• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sering gelisah ngecek ngecek barang ? Mungkin ini yang agan/sista alami.

leoaldiansyahAvatar border
TS
leoaldiansyah
Sering gelisah ngecek ngecek barang ? Mungkin ini yang agan/sista alami.


Alhamdulillah, HT pertama, terimakasih mimin momod kaskuser semua emoticon-Matabelo emoticon-Nyepi

Mungkin agan/sista di sini pernah ngalamin sebelum berangkat ngantor/kuliah atau pergi ke mana aja, agan/sista cek cek barang sampe beberapa kali bahkan sampai nyempetin berhenti untuk mastiin tuh barang udah dibawa atau belum. Mungkin agan/sista mengidap OCD,
apa itu OCD ?.

Obsesif kompulsif atau obsessive-compulsive disorder (OCD) adalah gangguan yang ditandai dengan pikiran negatif yang membuat penderita merasa gelisah, takut, dan khawatir. Sehingga untuk menghilangkan kecemasan itu, ada obsesi berlebihan dari si penderita.

Apasih contoh perilaku orang yang mengidap OCD ?

1. Cuci tangan
Spoiler for :

Obsesi untuk segera cuci tangan dilakukan penderita OCD karena takut terkena penyakit akibat bakteri dan kuman penyakit. Selain itu, penderita OCD akut biasanya juga akan tetap khawatir tentang bahaya kuman meskipun sudah cuci tangan.

2.Terlalu bersih
Spoiler for :

Bukan cuma cuci tangan, segala yang berbau dengan kebersihan, seperti cuci piring, baju, atau ruangan juga menjadi beban pikiran penderita oCD. Akibatnya, mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan semuanya.

3. Mengecek ulang
Spoiler for :

Punya kebiasaan mengecek ulang apakah pintu sudah dikunci atau tak ada barang yang ketinggalan saat akan pergi? Sebenarnya kebiasaan mengecek ulang itu baik, namun jika sampai menimbulkan kecemasan jika tidak dilakukan, artinya Anda positif OCD.

4. Menghitung
Spoiler for :

Beberapa penderita OCD suka menghitung pola tentang aktivitas sehari-hari, misalnya jumlah anak tangga. Kebiasaan itu didorong oleh kepercayaan tertentu, contohnya jika mereka menghitung sampai angka tujuh, maka akan ada keberuntungan yang dirasakan.

5. Terorganisir
Spoiler for :

Segala sesuatu harus diletakkan, ditata, dan dirapikan sesuai angka, warna, atau simetris. Jika semuanya berantakan, penderita OCD akan langsung merasa cemas dan tidak tenang.

6. Takut disakiti
Spoiler for :

Setiap orang tentu takut dan khawatir jika hal buruk terjadi pada dirinya. Akan tetapi penderita OCD lebih berusaha keras untuk menghilangkan pemikiran seperti itu dari kepalanya dibandingkan dengan orang-orang biasa.

7. Hal seksual
Spoiler for :

Sama seperti perbuatan yang berkaitan dengan kekerasan, penderita OCD juga cemas berlebihan mengenai hal-hal yang berbau dengan pelecehan seksual. Misalnya khawatir jika ternyata mereka gay atau sebaliknya dan tidak sadar meraba bagian intim pada tubuh teman kerjanya.

8. Hubungan asmara
Spoiler for :

Penderita OCD umumnya sulit menerima hal-hal yang tidak pasti soal hubungan asmara. Sehingga kebanyakan dari mereka kerap memikirkan tentang kesalahpahaman kecil yang bisa merusak hubungan asmara.

9. Mencari penghiburan
Spoiler for :

Ketika penderita OCD sudah merasa begitu terpojok mengenai hal-hal yang tidak beres di sekitarnya, mereka akan mulai mencari penghiburan dari teman atau keluarga. Misalnya bertanya, Apakah semua ini normal? Apakah semuanya tidak ada masalah?.

10. Penampilan diri
Spoiler for :

Sementara itu, body dysmorphic disorder (BDD) juga berhubungan dengan OCD. Penderita BDD sering merasa penampilan dirinya tidak sempurna. Namun berbeda dengan gangguan makan, penderita BDD tidak fokus untuk melakukan diet ketat.

Dari semua perilaku di atas ane termasuk yang gelisah kalo ngecek ngecek barang, kalo ente gimana gan sist ?

Referensi :
https://www.merdeka.com/sehat/kenali...kompulsif.html
Google Image
Keserempet Inspirasi.
Diubah oleh leoaldiansyah 02-12-2017 09:33
0
25.1K
222
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.