ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Kabar Baik Untuk Para Pelanggan 4G LTE Telkomsel, Ini Sebabnya!


Pelanggan Telkomsel mendapatkan kabar baik dalam konferensi pers yang di gelar Telkomsel, Selasa (28/11/2017), di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

Telkomsel memenangkan implementasi pita frekuensi 30 MHz di spektrum 2,3 GHz yang berbasis teknologi Time Division Duplex (TDD) lewat mekanisme tender pada akhir Oktober 2017 lalu.

Operator pelat merah berani menggelontorkan duit Rp 1,007 triliun atau dua kali lipat di atas harga dasar yang ditetapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika, demi menambah spektrum. Akibatnya, Jaringan internet 4G LTE Telkomsel dijanjikan bakal semakin cepat, memungkinkan streaming video tanpa buffering.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, menegaskan penerapan jaringan LTE-TDD tak serta-merta berimplikasi pada kenaikan tarif internet untuk pelanggan.

Menurut dia, pemanfaatan LTE-TDD ini justru lebih efisien dari segi belanja modal alias capex untuk jangka panjang.

“Tarif sama aja dengan yang sekarang, untuk menambah kapasitas yang sama kita bisa lebih murah (dengan LTE-TDD 2,3 GHz) dibandingkan sebelumnya. Spending capex yang sama kita dapat kapasitas lebih besar karena spektrumnya longgar,” Ririek menjelaskan.

Selain itu, internet cepat juga menstimulasi peningkatan konsumsi data pelanggan. Ririek berdalih belum menghitung potensi kenaikannya, namun jika merujuk ke rekam jejak perpindahan dari 3G ke 4G kira-kira bisa mencapai 20 hingga 30 persen.

“Saya belum yakin, tapi kira-kira berpotensi naik yang sama (20 sampai 30 persen),” tambahnya.

Setiap tahun provider ini mencatat kenaikan trafik penggunaan internet rata-rata 120 persen. Ke depan, potensi pertumbuhan yang positif berkat layanan yang lebih baik dan penetrasi smartphone yang semakin gencar.

Sebagai langkah awal, Telkomsel bakal membangun 500 BTS berbasis LTE-TDD di Jabodetabek, Bandung, dan Palembang hingga akhir 2017.

Selanjutnya mereka akan membangun pula di kota-kota lainnya yang membutuhkan penambahan kapasitas. Diperkirakan pengantaran jaringan internet maksimal alias peak throughput dengan LTE-TDD yang mengeksploitasi penggabungan frekuensi atau carrier aggregation bisa meningkatkan kecepatan hingga 2,5 kali lipat dibandingkan LTE-FDD yang selama ini dipakai.

0
3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.