caqahuAvatar border
TS
caqahu
Naypyidaw, Ibu Kota Myanmar yang Tidak Ada Penduduknya Gan!






Ibu kota merupakan pusat perekonomian suatu negara. Banyak infrastruktur dan lapangan pekerjaan yang didirikan di ibu kota, jadi wajar saja jika sebuah ibu kota banyak sekali penduduknya.

Namun berbeda dengan ibu kota Myanmar, Naypyidaw, yang hampir tidak ada penduduknya sama sekali. Padahal Naypyidaw merupakan kota yang luasanya enam kali lebih besar dari New York.

Sepuluh tahun lalu ibu kota Myanmar adalah Yangon. Lalu tanpa alasan yang jelas pemerintah memutuskan mengganti ibu kota negaranya jadi Naypyidaw. Banyak penduduk yang bingung dengan keputusan pemerintah.





Naypyidaw bisa disebut sebagai kota teraneh di dunia. Meski memiliki luas yang mampu menampung lebih dari satu juta penduduk, tapi kota metropolis ini hampir sepenuhnya ditinggalkan. Beberapa orang menyebutnya sebagai kota hantu.

Tidak ada yang tahu kapan bangunan-bangunan, jalan raya dan infrastruktur lainnya dibangun di kota tersebut. Sebelum kota ini ada, lokasinya terletak beberapa mil dari hutan.

Pemerintah melerang ada turis asing mengunjungi kota Naypyidaw kecuali memiliki izin dari pihak berwenang.



Hanya ada sedikit penduduk dan pegawai pemerintah yang terlihat beraktivitas di kota ini. Walau punya jalan raya yang luas, tapi kendaraan di kota ini sangatlah sedikit.

Seluruh penjuru kota hampir semuanya memiliki WiFi, tapi sayang restoran dan hotel jarang digunakan karena tidak ada pelanggan.



Pemerintah Myanmar ditaksir sudah menghabiskan miliaran dolar untuk membangun kota Naypyidaw. Yang anehnya lagi di sana ada tanah luas yang dibiarkan kosong begitu saja.

Walau pemerintah mengklaim bahwa penduduk kota tersebut berjumlah 924.000 orang, tapi foto-foto ini menceritakan kisah yang berbeda. Naypyidaw tampak seperti kota hantu yang tidak berpenghuni.



Tidak ada yang tahu percis kenapa kota sebesar ini ditinggalkan oleh penduduknya. Sementara menurut rumor yang beredar, pembangunan di kota ini terus berlanjut, seperti pembangunan terowongan bawah tanah.

Karena kota ini dilarang dikunjungi, jadi tidak ada yang tahu misteri tentang kota Naypyidaw.

Sumber

Daftar thread menarik ane lainnya gan

Harap bantu rekomendasikan HT thread ana ya gan



0
30.7K
283
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.