Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Menteri Khofifah: “Perempuan Indonesia Harus Seperti Srikandi”
Menteri Khofifah: “Perempuan Indonesia Harus Seperti Srikandi”


Menteri Khofifah Indar Parawansa membuka pertunjukan wayang kulit pada rangkaian peringatan hari pahlawan 2017. Bersama Maestro Dalang UNESCO Ki Manteb Soedarsono dan Syakurun (Kirun), Kementrian Sosial RI menggelar pertunjukan wayang semalam suntuk.

Hal ini adalah sebagai penutup acara peringatan Hari Pahlawan 2017 yang diadakan di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU), Sabtu malam (25/11).

Acara yang dibuka langsung oleh Menteri Sosial ini dihadiri sekitar 10.000 orang, dan mengangkat lakon “Srikandi Kusumaningrat”.

“Sejalan dengan ruh dari Hari Pahlawan yakni estetik, untuk itulah pertunjukan wayang kulit semalam suntuk ini diadakan. Untuk memperkokok persatuan dan kesatuan negeri, menurut saya pendekatan melalui seni dan budaya adalah hal yang ampuh. Karena dengan seni dan budaya yang fokus untuk mempererat persatuan dapat diterima oleh masyarakat tanpa harus membedakan etnis, suku atau daerah manapun”, ucap Khofifah.

Lakon Srikandi Kusumaningrat ini bercerita tentang puteri Prabu Drupada dan Dewi Dandawati dari Negara Pancala adik dari Dewi Dropadi dari Raden Drestadyumna.

Dewi Srikandi diceritakan sangat gigih untuk belajar memanah, dan sangat mencintai rakyatnya. Sehingga semua waktu yang dimiliki ia pergunakan untuk mengabdi kepada rakyat, selain itu Dewi Srikandi juga terkenal mahir menggunakan senjata panah.

Bukan hanya perempuan, bahkan para prajurit pun menganggap Dewi Srikandi patut untuk dijadikan suri teladan. Dikisahkan dalam perang Bharatayuddha, Srikandi tampil sebagai senopati, dan saat itu senopati Astina terkenal akan kesakitannya yang sangat hebat.

“Melalui lakon Srikandi Kusumaningrat kita dapat banyak belajar dari sosoknya. Sebagai perempuan ia tidak kalah dengan sosok pria yang memiliki andil sangat besar untuk membela tanah airnya”, jelas Khofifah.

Menurut Menteri Khofifah, lakon ini menunjukkan bahwa kesetaraan gender berlaku dalam segala gal yang ditujukan untuk membangun negeri menjadi lebih baik kembali.

Indonesia pun memiliki Srikandi, tercermin dari Pahlawan Nasional Wanita yang dengan gigih membantu unutk mempertahankan tanah air seperti Cut Nyak Dien, Kartini, dan Laksamana Malahayati yang dikenal sebagai laksamana perempuan muslimah pertama di dunia.

Mensos mengajak para penonton yang hadir untuk meneladani Srikandi dan juga para pahlawan Indonesia, mereka juga bisa menjadi pahlawan sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing.

Dengan adanya pagelaran wayang semalam suntuk ini, Mensos berharap masyarakat tidak pernah melupakan jati diri bangsa. Dan juga menjaga setiap budaya yang sudah diwariskan agar tidak punah karena termakan zaman.


0
1.5K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.