Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rudi kyAvatar border
TS
rudi ky
(MEMALUKAN) Indonesia Tertinggal...Slogan aja yg digedein, hasil 0 Besar
https://m.katadata.co.id/berita/2017/11/24/indonesia-tertinggal-ekonomi-kuartal-iii-lima-negara-asean-melajuEkonomi Kuartal III Lima Negara ASEAN Melaju, Indonesia Tertinggal
Pada kuartal III lalu, pertumbuhan ekonomi Vietnam dan Filipina melampaui Tiongkok. Pertumbuhan ekonomi Singapura melompat tajam, menyalip Indonesia.
Visit Asean
Presiden Jokowi (paling kanan) bersama para pemimpin negara ASEAN meluncurkan logo “Visit ASEAN@50” pada pembukaan KTT ASEAN, di NCC, Vientiane, Laos, Selasa (6/9). Edi N|Humas|Setkab.go.id

Komentar
Jum'at 24/11/2017, 17.18 WIB
Martha Ruth Thertina

Sederet negara ASEAN mengalami akselerasi pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun ini. Ekonomi Vietnam dan Filipina melaju lebih kencang pada kuartal III 2017 lalu, mengalahkan Tiongkok yang melemah ke level 6,8%. Namun, ekonomi Indonesia justru tumbuh stagnan.

Pertumbuhan ekonomi Vietnam mencapai 7,46% pada kuartal III, jauh melesat dari dua kuartal sebelumnya yang sebesar 5,15% dan 6,28%. Pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi dalam tujuh tahun belakangan. Pencapaian tersebut di antaranya disokong oleh tingginya ekspor, utamanya dari industri milik asing.

Sementara itu, ekonomi Filipina tumbuh 6,9% pada kuartal III, lebih tinggi dibandingkan dua kuartal sebelumnya yang sebesar 6,4% dan 6,7%. Penyokong utamanya yaitu ekspor dan belanja pemerintah yang membaik. Pemerintahan Presiden Duterte menargetkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 7-8% dalam enam tahun ke depan, dengan pendanaan infrastruktur melebihi Rp 2.200 triliun hingga 2021.

Akselerasi ekonomi juga dialami Singapura, Malaysia, dan Thailand. Ekonomi Singapura bahkan tercatat melonjak signifikan dari kisaran 2% pada kuartal I dan II menjadi 5,2% pada kuartal III. Pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi dalam hampir empat tahun belakangan. Industri manufaktur masih menjadi motor pemacu ekonomi.

Tak seperti banyak negara ASEAN, Indonesia justru mengalami pertumbuhan ekonomi yang stagnan di level 5% sepanjang tahun ini. Menanggapi kondisi tersebut, Ekonom Development Bank of Singapore (DBS) Gundy Cahyadi menyebut ekonomi Indonesia tumbuh di bawah potensinya lantaran masih terdampak oleh terpukulnya kinerja ekspor imbas jatuhnya harga komoditas pada 2014-2015 lalu. Selain itu, lingkungan investasi yang menantang.
Diubah oleh rudi ky 27-11-2017 12:47
0
4.7K
73
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.