Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
Anies Ingin Buat Peraturan Agar Umat Hindu Bisa Rayakan Deepavali
Anies Ingin Buat Peraturan Agar Umat Hindu Bisa Rayakan Deepavali

Seysha Desnikia - detikNews

Anies Ingin Buat Peraturan Agar Umat Hindu Bisa Rayakan Deepavali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat di acara perayaan Deepavali 2017 (Foto: Seysha Desnikia/detikcom)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan membuat peraturan agar umat Hindu beretnis India dapat merayakan Hari Deepavali. Dia mengatakan saat ini banyak di antara mereka yang tak dapat merayakan Deepavali karena harus bekerja.

"Kami akan menyiapkan sebuah peraturan untuk umat Hindu beretnis India agar bisa merayakan Hari Raya Deepavali bersama keluarga. Banyak sekali mereka yang selama ini karena belum ada peraturannya saat hari besarnya justru mereka kerja," ujar Anies, Sabtu (2/12/2017).

Hal ini dikatakannya saat menghadiri acara Deepavali 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Saat ini, umat Hindu beretnis India belum mendapatkan libur fakultatif.

Ia menceritakan kisahnya saat tinggal di Amerika dan diberi izin cuti untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya izin mengambil cuti itu sangat membantunya untuk merayakan hari raya Idul Fitri. 

"Saya pernah merasakan libur di Amerika, salah satu yang saya rasakan yang sangat membantu adalah saat hari besar dan employer kami memberikan izin untuk mengambil cuti agar kita bisa ikut merayakan Idul Fitri," cerita Anies.

Ia menjelaskan libur fakultatif artinya adalah libur pilihan. Dengan adanya libur fakultatif, dapat membuat umat Hindu beretnis India menjalankan Deepavali bersama keluarga.

"Jadi kita akan siapkan libur fakultatif. Fakultatif artinya bukan libur umum tapi libur pilihan. Bisa diambil tapi boleh juga nggak diambil tidak wajib. Dengan adanya aturan itu maka mereka akan bisa merayakan bersama keluarga," tuturnya.

Untuk perayaan Deepavali tahun 2018 akan jatuh pada bulan Oktober. Dia berharap akan ada masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi sosial.

"Deepavali sendiri akan jatuh pada bulan oktober 2018 jadi masih ada waktu 11 bulan lagi. Itu yang utama jadi kami berharap teman teman di sini bisa berkarya bisa berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi sosial di kota ini," ucap Anies.

Deepavali merupakan hari raya umat Hindu di seluruh dunia. Deepavali dalam agama Hindu berarti 'Festival Cahaya'. Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. (jbr/abw)

https://m.detik.com/news/berita/d-37...akan-deepavali

Setuju , mas annies, kalo perlu monas sekalian diijinkan untuk perayaan deepavali
0
4.2K
48
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.