Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
Melayu Jakarta ( Betawi ) = Melayu Sambas ?

Suku Sambas (baca: Urang Sambas / Melayu Sambas)adalah suatu kesatuan dari beberapa etnis yang menyatakan dirinya telah beragama Islam dan mempunyai dialek bahasa yang sama. Melayu Sambas itu sendiri terdiri dari Melayu (penyebar agama islam), dayak, dayak islam-tionghoa, tionghoa, dan lainnya seperti jawa, minang, bugis. Karena seseorang disebut Melayu bila dia beragama Islam, menggunakan bahasa Melayu dalam kehidupan sehari-hari, dan menerapkan adat-istiadat Melayu. Adat bersendikan syara'. Sedangkan syara' bersendikan Kitabullah (Alquran).

Kita perlu mengingat sebuah teori yang menyatakan sebelum Islam datang ke Kalimantan masih belum ada istilah Dayak ataupun Melayu. Dayak atau Melayu Kalimantan yang kita kenal sekarang pada masa itu adalah penduduk asli pulau borneo. Yang mana nenek moyangnya berasal dari Provinsi Yunan (Cina Selatan) dan sebagian dari Taiwan. Tetapi datangnya agama Islam yang dibawa pertama kali oleh bangsa Tionghoa, Gujarat, Arab, dan Sumatera.

Pada saat itu nama Islam belum begitu populer di bumi khatulistiwa, yang di kenal adalah Agama Dayak dan Agama Melayu. Perlu diketahui nama Melayu itu berasal dari sebuah Kerajaan yang ada di Sumatera sedangkan nama Dayak itu adalah gelaran untuk orang Kalimantan oleh orang luar Kalimantan.

Bagi masyarakat Kalimantan, nama Dayak itu suatu hinaan kepadanya tetapi karena perkembangan jaman yang telah merujuk penduduk asli pulau Kalimantan. Maka kesepakaan nama suku Dayak yang merupakan penduduk asli pulau Kalimantan mulai diterima.

Dayak atau Melayu Kalimantan adalah sama-sama ras Austronesia yang mana apabila Melayu merujuk kepada Ras atau Bangsa maka Melayu bukan saja milik Melayu Islam (sekarang) tetapi juga Melayu Kristen atau Animisme.Sama seperti Bangsa Arab ada Arab Islam dan juga ada Arab Kristen.

Bahasa Melayu Sambas itupun bukanlah bahasa Melayu asli seperti Bahasa Melayu Pontianak, Melayu Sumatera, dan Melayu Malaysia. Tetapi perpaduan antara bahasa Melayu Sumatera, bahasa dayak Kendayan, Dayak Banyuke, dan banyak menyerap bahasa sub-sub etnis yang ada di Kalimantan Barat pada umumnya. Jadi tidak heran apabila setiap bahasa sub-sub etnis Kalimantan ada beberapa yang mirip kosa katanya.



Quote:


Melayu Betawi adalah satu-satunya etnis melayu yang mendiami Pulau Jawa dan selebihnya adalah non Melayu. Kesamaan adat, budaya, bahasa, logat sudah merujuk kepada Melayu Sambas. Perlu dikaji dan diteliti asal usul Melayu Betawi di Pulau Jawa oleh pemerintah.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia




Spoiler for sumber:



emoticon-Jempol


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

emoticon-No Sara Please

Semoga TRIT singkat ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya ya gan..


kaskuuser yang baikemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Kissemoticon-Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L) , jangan lemparin ane emoticon-Blue Guy Bata (L) ya agan - agan...




Diubah oleh kanadiyel 05-12-2017 17:47
1
19.6K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.