150mbmoviesAvatar border
TS
150mbmovies
Hindari hal ini kalo mau selamat jadi Youtuber Tahun 2017
Hindari hal ini kalo mau selamat jadi Youtuber Tahun 2017



image source: netdna.webdesignerdepot.com


Seiring bertambahnya pengguna Youtube, semakin ketat pula peraturan yang diberlakukan kepada penggunanya. jangan heran kalo ada Youtubers yang kebingungan tiba-tiba saja channel kesayangannya yang dari dulu Good Standing tapi tiba-tiba kena suspended permanen. itu karena algoritma Youtube sekarang sudah bukan lagi sekedar masalah Community Guide Lines atau Copyright content saja tapi lebih kompleks lagi dalam menentukan mana channel / user yang berkualitas dan mana channel / user yang tidak berkualitas, mana yang harus di suspend dan mana yang tidak harus disuspend. dan mau tidak mau, suka tidak suka sebagai pengguna wajib patuh pada peraturan yang sudah ditetapkan.

emoticon-Shakehand2

dan parahnya lagi Youtube tidak memisahkan mana yang melakukan kesalahan sebelum peraturan baru dan mana yang melakukan kesalahan sesudah peraturan baru. semua dipukul rata. jadi jangan heran kalo ada channel lama yang tiba-tiba suspend permanen bisa dipastikan itu adalah kesalahan lama yang dilakukan sebelum adanya peraturan baru. lebih parahnya lagi Youtube itu canggih punya semacam foot print. sekalipun anda ngubek-ubek semua video dan komentar lama anda yang melanggar dan menghapusnya atau mengeditnya sekalipun tidak akan ada gunannya karena semua ada foot printnya. tinggal menunggu waktu saja kapan channel anda terdeteksi algoritma Youtube yang baru. emoticon-Big Grin sedang kalo mau banding kalo sudah kena suspend permanen itu jelas lebih sulit lagi karena yang memeriksa sudah bukan lagi mesin otomatisan tapi manusia asli yang jelas lebih pinter dari mesin. emoticon-Big Grin

emoticon-Cool

dan berkut ini adalah hala-hal yang weajib kamu jauhi kalo mau selamat jadi Youtuber lebih tepatnya di tahun 2017. dan ini berlaku bagi semua pengguna entah itu yang sekedar jadi Komentator maupun broadcaster atau video maker semua wajib patuh karena hukumannya tentu saja tidak main-main, BANNED atau SUSPEND permanen akun Google bagi siapa saja yang melanggar.

emoticon-Takut


Spoiler for image 1:

image source: www.socialmediahound.com


1. jangan sekali-kali jadi SPAMMER

SPAMMER/JUNKER/SCAMER dan sejeninsnya adalah tindakan dimana seorang pengguna mengupload video atau menuliskan komentar dan lain sebagainya yang tujuannya hanya untuk keuntungan pribadi saja tanpa memperdulikan kenyamanan dan hak orang lain. contohnya upload video asal-asalan lalu dikasih judul nama situs sendiri dengan tujuan pengguna youtube membaca judul situsnya dan mengunjungi situs kita. atau berkomentar di video trending dengan komentar yang tidak nyambung yang berisi ajakan mengunjungi situs atau channel milik sendiri atau lebih parah lagi menyisipkan link ke situs sendiri dengan tujuan mendapatkan trafik kunjungan.

emoticon-Blue Guy Bata (L)

alasannya google men-SUSPEND PERMANEN? tentu saja karena semua netizen di jagat maya membenci SPAM dan SPAMMER. semua bentuk SPAM itu sudah pasti akan mengganggu kenyamanan bahkan cenderung merugikan dan tidak ada manfaatnya selain bermanfaat bagi pelaku SPAMMER itu sendiri. dan Google tentu saja tidak mau Youtube ditinggalkan penggunanya hanya karena ulah SPAMMER yang merajalela. maka dari itu bagi Google tidak ada ampun bagi SPAMMER!

emoticon-Jangan ribut disini


Spoiler for image 2:

image source: singularityhub.comg


2. Jangan sekali-kali Memanipulasi Video

memanipulasi disini adalah melakukan trik-trik pada sebuah video yang ber hakcipta/copyright untuk mengelabui algoritma Youtube agar Youtube menganggap video tersebut adalah video original buatan anda bukan hasil nyolong video orang lain. sekalipun anda berhasil lolos dari Copyright, sekalinya ada yang melaporkan video tersebut misal dari yang punya hak cipta atas video tersebut, wasalam.. jangan harap channel anda bisa anda buka lagi. sekalipun cannel anda berstatus Good Standing dan belum ada catatan pelanggaran komunitas atau hak cipta sekalipun. karena Google tidak main-main dengan pengguna yang melakukan trik curang seperti itu.

emoticon-Marah

alasannya google men-SUSPEND PERMANEN? tentu saja selain karena ruang data server jadi terbuang sia-sia seperti yang ada pada poin ke 3 dibawah juga karena Youtube tidak mau reputasinya sebagai situs video sharing menjadi tercemar atau yang lebih parah bisa dituntut oleh sang pemilik atau bahkan diblokir di suatu negara tertentu hanya karena Youtube jadi tempat ajang pelanggaran hak cipta atau copyright.

emoticon-Cool

beda dengan anda re-upload video ber copyright tapi tanpa manipulasi maka itu diperbolehkan walapunu itu hanya pada kasus tertetnu dimana sang pemilik memperbolehkan videonya direupload atau dimodif dengan konsekuensi iklan dari sang pemilik akan muncul pada video anda atau tidak bisa diiklankan atau dimonetisasi oleh anda.


Spoiler for image 3:

image source: www.logodesign.co.uk


3. Jangan sekali-kali menduplikasi konten

maksudnya mendupliksi konten disini adalah melakukan re-upload video mentah-mentah tanpa adanya proses editing sebelumnya. contohnya anda mendownload video gol piala president kemarin lalu diupload ke channel anda, maka itu sudah termasuk menduplikasi konten. beda dengan video kompilasi. misal anda mengumpulkan 5 video gol terbaik dari piala President kemarin kemudian anda menggabungkan video tersebut jadi video kompilasi gol terbaik piala President maka itu sudah tidak termasuk reupload mentah-mentah karena sudah ada proses editing dan ada tujuan jelas yaitu komplilasi bukan sekedar menduplikasi video.

alasannya google men-SUSPEND PERMANEN? tentu saja simple, Yotube itu sudah over data. bayangkan saja, satu video dengan size asli sebelum diupload ke youtube katakanlah 5 MB, maka setelah diupload ke Youtube size nya bisa berkali kali lipat karena dikonversi menjadi beberapa ukuran video.

ini hanya contoh saja ya. misal;

ukuran 144p : 500 KB
ukuran 244p : 1 MB
ukuran 360p : 2 MB
ukuran 480p : 3 MB
ukuran 720p : 4 MB
ukuran 1080p : 5 MB

sekarang dijumlahkan, sudah berapa MB totalnya hanya untuk satu video saja yang aslinya cuman 5MB? nah bisa anda bayangkan sendiri kalo misal tiap detik ada ribuan orang yang menduplikasi mentah-mentah satu video dengan resolusi 4K berdurasi 10 menit sudah ada berapa terabyte ruang data server Youtube yang terbuang sia-sia hanya karena video re-upload mentah-mentah? :O

emoticon-Wow


Spoiler for image 4:

image source: regmedia.co.uk


4. Jangan sekali-kali memanipulasi META DATA

memanipulsai meta data adalah memaniplusai judul video, deskripsi video dan juga tag video yang tidak ada hubhungannya sama sekali dengan konten yang ada di video dengan tujuan agar video anda lebih ramah pencarian di youtube maupun di pencarian google dan atau lebih sering muncul di jendela rekomendasi video. mesin pencari seperti Youtube maupun Google tidak bisa membaca sebuah isi video. maka dari itu mesin hanya membaca Judul, Deskripsi dan Tag video-nya saja.

contohnya kurang lebih seperti ini:

anda upload video cara membuat nasi goreng sedang anda membuat judul video-nya "cara membuat nasi uduk", memasukan deskripsi "Cara membuat pecel lele" lalu memasukan tag "cara membuat semur jengkol" dan lain sebagainya yang jelas jelas tidak ada kaitannya dengan isi video.

emoticon-Najis

alasannya google men-SUSPEND PERMANEN? tentu saja google sebagai sang empunya Youtube tidak mau penggunannya jadi pada kabur ke situs lain hanya karena kesal pencarian "Cara membuat Nasi Uduk" yang muncul video membuat nasi goreng. emoticon-Big Grin. kabur karena video yang muncul direkomendasi beranda tidak nyambung dengan minat anda. misal anda biasa menonton video gamming, otomatis yang direkomendasikan pasti tidak jauh dari video gaming. karena manipulasi meta data ini, bisa jadi anda melihat video JAV di beranda anda hanya karena sang pemilik video memberi tag video JAV dengan GAME atau GAMMING. :v

emoticon-Hammer2

TAMBAHAN DIKIT BERHUBUNG ADA KASKUSER YANG NGINGETIN YANG KEMAREN KELUPAAN:

Quote:


5. jangan sekali kali bikin CLICKBATI THUMBNAIL

ini juga termasuk hal-hal yang ga boleh lagi dilakukan di tahun 2017. biarpun aman suatu saat bakal kena kalo ga percaya sich monggo emoticon-Wkwkwk


BUKAN MYTH LOH..

Quote:



sebenarnya masih ada banyak sekali sich hal-hal yang wajib dipatuhi kalo tidak mau akun atau channel Youtube kesayangan dibanned atau seuspended permanen tapi berhubung sudah capek saya ngetiknya jadi saya sudahi sampai disini dulu. kapan-kapan kalo sudah mood nulis lagi saya lanjutkan pembahasannya lebih mendetail dan lebih dalam lagi. emoticon-Big Grin

ahir kata dari saya, yang sudah biarlah jadi pelajaran. tidak ada gunanya menyalahkan Youtube atas kesalahan sendiri. sekarang waktunya introspeksi diri dan belajar untuk lebih menghargai karya orang lain dan hak orang lain. semua yang serba instan dan kilat pasti lebih enak, lebih mudah dan lebih menguntungkan tapi penuh resiko dan tidak akan bertahan lama. dan itu berlaku baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

emoticon-Malu

Kalo berkenan bisa mampir ke gubuk reot saya emoticon-Big Grin :



atau follow socmed karatan saya emoticon-Big Grin :

@ayitakei


Polling
0 suara
Apakah trit ini bermanfaat dan perlu dilanjutkan?
Diubah oleh 150mbmovies 04-04-2017 17:02
0
20K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.