Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Melihat Lebih Dekat Kota-Kota Paling Hijau di Dunia
Terkadang seringkali kita ingin mengetahui seperti apa rasanya hidup di kota yang memiliki udara bersih. Selain itu, kita juga penasaran ingin mengetahui seperti apa rasanya tinggal di kota yang hijau.

Tentu menyenangkan sekali rasanya membayangkan kamu tidak perlu takut akan terkena polusi udara ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, tentu akan sangat menyenangkan sekali ketika kamu membayangkan kamu dapat mengendarai sepeda menuju tempat beraktivitasmu sehari-hari tanpa perlu harus khawatir mengenai masalah keamanan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam melihat lebih dekat kota-kota paling hijau di dunia. Ya, kota-kota ini tentu saja akan membuatmu betah berlama-lama berada di sana. Nah, daftar kota ini pun dibuat secara acak.


1. Kopenhagen, Denmark

Copenhagen, Denmark

Kopenhagen adalah sebuah kota yang sangat layak untuk kamu kunjungi karena kota ini termasuk layak huni. Ya, kota Kopenhagen yang terletak di Denmark ini merupakan kota yang ingin mewujudkan diri sebagai kota bebas karbon pada tahun 2025.

Hampir dua juta orang di kota ini sangat patuh pada peraturan perencanaan dan kebijakan lingkungan hijau. Infrastruktur di kota ini juga dirancang agar menjadi kondusif untuk mereka yang senang berjalan kaki dan bersepeda ketimbang mengendarai mobil.

Hampir semua penduduk di kota ini memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Nah, selain itu, lebih dari 50% penduduk di Kota Kopenhagen memilih menggunakan sepeda sebagai transportasi mereka sehari-hari.

Hasil dari kebijakan tersebut adalah Kopenhagen sukses menjadi kota dengan rendah karbon dioksida untuk ukuran sebuah kota.

Ketika hampir semua kota termasuk menjadi kota yang cocok untuk bersepeda, maka ada daerah-daerah tertentu yang menjadi kota yang sangat diproritaskan untuk naik sepeda.

Daerah yang menjadi daerah khusus ramah sepeda itu adalah Norebro dan Frederiksberg. Terdapat jalur hijau yang bernama Gronen Sti yang memiliki panjang 9 kilometer dan menjadi salah satu jalur yang tepat untuk digunakan berjalan kaki dan bersepeda.

Gronen Sti ini digunakan agar masyarakat dan para traveler dapat bersepeda sambil menikmati pemandangan hijau yang ditawarkan oleh kota Kopenhagen.

Gronen Sti tersebut bukan hanya sekedar jalur hijau, karena terdapat banyak fasilitas juga yang ditawarkan jalur hijau ini. Ya, di Gronen Sti tersebut kamu dapat melihat taman, playground, bangku taman, dan lain-lain.

Gronen Sti ini memiliki tujuan akhir di Valby, sekitar 4 kilometer dari pusat kota Kopenhagen.

Selain gemar bersepeda, penduduk kota Kopenhagen juga sangat senang dengan recycle dan composting. Mereka juga melakukan tindakan nyata dengan mengkonservasi listrik dan energy panas.

Ya, penduduk Kota Kopenhagen sangat mencintai lingkungan dan ingin berperan serta dalam memperbaiki kondisi lingkungan di Kota Kopenhagen. Nah, jadi jika melakukan perjalanan wisata ke kota ini saja sudah tergolong menyenangkan begitu pula dengan tinggal di kota ini.


2. Vancouver, Canada

Vancouver, Canada

Inilah dia sebuah kota di Kanada yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin melihat seperti apa kota hijau yang cantik di dunia. Vancouver memang merupakan kota yang sangat padat namun cantik.

Ya, walaupun merupakan salah satu kota yang sangat padat tetapi Vancouver memiliki iklim dan cuaca yang mampu membuatnya menjadi tempat yang sangat diinginkan untuk dihuni. Selain itu, kota Vancouver ini juga merupakan kota yang terbersih di Kanada dan menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

Kota ini merupakan kota metropolitan terbesar di Kanada bagian barat. Selain itu, kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di Kanada.

Vancouver berbatasan dengan selat Georgia dan dipisahkan oleh Samudera Pasifik dengan Pulau Vancouver. Vancouver dikenal dunia karena keindahannya. Bukan hanya karena dikelilingi oleh pantai dan pegunungan, namun juga karena keindahannya.

Kota Vancouver memiliki nilai yang baik dalam hal emisi gas karbon dioksida dan kualitas udara. Kota ini juga sangat focus dalam mengkampanyekan green energy dan hydropower. Kota Vancouver memiliki keinginan yang kuat untuk menurunkan kadar emisi di kota ini hingga mencapai 33% pada tahun 2020.

Kota Vancouver sendiri sudah sejak lama menerapkan kebudayaan gaya hidup hijau. Selain itu, kota ini juga sudah dikenal luas sebagai kota tempat lahirnya Greenpeace yang merupakan salah satu organisasi lingkungan hidup terbesar di dunia.

Di kota ini kamu juga dapat menyaksikan pemandangan cantik berupa pegunungan. Hal ini seolah-olah seperti sedang mengingatkan kita bahwa kita berada di sekitar lanskap lain yang jauh lebih besar dan indah.

Kebanyakan penduduk lokal Kota Vancouver juga senang menerapkan gaya hidup hijau. Hal ini rupanya juga didukung oleh fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

Ketika mengunjungi Vancouver, kamu akan dapat dengan mudah menemukan rute untuk sepeda. Hal inilah yang menyebabkan banyak penduduk lokal Kota Vancouver memilih untuk bersepeda jika ingin beraktivitas.


3. San Francisco, Amerika Serikat

San Francisco, Amerika Serikat

Setelah Vancouver, benua Amerika memiliki San Francisco. Ya, kota yang satu ini juga merupakan kota hijau yang layak kamu sambangi jika kamu ingin merasakan seperti apa rasanya hidup di kota yang hijau.

San Francisco ini memiliki presentase 77% dalam hal recycling. Ya, kota ini memang sangat disiplin dalam hal pemisahan sampah antara sampah organic dan sampah non organic.

Dengan persentase yang sebesar itu, kota San Fracisco konon merupakan salah satu kota dengan nilai recycling yang sangat tinggi.

Selain itu, penduduk lokal Kota San Francisco juga sangat peduli mengenai makanan terutama darimana asal makanan tersebut. Mereka juga sangat disiplin dan lebih mengutamakan makanan yang berasal dari peternakan terdekat.

Nah, hal ini berarti mereka sangat menghargai peternak lokal. Kebanyakan dari mereka bahkan memiliki langganan khusus untuk membeli produk makanan.

Selain itu, penduduk kota ini juga sangat menyukai perjalanan dengan menggunakan sepeda. Nah, hal ini menyebabkan kota ini menjadi salah satu kota yang paling hijau di dunia karena penduduknya sangat menyukai perjalanan dengan menggunakan sepeda.


4. Cape Town, Afrika Selatan

Cape Town, Afrika Selatan

Inilah dia sebuah kota di Afrika Selatan yang dapat kamu sambangi jika kamu ingin menyaksikan lebih dekat sebuah kota hijau di benua Afrika ini.

Ya, kota ini adalah kota Cape Town. Kota yang merupakan kota terbesar kedua di Afrika Selatan ini memiliki konsentrasi yang tinggi mengenai lingkungan dan kota hijau.

Kota ini memilih untuk menggunakan energy konservasi dan sumber daya alam yang dapat diperbarui sebagai sumber utama energinya. Kota ini menargetkan agar dapat menggunakan energy dari sumber daya energy yang dapat diperbarui sebesar 10% pada tahun 2020.

Usaha-usaha ini rupanya mampu memberikan perubahan berarti bagi kota Cape Town. Ya, setelah itu, terdapat banyak rute sepeda dibangun di kota ini, farmers market juga menjadi sangat populer dan lain-lain.

Kota ini sangat diharapkan agar mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas angkutan umum serta mencegah kekurangan listrik yang seringkali terjadi di kota ini.

Para penduduk lokal Cape Town sangat menyukai pemandangan alam sehingga tidak keberatan jika harus bersepeda. Area di Cape Town yang paling ramah untuk bersepeda adalah daerah Seapoint dan Greenpoint.

Walaupun kota ini tidak memiliki banyak rute sepeda, tetapi para pengguna sepeda dapat memanfaatkan jalur milik My CiTi Rapid Bus Service. Hal ini tentu mengakibatkan banyak penduduknya mulai berpikir untuk menggunakan sepeda.

Banyak penduduk lokal juga memanfaatkan system solar energy untuk kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, mereka juga menanam sendiri sayuran mereka.


5. Curitiba, Brazil

Curitiba, Brazil

Inilah dia salah satu kota di Brazil yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin mengenal lebih dekat salah satu kota hijau di negara ini. Ya, kota ini adalah kota Curitiba.

Sejak tahun 1960, kota Curitiba telah membuat berbagai kebijakan lingkungan yang mampu membuat kota ini menjadi salah satu kota hijau terbaik di dunia.

Pada tahun 1960, kota Curitiba mulai merintis untuk menggalakan program bus kota yang dapat dimanfaatkan sebagai transportasi umum di sana. Selain itu, pada tahun 1980, kota ini juga mulai menjadi perintis kota ramah untuk sepeda.

Hingga saat ini, banyak penduduk kota Curitiba yang menyukai menggunakan transportasi umum. Hal ini menyebabkan jumlah transportasi pribadi yang dimiliki penduduk kota ini tidak begitu banyak.

Curitiba kemudian menginginkan pembangunan terhadap system metro di kota ini. Kota ini juga berencana untuk membangun sekitar 300 kilometer track khusus untuk sepeda di kota ini.

Kota ini juga memiliki banyak farmers market. Nah, farmers market tersebut membantu penduduk Curitiba untuk menemukan sendiri bahan sayuran yang organic sehingga baik untuk dikonsumsi.

Saat ini, di kota Curitiba telah terdapat banyak rute untuk transportasi umum sehingga banyak taman kota di sini dapat dengan mudah dijangkau menggunakan transportasi umum.

Karena kelebihan-kelebihan inilah, tidak mengherankan jika Curitiba masuk dalam daftar kota-kota hijau di dunia. Ya, ketika memiliki kesempatan untuk mengunjungi Brazil, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Curitiba ini.


6. Amsterdam, Belanda

Amsterdam, Belanda

Berbicara masalah Eropa, mungkin kamu dapat mencoba menengok satu kota di Eropa ini. Ya, kota ini adalah kota Amsterdam di Belanda yang dapat masuk dalam jejeran kota hijau di dunia.

Amsterdam adalah kota terbesar sekaligus ibukota Negara Belanda. Tentu saja perjalananmu mengunjungi Eropa, khususnya Belanda, belum terasa lengkap jika kamu belum mengunjungi Amsterdam.

Nah, ada fakta menarik tentang Amsterdam nih. Menurut situs resmi Forbes, Amsterdam dinyatakan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan nomor 12 di dunia. Daftar ini dibuat pada tahun 2014 berdasarkan banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi kota ini.

Amsterdam sendiri merupakan salah satu kota terpadat di Belanda dengan total populasi lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini terletak di provinsi Belanda Utara yang terletak di bagian barat Belanda.

Hampir semua orang di Amsterdam menggunakan sepeda sebagai transportasi utama mereka sehari-hari. Nah, yang lebih menarik adalah hal tersebut telah mereka lakukan selama beberapa decade.

Kota Amsterdam merupakan kota yang sangat ramah untuk bersepeda. Hal ini karena pemerintah Kota Amsterdam juga menyediakan jalur sepeda yang baik di kota ini terutama dalam hal jalur sepeda yang dilindungi dan fasilitas parkirnya.

Bahkan, konon kota ini memiliki jalur sepeda yang lebih banyak jika dibandingkan dengan penduduk lokal Amsterdam.

Selain sangat disiplin pada transportasi sepeda, kota ini juga memberikan perhatian yang lebih terhadap lingkungan serta kualitas udara yang baik. Tujuan yang menjadi focus dari kota Amsterdam adalah upaya untuk mereduksi emisi gas karbon dioksida, meminimalisir penggunaan energy serta menciptakan lingkungan yang sehat.

Seluruh stakeholder Kota Amsterdam yang terdiri dari penduduk maupun pemerintahnya turut serta dalam mewujudkan tujuan yang baik ini. Maka, pada tahun 2014, kota Amsterdam berhasil meraih penghargaan berupa Climate Leadership Award.


7. New York, Amerika Serikat

New York City, Amerika Serikat (Dokumentasi Pribadi)

Siapa yang tidak mengetahui Kota New York? New York yang terkenal dengan the city that never sleeps memang memiliki banyak surga destinasi wisata yang harus masuk dalam daftar perjalanan liburanmu.

New York City adalah kota dengan urutan nomor 7 dalam daftar 25 kota yang paling sering dikunjungi di dunia menurut situs resmi CNN. Kota ini terdaftar total 11,9 juta kedatangan wisatawan internasional dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang paling ramai serta harus kamu kunjungi.

New York merupakan sebuah negara bagian di Amerika Serikat yang terletak di bagian timur laut Amerika. Nah, New York juga merupakan negara bagian terpadat keempat di Amerika Serikat dengan New York City sebagai kota terbesarnya.

Kota yang satu ini juga rupanya masuk dalam jejeran kota-kota hijau di dunia. Ya, tentu saja kunjungan ke kota ini juga dapat memperluas wawasanmu terutama tentang kota hijau.

Kota ini merupakan kota besar yang ter-hijau di Amerika Serikat. Selain itu, kota ini memiliki emisi gas rumah kaca yang rendah untuk sebuah kota dengan ukuran yang besar. Sebagian besar penduduk Kota New York juga sangat senang memanfaatkan fasilitas transportasi umum.

Selain itu, kota New York juga telah lama membuat inisiatif pembangunan gedung-gedung hijau di tengah kotanya. Kota ini juga memiliki Central Park yang merupakan salah satu icon taman kota di dunia dan menjadi perintis lahirnya taman-taman kota di dunia.


8. Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia

Eropa memiliki kota lain yang layak untuk kamu sambangi jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Eropa dan melihat lebih dekat kota hijau di sana.

Ya, kota ini adalah Stockholm yang merupakan ibukota Swedia. Stockholm merupakan kota pertama di Uni Eropa yang meraih penghargaan “European Green Capital Award”. Penghargaan ini merupakan penghargaan bagi kota yang paling hijau di Eropa.

Dengan perencanaan lingkungan hijau yang telah terkoordinasi dengan baik sejak tahun 1970, Stockholm kini menjadi salah satu kota hijau terbaik di dunia.

Nah, salah satu misi yang diterapkan oleh Kota Stockholm adalah bebas dari bahan bakar fosil pada tahun 2050. Hal ini tentu tidak mengherankan jika mengakibatkan Stockholm menjadi salah satu kota terbersih di dunia.



Nah, itulah dia pembahasan mengenai melihat lebih dekat kota-kota paling hijau di dunia. Ternyata, ada begitu banyak kota di dunia yang menarik untuk disambangi bukan hanya sekedar untuk berwisata namun juga ditinggali karena kota-kota tersebut mampu memberikan kenyamanan untuk penduduknya.

Happy traveling!

SUMBER
0
12.8K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.