyakiti umat Islam di seluruh dunia.

“Kalau mereka bisa berbuat semena-mena, kenapa kita tidak begitu juga? AS dan Israel harus siap menanggung risikonya. Itu sudah hukum alam siapa yang menyakiti akan disakiti,” katanya.


Upaya boikot atas produk-produk AS di Indonesia sebelumnya diserukan oleh sejumlah anggota dewan dalam rapat paripurna DPR kemarin, Kamis (7/12). Pemboikotan itu disebut sebagai pesan bangsa Indonesia yang ingin mendorong secara serius atas kemerdekaan Palestina serta menolak segala upaya pelemahan dan perjuangan rakyat Palestina.

Keputusan Trump itu dinilai menandakan bahwa AS hanya mengedepankan kepentingan-kepentingan subyektifnya sendiri, tanpa ada kemauan mencari jalan keluar bagi perdamaian yang komprehensif. (gil)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...roduk-amerika/

Ayo boikot barbie, mikocok, pesbuk, mbah gugel, twitter, keefci, mekdi, dll and back to cave emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh akun.baru 08-12-2017 13:49
0
3.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.