Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Bahasa Sumber Kata Serapan dalam Bahasa Indonesia



Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi 2016 memuat 127.036 lema dan makna. Interaksi dan pengaruh berbagai bangsa luar di Kepulauan Nusantara selama berabad-abad membuat bahasa Indonesia berkembang menjadi sebuah bahasa yang kosmopolitan. Banyak kata serapan dari berbagai bahasa di dunia yang masuk ke bahasa Indonesia. Bahasa apa sajakah itu?

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

Bahasa Belanda

Belanda memiliki sejarah interaksi yang panjang dengan Nusantara. Dimulai dari mendaratnya Cornelis de Houtman di Banten pada 1596, penaklukan Jayakarta pada 1619, dominasi VOC sepanjang abad ke-18, pemerintahan langsung Belanda pada abad ke-19, penggenapan wilayah jajahan Belanda di Nusantara pada 1905, hingga konfrontasi pada 1950-an. Masa interaksi yang lama menjadikan begitu banyak kata dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Belanda, sebut saja bengkel (winkel), beken (bekend), besuk (bezoeken), duit (duit), gaji (gage), maskapai (maatschappij, perushaaan atau masyarakat), kulkas (koelkast), dan masih banyak lagi. Diperkirakan ada 10.000 kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Belanda. Malah, ejaan bahasa Belanda (dikenal sebagai ejaan van Ophuijsen) dulu digunakan sebagai ejaan bahasa Indonesia hingga diubah menjadi ejaan Republik pada 1947 dan Ejaan yang Disempurnakan pada 16 Agustus 1972.

Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris memiiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi bahasa Indonesia. Kata-kata seperti gosip (gossip) dan radar (radar) berasal dari bahasa Inggris.

Bahasa Prancis

Tahukah Anda bahwa kata garnisun, supir, tante, sepeda, libur, dan kudeta berasal dari bahasa Prancis? Garnisun berasal dari kata garnisonmelalui kata Belanda, garnisoen. Kata tante dalam bahasa Prancis dan Belanda memiliki penulisan yang sama dengan bahasa Indonesia. Supir berasal dari kata chauffeur dan juga diserap melalui bahasa Belanda. Sepeda berasal dari kata vélocipède dan inilah mengapa arena balap sepeda disebut velodrom. Libur berasal dari kata libre yang berarti bebas (tidak bekerja), sementara kudeta berasal dari kata coup d'État yang juga sering dipakai dalam bahasa Inggris.

Bahasa Jerman

Terdapat dua kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu opelet dan odol. Opelet adalah mobil sedan yang dijadikan kendaraan umum. Kata ini berasal dari Opel, merek mobil asal Jerman yang kini merupakan anak perusahaan Groupe PSA yang juga memproduksi Peugeot. Sementara odol adalah kata lain pasta gigi yang merupakan merek pasta gigi asal Jerman yang dulu pernah dipasarkan di Indonesia.

Bahasa Italia

Kata serapan dari bahasa Italia dalam bahasa Indonesia umumnya berhubungan dengan musik seperti forte, tempo, mezzo forte, dan crescendo. Ada juga kata lingua franca yang berarti bahasa pergaulan atau bahasa yang umum dipakai di sebuah wilayah.

Bahasa Latin

Bahasa Latin tergolong bahasa mati, dalam arti sudah tidak memiliki pemakai tetap lagi di masa sekarang. Bahasa Latin hanya digunakan oleh Vatikan dan juga dalam ilmu pengetahuan seperti penamaan makhluk hidup secara ilmiah.
Namun, beberapa kata dalam bahasa Latin juga diserap dalam bahasa Indonesia seperti ad interim (sementara), almamater, dan facultas (fakultas).

Bahasa Yunani

Kata demokrasi berasal dari kata Yunani, δημοκρατία / dēmokratía yang berarti pemerintahan rakyat. Demikian pula kata stadion yang berasal dari kata στάδιον / stadion. Keduanya diserap melalui bahasa Belanda.

Bahasa Spanyol

Pengaruh bahasa Spanyol dalam bahasa Indonesia tidak terlalu signifikan karena Spanyol tidak terlalu banyak menancapkan pengaruh di Indonesia. Ada setidaknya tiga kata yang berasal dari bahasa Spanyol, plaza (plaza mal), kamisa (kemeja), dan sombrero (topi bundar).

Bahasa Portugis

Tak seperti bahasa Spanyol, bahasa Portugis berkontribusi cukup besar terhadap bahasa Indonesia. Kata-kata berikut berakar dari bahasa Portugis.
  1. Lemari (Almari)
  2. Pesta (Festa)
  3. Nona (Dona)
  4. Sabtu (Sabado)
  5. Minggu (Domingo)
  6. Gereja (Igreja)
  7. Jendela (Janela)
  8. Boneka (Boneca)
  9. Bendera (Bandeira)
  10. Garpu (Garfo)
  11. Armada (Armada)
  12. Belanda (Holanda)

Selain kata-kata di atas, masih banyak kata lain yang bersumber dari bahasa Portugis seperti dadu, kereta, meja, dan nanas.

Bahasa Jepang

Pengaruh bahasa Jepang dalam bahasa Indonesia umumnya berhubungan dengan kebudayaan Jepang yang populer di Indonesia. Berikut beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang berakar dari bahasa Jepang.
  1. Anime (Anime)
  2. Dakocan (Dako-chan)
  3. Ebi / Udang kering (Ebi)
  4. Kanji (Kanji)
  5. Karaoke (Karaoke)
  6. Manga (Manga)
  7. Ninja (Ninja)
  8. Nori / Rumput Laut Gulung (Nori)
  9. Origami (Origami)
  10. Sakura (Sakura)
  11. Sogo / Salah satu Pusat Perbelanjaan (Sogo) (Ada istilah sogo jongkok)
  12. Tempura (Tenpura)


Bahasa Mandarin / Hokkian / Hakka / Kanton

Bila Anda mengira bahasa yang digunakan di Cina semuanya sama, Anda salah. Cina memiliki satu bahasa nasional, bahasa Mandarin, dan beberapa bahasa daerah seperti Kanton dan Hokkian. Karena pengaruh kebudayaan Cina yang cukup besar di Indonesia, banyak kata dalam bahasa Indonesia yang berakar dari bahasa di daratan Cina. Beberapa sudah jamak didengar seperti angpau, bakpau, barongsai, goceng, dan sebagainya. Namun, masih banyak kata lain yang juga berasal dari bahasa di Cina. Sebut saja Bakiak (木屐, ba̍k-kia̍h), Becak (馬車, bé-chhia), Calo (查佬, caa4-lou2), Cat (漆, chhat), (Mak) Comblang (作媒人, chok-m̂-lâng), Guci (罐子, koàn-chí), Jailangkung (伽篮公, ch’ai-lâm-kong), Jok (褥, jio̍k), Kakak (哥哥, koko), Kantong (空头, khang-thâu), Kecap (茄汁, ke4-2 zap1), Kue (粿, kóe), Lumpia (润饼, lǔn-piáⁿ), Sate (三叠, saⁿ-tha̍h), Tukang (土工, thó͘-kang), Wushu (武术, wǔshù), dan masih banyak lagi.

Bahasa Sanskerta dan Bahasa Daerah di India Lainnya

Karena pengaruh kebudayaan India yang cukup kuat di Nusantara, banyak kata-kata dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Sansekerta dan bahasa di India lainnya seperti Tamil. Kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Sanskerta adalah adi (tertinggi, seperti pada kata adikarya) (अधि, adhi), angkasa (आकाश, ākāśa), Bijaksana (विचक्षण, vicakṣaṇa), Dirgahayu (दीर्घ आयु, dīrgha āyu), Maya (tidak nyata) (माया, māyā), Raksasa (राक्षस, rākṣasa), Siswa (शिष्यः, śiṣyah), Warna (वर्ण, varṇa), dan masih banyak lagi.
Dari bahasa Pali adalah kata belanja (valañja). Dari bahasa Hindi ada kata Cacar (चेचक, cecak). Dari bahasa Tamil ada kata Perisai (பரிசை, paricai).

Bahasa Arab

Interaksi pedagang Nusantara dengan pedagang dari Jazirah Arab khususnya dari Hadramaut, Yaman membawa kosa kata bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Kata-kata yang berasal dari bahasa Arab antara lain Aljabar (الجَبْر, al-jabr), Kursi (كُرْسيّ, kursiyy), Menara (مَنارة, manāra), Salju (ثَلْج, thalj), Yunani (يونان, yūnān), dan masih banyak lagi.

Bahasa Persia

Bahasa nasional Iran juga memberikan sumbangan kata kepada bahasa Indonesia. Kata-kata yang bersumber dari bahasa Persia adalah Anggur (انگور, an-gur), Pasar (بازار, bāzār), dan Piala (پیاله, pyāla).

Bahasa Daerah di Indonesia

Tak hanya bahasa asing yang memperkaya kosa kata bahasa Indonesia, bahasa daerah pun turut menambah kekayaaan tersebut. Mulai dari bahasa Sunda (juragan, majikan, dan lalap), bahasa Jawa (anjlok, gosong, ganteng), bahasa Minangkabau (jinjing, lamban, silat), bahasa Nias (Anda), bahasa Batak (molek), bahasa Maluku (beta), dan bahasa Manado (pasti).


Demikiran thread dari saya kali ini. Begitu banyaknya bahasa yang memengaruhi bahasa Indonesia menjadi bukti bahwa Indonesia adalah tempat bertemunya berbagai kebudayaan dari penjuru dunia yang menengaskan keberagaam dan kekayaan budaya di negara ini. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII

Apresiasi dari Kaskuser










Diubah oleh gilbertagung 22-09-2018 06:54
0
22.5K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.