- Beranda
- Berita dan Politik
BI: Tiga Pilar Utama Tingkatkan Transaksi Non Tunai
...
TS
ivoox.id
BI: Tiga Pilar Utama Tingkatkan Transaksi Non Tunai
Bank Indonesia (BI) sedang mendorong terus para bank untuk dapat meningkatkan inovasi maupun teknologi baru guna mendukung terciptanya ekosistem transaksi non-tunai di Indonesia.
Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengakui, dirinya telah menciptakan tiga pilar utama guna meningkatkan transaksi non tunai di Indonesia.
Pada pilar pertama yakni pilar elektronifikasi, dimana BI telah merealisasikan bentuk elektronikfikasi pada gardu tol. “Kita sudah mulai dengan gardu tol pada Oktober lalu, dan berlangsung baik.
Kemudian kedepan ada bantuan sosial, kami bantu pemerintah untuk mendorong perbankan yang menyalurkan bantuan sosial secara non tunai,” kata Mirza di Jakarta, Rabu (6/12/2017).
Kemudian pilar kedua, yakni infrastruktur pendukung dari transaksi non-tunai. Dari infrastruktur yang mencukupi, diharap dapat menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas dan aman salah satunya melalui implementasi gerbang pembayaran nasional (GPN).
“Selain itu, dengan infrastruktur GPN ini, maka seluruh kanal sistem pembayaran bisa terkoneksi dan membantu masyarakat lebih mudah saat berbelanja,” ujar Mirza.
Lalu pilar ketiga adalah pengawasan, Mirza menilai pilar ini sangat penting guna melindungi konsumen lebih baik. Mirza mencontohkan, salah satu realisasi pilar pengawasan ialah dengan mengencangkan regulasi bagi e-commerce.
“Bagi e-Commerce yang memiliki dompet elektronik atau memiliki kumpulan dana masyarakat dan jumlahnya di atas Rp 1 miliar ini kita regulasikan harus mendapatkan izin dari BI baru dapat beroperasi,” sebut Mirza.
0
855
4
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
672.1KThread•41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya