Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit

takdosAvatar border
TS
takdos
Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit
Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit
×

Malam gan, setelah sekian lama gak posting di kaskus karena postingan terakhir gue yang jadi hot thread menimbulkan huru-hara di kaskus, dan bata-bata merah meluncur ke akun gue, akhirnya gue mau ngaskus lagi, nih. Tujuannya, cuma buat share, karena gue banyak dapet informasi dan tips berguna juga dari Kaskus, jadi kenapa gak gue balas dengan kasih informasi juga? Tapi...

Yaudah, gak banyak lama. Langsung baca aja nih!

Ehem, gais, karena banyak yang request itinerary perjalanan gue ke Nepal, maka di postingan kali ini gue akan bahas tentang itinerary ke Garut.

Canda, deng. Serius amat kek Ratna Sarumpaet lu!

Buat lu yang dari lama ngikutin blog gue whateverbackpacker.com pasti tau gue, sang backpacker gembel tidak pernah membuat itinerary ketika akan melakukan perjalanan. Karena itinerary hanya untuk orang yang takut tersesat. Padahal, kalo gak ada itinerary, gue jamin lu gak akan kesasar. Ya gimana, wong kagak ada tujuan.

Nah, karena banyaknya request, di sini gue bakal tulis itinerary perjalanan yang gue lakuin di Nepal. Kenapa? Karena kalo gue nulis perjalanan Dalai Lama, bisa dipastikan tulisannya akan ngawur. Tidak seserius tulisan ini.

Ok, gak banyak bacot, gue ringkas aja nih itinerary paling gampang ala backpacker gembel!

Untuk menuju Nepal, pesawat yang paling murah saat ini adalah Air Asia. Tapi kalo lu nekat, lu bisa ke Nepal pake onta dari Merauke ke Makasar, dan dilanjut nebeng burung kasuari ke Malaysia. Dari Malaysia lu bisa berenang sama ikan curut ke India, dan jalan kaki selama 500 tahun ke Nepal. Tapi, gue sarankan jangan.

Untuk ngurus Visa on Arrival Nepal, lu bisa baca ini >> http://www.whateverbackpacker.com/20...voa-nepal.html

Kalo lu mau nanjak Gunung Annapurna kayak gue, ini the best way yang bisa lu ikutin:

Gue akan urutkan dari Rute, Transport dan Harga yang gue dapet waktu itu.

Bandung – KL – Kathmandu
Air Asia
1.300.000

Kathmandu Airport – Thamel (Backpacker Area)
Taxi
50.000 (nego-nego aja)

Thamel – Pokhara – River Side (Backpacker Area)
Tourist Bus
80.000

Pokhara – Nayapul (Desa Di bawah kaki Annapurna)
Local Bus – Elf Bangke – Bus baik!
30.000

Nayapul – Landruk
Jeep
20.000

Landruk - Ghandruk
Jalan kaki – Ampe mau mati

Ghandruk – Desa Himalaya
Jalan kaki – Udah mending bunuh gue ajaaaaaah!!

Himalaya – Ghandruk
Jalan kaki – Kaki gue bengkak 4 hari! Nuhun, bangke!

Ghandruk – Siwai
Allahuakbar, masih kudu jalan kaki!

Siwai – Pokhara
Local Bus
50.000

Pokhara – River Side
Taxi Patungan
15.000

Jadi, begitulah trip gue, gais. Untuk detailnya gue tulis di bawah yah. Santai, aja!

Beberapa hal yang musti lu perhatiin selama di Nepal!

1. Karena bandara agak jauh ke kota (Thamel Area), maka lu gak bisa jalan kaki. Dan karena si Air Asia nyampenya malem, jadi satu-satunya transportasi untuk ke Thamel dari bandara adalah pake taksi. Gak ada yang lain! Lu bisa nego harga taksi di Nepal, dan misal lu belum nuker Rupee Nepal, lu bisa bayar taksi pake USD, EUR, AUD, YEN, atau duit cina. Jangan sesekali bayar pake duit monopoli! Ini daftar Hotel di Kathmandu >> http://www.whateverbackpacker.com/20...ndu-nepal.html

2. Bus dari Thamel ke Pokhara ini agak susah dan tricky. Banyak transport menuju Pokhara dari Kathmandu, kalo lu kaya, lu bisa pake pesawat, cuma 30 menit. Kalo lu biasa aja, lu bisa pake Executive Bus seharga 350.000. Kalo lu gembel, lu bisa pake tourist bus kayak gue dan makan waktu sekitar 6-7 jam. Kalo lu emang beneran gembel, lu bisa pake local bus, yang nyampenya bisa 12 jam. Plus, bareng kambing di dalemnya.

Nah, transportasi juga tergantung waktu yang bisa lu pakai. Kalo lu pengin pergi siangan, lu bisa pake excutive bus, biasanya mereka berangkat pukul 9 – 10 pagi. Khusus untuk tourist bus yang gue pake, bus berangkat dari Thamel Selatan, deket kolam putri apa gitu gue lupa, anjis. Nah, disini wayahnya lu harus bangun subuh. Bus berangkat pukul 5 pagi. Dan misal lu kesiangan dan lu kagak ada duit, lu bisa pake local bus, yang setiap hari setiap waktu ada ke Pokhara, tapi waktunya bisa 2 kali lipat, dan syukur-syukur lu bisa nyampe dengan selamat ke Pokhara.

Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit
×

3. Setibanya di terminal bus Pokhara, jangan mau kalo diajakin naik taksi atau ojek. Jalan kaki ke Riverside aja, deket, cuma 10 menitan lah.

4. Riverside ini backpacker area nya Pokhara, gak se-crowded Thamel, di sini adem, bersih dan sejuk. Cari-cari aja hotel yang paling murah di sana. Nih, hotel-hotel yang udah gue cobain di Pokhara >> http://www.whateverbackpacker.com/20...inapan-di.html

5. Sekarang kita bahas buat naik Annapurna nya. Sebelum naik, lu harus ngurus Trekking Permit dan nyiapin alat-alatnya dulu. Infonya >> http://www.whateverbackpacker.com/20...-basecamp.html

Gue saranin lu berangkat pagi banget, local bus bakal ngelewat di jalan besar Riverside, waktu itu gue gak tau berhenti di mana, yang pasti berhenti di tengah kota. Abis itu gue bingung gimana cara ngelanjutinnya, karena gue tanya-tanya ke orang mereka kayak bego bego aja gitu, kagak tau apa-apa. Gue ampir nangis di sini. Hiks!

Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit
×

Tapi karena gue nulis berdasarkan pengalaman, di tempat lu turun bus dari Riverside itu, lu bakal liat bunderan gitu, nah lu diem aja deket bunderan itu, nanti ada banyak elf yang lewat, lu tanya aja lu mau ke Nayapul, nanti si abangnya bakal narik lu, dan nurunin lu lagi di suatu tempat buat lanjutin lagi naik bis.

Nah, di sini ketahanan lu diuji, bus ke Nayapul ini bakalan penuh banget, jadi usahakan lu dapet tempat duduk, karena perjalanannya lama abis!

6. Begitu sampai di Nayapul, ini adalah titik pertama lu untuk naik Annapurna, gue saranin dari Nayapul lu naik Jeep ke Siwai (Kalo gue ke Landruk). Kenapa Siwai? Sebaliknya gue dari Annapurna, ternyata rute yang paling enak dan gak makan banyak waktu, tenaga itu adalah:

Nayapul – Siwai (start jalan kaki dari Siwai) – Gandhruk (nginep semalem) – Lanjut ke atas.

“Ah, kagak keren lu, Dis! Masa mau naik gunung pake Jeep! Mana jiwa petualang lu!”

Heh, kampret! Gue kasih tau yah, dengan naik Jeep seharga 20.000, itu sama aja kayak lu ngehemat waktu sehari jalan kaki, duit 100.000 buat makan dan tidur, dan tenaga yang bisa lu pake buat naik lebih tinggi. Jadi, gue kasih tau lu, naik Jeep lah ke Siwai yang cuma 20 menit, karena kalo lu jalan kaki dari Nayapul ke Siwai, lu bakal ngabisin waktu seharian, dan harus nginep dulu di Siwai. Dan jangan kaget kalo lu nemu beginan pas naik gunung di Nepal >> http://www.whateverbackpacker.com/20...l-menurut.html

Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit
×
Tips dan Itinerary Backpacking Murah ke Nepal dan Annapurna Basecamp Circuit

7. Setibanya lu di Siwai, ini jalur paling enak menurut gue. Jalan kaki sekitar 5 jam, lu udah bisa nyampe Desa Gandhruk, desa pertama buat lu istirahat dan nginep. Kalo lu ikutin rute gue yang jalan kaki dari Landruk ke Gandhruk, waktu yang harus lu siapin buat jalan kaki adalah 10 jam, karena treknya yang edan!

8. Banyak para pendaki yang memilih Gandhruk sebagai tempat istirahat di malam pertama, karena Gandhruk salah satu desa terbesar dan terkomplit fasilitasnya. Juga, Gandhruk adalah desa yang menjadi titik temu dari para pendaki dari Nayapul, Phidi, dan Poon Hill.

9. Dari Gandhruk ke atas, ya gampang lah itu mah, ikutin jalan aja. Dan lu bakalan udah bisa ngira-ngira sendiri di sini. Naik Annapurna mah bingung awalnya doang, ke sananya mah kek main ke Ramayana. Gampang.

10. Kalo lu bisa nyampe Annapurna Basecamp (yang gak bisa gue dapet karena waktu itu lagi ada badai salju) lu bisa turun langusng ke Gandhruk dalam waktu sehari. Dan sehari lagi untuk bisa kembali lagi ke Pokhara. Tapi kalo lu emang atlet nanjak gunung, lu bisa babat sehari trek ampe turunnya.

11. Pulanglah dari Siwai lagi. Kenapa? Pertama, karena ini jalur paling dekat pas lu turun. Kedua, di sini lu bisa dapet local bus murah ke Pokhara. Hati-hati juga, karena di Siwai banyak tukang Jeep yang bakal nipu lu, mereka pasti bakal bilang kagak ada transport lain lagi dari Siwai ke Pokhara, jadi kita dipaksa harus pake Jeep buat ke Pokhara. Meh! Jangan mau! Ongkos local bus dibanding Jeep bisa 100 kali lipat!

12. Nah ini..... langsung aja ke blog~

Buat yang masih belom jelas bisa langsung baca selengkapnya di:

blog: http://www.whateverbackpacker.com/

mau nanya-nanya langsung?

twitter: @takdos

mau liat foto-foto keren di Nepal selama gue trakking?

instagram: @takdos

Nuhun! Cendol ye gan, biar akun gue kagak merah lagi emoticon-Frown((
Diubah oleh takdos 30-06-2016 15:37
0
5.3K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.