Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dranitiniAvatar border
TS
dranitini
Si 'Uang Sakti' Bitcoin Tembus Rp 111 Juta, Ini Penyebabnya

Jakarta - Nilai tukar Bitcoin atau mata uang virtual tembus US$ 8.234 atau setara dengan RP 111,1 juta (kurs Rp 13.500). Menanggapi hal ini, CEO Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan, mengatakan kenaikkan tersebut adalah hal yang wajar.

Pasalnya pergerakan harga bitcoin tergantung dengan supply and demand. Saat ini permintaan bitcoin memang lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga mempengaruhi harga sekeping bitcoin ini.

Baca juga: Bitcoin Si 'Uang Sakti' Tembus Rp 111 Juta

"Menurut saya wajar, mengingat selama beberapa tahun lalu Bitcoin masih sedikit penggunanya. Sekarang juga sebenarnya masih belum mainstream, tapi sudah banyak," kata Oscar saat dihubungi detikFinance, Sabtu (25/11/2017).

Dia menyebutkan, saat ini sudah banyak pengguna seperti di Jepang dan Eropa. Pasalnya di negara tersebut sudah dilegalkan sebagai digital asset resmi di sektor keuangan.

"Agak ramai belakangan ini karena di Jepang dan Eropa sudah legal, peningkatan jumlah pengguna otomatis akan mengangkat harga bitcoin karena berdasarkan demand dan supply," jelas dia.

Oscar menyebutkan, sejak 2 tahun terakhir jumlah pengguna bitcoin terbesar berada di Jepang, bukan China. Sehingga di China tidak ada aktivitas pertukaran. Namun, China sendiri masih menjadi pusat pertambangan bitcoin terbesar hingga saat ini.

Baca juga: 'Uang Sakti' Bitcoin Tembus Rp 111 Juta, Wajarkah?

Mengutip Bitcoin.com, harga bitcoin tercatat US$ 8.236 per keping atau setara Rp 111,1 juta. Ini merupakan pertama kalinya, padahal bulan lalu Bitcoin sempat merosot ke posisi US$ 5.000. Jika pergerakan ini terus berlanjut, bitcoin diprediksi bisa tembus US$ 10.000 per keping. Mengutip CNN Money Bitcoin telah melonjak lebih dari 753% sepanjang tahun ini. Kemudian 40.000% dalam jangka waktu lima tahun saja.

Tantangan bitcoin

Karena harga yang terus meningkat, dalam perjalanannya, Bitcoin dibayangi oleh pesaing yang saat ini sedang disiapkan oleh rival.

Menanggapi hal tersebut CEO Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan mengungkapkan bitcoin merupakan bagian dari teknologi yang terus berkembang setiap detiknya.

"Ya namanya teknologi pasti, selalu berusaha untuk disempurnakan. Bitcoin Indonesia memandang itu adalah hal yang biasa dan kita selalu mendukung inovasi di dalam teknologi blockchain ini," terang Oscar.

Dia menyebutkan, sebagai pengguna harus sama-sama memonitor dan mengawasi teknologi mana yang akan lebih banyak digunakan ke depannya. Mengutip Bitcoin.com, harga bitcoin tercatat US$ 8.236 per keping atau setara Rp 111,1 juta.

Ini merupakan pertama kalinya, padahal bulan lalu Bitcoin sempat merosot ke posisi US$ 5.000. Jika pergerakan ini terus berlanjut, bitcoin diprediksi bisa tembus US$ 10.000 per keping. Mengutip CNN Money Bitcoin telah melonjak lebih dari 753% sepanjang tahun ini. Kemudian 40.000% dalam jangka waktu lima tahun saja.

Pada 2014 lalu yakni dengan memperhatikan Undang-undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang serta UU No. 23 Tahun 1999 yang kemudian diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2009, Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan virtual currency lainnya. Segala risiko terkait kepemilikan/penggunaan Bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik/pengguna Bitcoin dan virtual currency lainnya. (hns/hns).

https://finance.detik.com/moneter/37...ni-penyebabnya

akhir tahun diprediksi nembus $10000 loh , gila ya setahun dah naek 700% lebih dri harga nya yg 15jutaan
0
12.5K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.