Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buncitbubarAvatar border
TS
buncitbubar
Ulama Tersangka Dalang Teror Mumbai Dibebaskan, India Sangat Marah
Ulama Tersangka Dalang Teror Mumbai Dibebaskan, India Sangat Marah
New Delhi - Seorang ulama Pakistan yang dituduh menjadi dalang serangan teror di Mumbai, India telah dibebaskan oleh pengadilan Pakistan. Pemerintah India sangat marah atas putusan ini.

Pengadilan di Lahore, Pakistan pada Rabu (22/11) waktu setempat memerintahkan pembebasan ulama Hafiz Saeed, yang kepalanya dihargai US$ 10 juta atau lebih dari Rp 135 miliar oleh pemerintah Amerika Serikat. Pemerintah AS dan India menuding Saeed bertanggung jawab dalam aksi penyerangan terkoordinasi yang dilakukan kelompok bersenjata selama tiga hari di Mumbai, yang menewaskan 165 orang pada November 2008 lalu. Saeed menyangkal keterlibatannya.

"India, seperti halnya seluruh komunitas internasional, sangat marah karena seorang teroris yang dilarang PBB dibiarkan berjalan bebas dan meneruskan agenda jahatnya," cetus Raveesh Kumar, juru bicara Kementerian Luar Negeri India kepada para wartawan di New Delhi, India seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (24/11/2017).

Kumar mengatakan, pembebasan Saeed menunjukkan bahwa Pakistan terus melanjutkan kebijakannya mendukung dan melindungi aktor-aktor non-negara yang terlibat dalam aktivitas militan di wilayah tersebut.

Saaed telah dinyatakan sebagai teroris global oleh PBB dan AS atas dugaan keterlibatannya dalam serangan di Mumbai. Pria itu berada di bawah tahanan rumah di kota Lahore sejak Januari lalu. Namun dalam putusan pekan ini, Pengadilan Tinggi Lahore memerintahkan pembebasannya dan menolak argumen pemerintah bahwa dia merupakan ancaman bagi keamanan umum.

Ulama tersebut mendirikan kelompok militan Lashkar-e-Taiba (LeT) yang berbasis di Pakistan pada 1990-an. Ketika organisasi itu dilarang, ia menghidupkan kembali organisasi yang jauh lebih tua, Jamaat-ud-Dawa (JuD) pada tahun 2002.

Saeed bersikukuh JuD adalah organisasi kesejahteraan umat Islam, tetapi Amerika menyebut JuD adalah kedok untuk Lashkar-e-Taiba (LET), kelompok militan yang disebut AS dan India sebagai pelaku serangan tiga hari di Mumbai.



(ita/ita)
===================================================================
Penistaan pada ulama kata jin spirit 212

https://news.detik.com/internasional...a-sangat-marah
0
1.5K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.