Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

itanovita6Avatar border
TS
itanovita6
Pemilu Jakarta: pandangan alternatif, melampaui agama – Analisis
Sementara agama merupakan faktor utama dalam pemilihan gubernur Jakarta baru-baru ini, takut akan penindasan dan kesejahteraan sosial merupakan isu penting yang dibingkai oleh Anies-Sandi dan berhasil digunakan untuk memobilisasi pemilih. Pembingkaian strategis dapat direplikasi dalam pemilihan presiden 2019 untuk membentuk kontestasi politik.

Oleh Chaula Rininta Anindya * dan RSIS

Pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2017 merupakan perlombaan ketat antara Basuki “Ahok” Tjahja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi). Namun, Anies-Sandi secara mengejutkan menang dengan selisih 16 persen terhadap Ahok-Djarot. Meski telah memimpin di putaran pertama melawan kandidat lainnya, banyak yang memperkirakan tidak mungkin Ahok-Djarot menang melawan Anies-Sandi, terutama dengan pemilih kandidat putaran pertama yang kalah dari Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Silvi) Cenderung mendukung Anies-Sandi.

Faktor yang mendasari adalah bahwa pemilih Anies-Sandi dan Agus-Silvi memiliki tujuan serupa untuk memilih seorang Gubernur Muslim memimpin Jakarta. Pemilu di Jakarta tidak lagi memilih gubernur ibu kota berikutnya. Jalan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, yang memulai perjalanannya ke kursi kepresidenan dengan pertama kali mencalonkan diri dalam pemilihan di Jakarta, menggambarkan sentralitas ibukota dalam politik Indonesia. Pemilu Jakarta tahun ini bisa menentukan pola pemilihan presiden yang akan datang.

Isu Bingkai Strategis

Kelompok-kelompok Islam mempromosikan perlunya pemungutan suara bagi kandidat Muslim untuk memimpin Jakarta. Hal ini didasarkan pada interpretasi mereka terhadap Surah Al-Maidah Ayat 51 yang dengannya mereka percaya bahwa umat Islam seharusnya dipimpin oleh seorang Muslim. Pendekatan interpretatif mereka mewakili metode kelompok salafi modern dalam menerapkan prinsip inti ideologi mereka melalui konsep al-wala wal-bara (kesetiaan dan penolakan).

Konsep al-wala mengarahkan kesetiaan komunitas Muslim kepada ummat, sedangkan konsep wal-bara mengacu pada penolakan terhadap apapun yang dipandang tidak Islami dan berpotensi mengancam kesucian agama.

Dalam terang ini, agama bisa dilihat sebagai isu mendasar dalam pemilihan Jakarta. Meskipun demikian, agama terutama merupakan mampu untuk memobilisasi dukungan. Isu utama yang memobilisasi dukungan untuk Anies-Sandi tidak harus agama, namun ketakutan ditindas ditambah masalah kesejahteraan sosial. Anies-Sandi dan pendukung mereka dengan cerdas membingkai isu-isu ini untuk mendapatkan dukungan.

Isu pertama adalah ketakutan untuk ditindas; Ini mewakili konsep identitas eksistensial – ketakutan bahwa kelompok tempat mereka berada berada di bawah ancaman. Intinya, konsep al-wala wal-bara juga membahas ketakutan berada di bawah ancaman di mana orang percaya tidak dapat mempraktekkan cara hidup Islami jika mereka dipimpin oleh seorang pemimpin non-Muslim. Ini jelas mengancam kepercayaan yang mengikat kelompok bersama.

Kampanye video terbaru Ahok-Djarot juga meningkatkan rasa takut ini. Itu beredar beberapa minggu sebelum babak kedua. Awal video menimbulkan kontroversi; Ada sebuah adegan ketika sebuah kelompok Islam mengadakan demonstrasi sambil memegang spanduk besar bertuliskan “hancurkan Cina”. Kelompok Islam menganggap adegan ini sebagai bentuk penindasan karena memberi label sebagai gerakan reaksioner.

Ini menciptakan rasa mendesak bagi umat Islam untuk tidak memilih pemimpin non-Muslim karena takut akan terus menindas komunitas Muslim secara luas. Meskipun tujuan utama dari video tersebut mempromosikan kesatuan dalam keragaman, titik awal menjadi bumerang pada Ahok-Djarot.

Tidak ada yang secara intrinsik beragama

Isu kedua adalah kesejahteraan sosial, dengan Anies-Sandi menyentuh keluhan perumahan orang-orang di Jakarta. Mereka berjanji untuk orang berpenghasilan rendah akan mendapatkan pinjaman rumah dengan uang muka nol. Meski nampaknya tidak mungkin untuk melaksanakan proyek ini, isu ini sangat strategis dalam mengatasi keputusasaan masyarakat miskin di Jakarta.

Selanjutnya, orang-orang miskin yang menjadi korban penggusuran paksa Ahok juga melihat bahwa pemungutan suara untuk Ahok bukanlah pilihan. Misalnya, korban pengusiran paksa di lingkungan nelayan di Jakarta Utara sangat menentang solusi relokasi Ahok yang berpendapat bahwa perumahan yang dipindahkan itu terlalu jauh dari tempat mereka bekerja.

Faktor agama, Anies-Sandi dan pendukungnya menggunakan strategi-bingkai untuk memobilisasi dukungan. Retorika religius adalah salah satu isu paling efektif di negara berpenduduk mayoritas Muslim seperti Indonesia. Tapi apa yang sebenarnya telah dilakukan oleh Anies-Sandi pertama-tama untuk mengatasi keluhan orang-orang Jakarta dan kemudian menemukan cara pembingkaian atau konteks tertentu yang paling bergema di masyarakat, dalam hal ini Jakarta yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Pendekatan serupa juga bisa digunakan dalam masyarakat sekuler, namun dalam konteks ini retorika bukanlah agama tapi nasionalisme. Presiden Donald Trump telah berhasil mengumpulkan dukungan di Amerika Serikat melalui kampanyenya yang mempromosikan semangat nasionalis “Amerika Pertama”. Dia pernah menyatakan bahwa dia tidak akan lagi menyerahkan AS atau rakyatnya ke janji palsu globalisme. Ini bergema dengan sekelompok besar orang Amerika yang percaya bahwa AS dalam keadaan mengalami penurunan.

Dengan kata lain, tidak ada yang unik dengan metode yang digunakan oleh Anies-Sandi dan pendukungnya. Pembingkaian seputar strategi adalah taktik yang berguna untuk memobilisasi dukungan.

Sekarang untuk Pemilu Presiden

Pola perumusan isu strategis bisa direplikasi dalam pemilihan presiden 2019. Dengan Jokowi diprediksi akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua, saingan politiknya mungkin akan menggunakan metode serupa untuk melemahkannya. Namun, pertanyaannya adalah isu dan retorika apa yang akan dibahas, terutama karena Jokowi adalah seorang Muslim dan Jawa.

Tidak lagi berlaku untuk menggunakan retorika “pemungutan suara untuk pemimpin Muslim”, kecuali rumor yang dilakukan di masa lalu – bahwa Jokowi adalah seorang Kristen rahasia, etnis Cina, dan memiliki simpati komunis – dihidupkan kembali. Jika rumor beredar lagi saat pemilihan presiden semakin mendekat, Jokowi harus mengubah strateginya karena mengandalkan kinerja belaka tidak cukup untuk mengamankan posisinya.

* Chaula Rininta Anindya adalah Asisten Riset dengan Program Indonesia di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam (RSIS), Nanyang Technological University, Singapura. Ini adalah bagian dari rangkaian Pemilu 2017 di Jakarta.

sumber: pemilu jakarta; pandangan alternatif, melampaui agama- Analisis
0
979
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.