alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a199c5c9a095191768b4567/ylki-izinkan-spbu-asing-jual-bbm-oktan-rendah-pemerintah-permalukan-indonesia
Lapor Hansip
25-11-2017 23:37
YLKI: Izinkan SPBU Asing Jual BBM Oktan Rendah, Pemerintah Permalukan Indonesia
YLKI: Izinkan SPBU Asing Jual BBM Oktan Rendah, Pemerintah Permalukan Indonesia
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebut kebijakan pemerintah mendukung operasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) asing yang menjual bahan bakar minyak (BBM) Ron 89 dengan harga rendah bertentangan dengan sejumlah kebijakan. Selain itu mempermalukan Indonesia di mata dunia.


“Negara lain berlomba, berjibaku untuk lolos (standar) Euro 3 dan Euro 4, Indonesia belum lolos dengan Euro 2 karena melanggengkan BBM RON rendah,” tutur Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam siaran pers, Sabtu (25/11).

Kebijakan mengizinkan SPBU asing untuk menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan RON 89 tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah. Khususnya, lanjut Tulus, kebijakan energi bersih serta baru dan terbarukan

“Karena itulah target Indonesia untuk mengurangi produksi karbon hingga 26% pada tahun 2030 tidak akan berhasil. Sebab, bagaimana mau mengurangi produksi karbon jika penggunaan bahan bakar kualitas rendah masih dominan,” paparnya.

YLKI, kata dia, mempertanyakan mengapa Menteri Energi, Sumberdaya dan Mineral (ESDM) dan jajarannya begitu gegap gempita menyambut beroperasinya SPBU asing yang menjual BBM RON89 itu. “Bahkan, konon perizinannya pun sangat mudah,” ucapnya.


Apa yang dilakukan oleh pemerintah itu, menurut Tulus, memunculkan berbagai anomali. Sebab BBM oktan rendah tidak sesuai road map. Seharusnya mengurangi konsumsi dan distribusi BBM beroktan rendah.

“Bandingkan dengan Malaysia yang menjual BBM dengan RON paling rendah 95. Lah, ini pemerintah malah mendukung SPBU baru yang menjual RON rendah. Ini namanya tidak konsisten dan langkah mundur,” ujarnya.

Bahkan klaim BBM yang dijual itu ber-RON 89 juga harus di laboratorium independen untuk memasikan kebenarannya. Keberadaan RON 89 itu juga merupakan anomali. Sebab, RON 89 yang dijual merupakan booster dari RON 88.

“Tapi yang pasti, meski mengantongi RON 89, itu tetap jauh dari standar Euro2,” kata Tulus.

Anomali lainnya adalah, SPBU asing itu menjual harga BBM beroktan terendah di bawah harga pasar. Hal ini disinyalir sebagai strategi marketing untuk menggaet konsumen selama masa promosi.

Jika masa promosinya lewat, mereka pasti akan menjual dengan harga normal atau bahkan lebih mahal. Anomali berikutnya, sebut Tulus, SPBU asing tersebut beroperasi di Jakarta yang pangsa pasarnya sangat besar.

Padahal, semestinya, SPBU seperti itu didorong untuk beroperasi di daerah remote, seiring sejalan program pemerintah terkait kebijakan satu harga untuk BBM. Karena di daerah seperti sangat membutuhkannya, karena infrastruktur SPBU yang masih minim. (Rif)

Sumber: Tetitah.com
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
25-11-2017 23:41
Mana ada malu sihhhh... emoticon-Cape d...

0
25-11-2017 23:49
jadi menurut YLKI kita semua harus pake bensin RON tinggi yang harganya lebih mahal?
0
26-11-2017 00:20
Quote:Original Posted By lalila
jadi menurut YLKI kita semua harus pake bensin RON tinggi yang harganya lebih mahal?


ada harga ada kualitas tong, emangnya lu gk punya anak cucu ape ?
0
26-11-2017 00:44
hiswana migas kejet2x kesaing lapaknya trus komporin so tulus agar kaing2x?

yg main bbm udah tau lah siapa yg jadi mafia
0
26-11-2017 01:28
Memang memalukan emoticon-Smilie
0
26-11-2017 03:21
Quote:Original Posted By MAN_IN_BLUE
hiswana migas kejet2x kesaing lapaknya trus komporin so tulus agar kaing2x?

yg main bbm udah tau lah siapa yg jadi mafia


ya udah diturunin aja harga nya biar bisa bersaing.
0
26-11-2017 03:31
Emang si bewok gak mencak2 kalo SPBU asing boleh jual RON89?
0
26-11-2017 04:08
lembaga goblog yang ga tau cara berbisnis emoticon-Traveller
0
26-11-2017 04:16
Semuanya adalah bisnis, semuanya adalah duit
0
26-11-2017 04:47
konsumen mana peduli

yang penting harga murah kualitas mewah...

emoticon-Big Grin
0
26-11-2017 05:50
indonesia mah juara nya tanpa rasa malu
liat aja tuh setnov
0
26-11-2017 05:52
ya elah, indonesia malu apanya? coba tanya konsumen , malu tdk? senang tdk? malu maluin pake nama YLKI, mending ganti namanya jadi YLPP (yayasan lembaga pembela pertamina) emoticon-Ngakak
0
26-11-2017 06:02
Ini membuktikan.. kalau pertamina itu koplak.. buktinya ada swasta yg bisa jual murah g pake subsidi..
0
26-11-2017 06:29
ketahuan yg nipu pakai kata subsidi emoticon-Ngakak
0
26-11-2017 06:49
ternyata subsidi pertamina itu hoax emoticon-Leh Uga
0
26-11-2017 07:07
oh kesitu larinya premium indonesia, pantes nyari susah

emoticon-Toast
0
26-11-2017 07:08
lah katanya kalo bensin naik harga malah protes. tiba2 ada yang jual murah malah bilang "malu" emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka Mafianya blingsatan
Kena lu di hajar JOKOWI iyahemoticon-Wakaka emoticon-Wakaka .
Gw suka Gaya Jokowi gebuk Mafia Pertamina.emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh gulungantikar
0
26-11-2017 07:25
Quote:Original Posted By changchimehn
oh kesitu larinya premium indonesia, pantes nyari susah

emoticon-Toast

emoticon-Toast tau aja lo bre
0
26-11-2017 07:26
Itu kode..ylki mau minta duit..
0
26-11-2017 07:28
Quote:Original Posted By r2puffy
Ini membuktikan.. kalau pertamina itu koplak.. buktinya ada swasta yg bisa jual murah g pake subsidi..


Itu juga lucu
Pertanyaannya buat ylki harusnya ngaca pertamina itu ga bisa apaapa
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.