Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eggnostickAvatar border
TS
eggnostick
Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas
Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas
selamat pagi, siang, malam kaskuser dimanapun kalian berada.
Dalam rangka turut memeriahkan event kaskus creator spesial ulang tahun dengan tema "Bring the Best In you", saya ingin menuangkan keresahan saya dalam bentuk tulisan melalui trit ini.
Sebelum saya bahas topiknya, saya ucapkan selamat ulang tahun kaskus yang ke-18.
Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas

Oke langsung aja kita ke topik pembahasan

Serumah tanpa menikah? Masalahkah?

Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas
Quote:


Beberapa waktu lalu, kita di hebohkan dengan kasus penggerebek an pasangan muda mudi yang dituduh berzina, dimana (oknum) warga kemudian melakukan tindakan main hakim sendiri dengan mentelanjangi pasangan tersebut bahkan memukul sang pria. Fenomena main hakim sendiri akhir-akhir ini marak terjadi dimasyarakat Indonesia.
Main hakim sendiri menurut KBBI merupakan menghakimi orang lain tanpa mempedulikan hukumyg ada (biasanya dilakukan dng pemukulan, penyiksaan, pembakaran, dsb). Masyarakat beranggapan bahwa pelaku kejahatan harus ditindak cepat apabila belum ada aparatur yg datang untuk menangani kasus tersebut.

Oke, sekarang mari kita bahas apakah ada hukum yg mencatut perzinahan?
Mari kita lihat gambar dibawah ini

Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas

Menurut undang undang pasal 284 kuhp, tindakan yang bisa disebut zinah adalah jika salah satu atau keduanya telah memiliki pasangan sah dan resmi (suami / istri). Dan dapat menjadi perkara hukum jika ada pengaduan diantara kedua belah pihak.

Lalu bagaimana nasib pasangan tersebut? Hemat saya, jika berdasarkan hukum yg berlaku mereka tidak melanggar pasal perzinahan, sebaliknya jika berdasarkan norma yg berlaku tentu mereka dianggap melakukan perzinahan. Tidak bisa dipungkiri negara tercinta kita ini indonesia, (sebagian) masih memberlakukan sanksi sosial, dimana (beberapa) sanksi sosial tersebut digunakan untuk mempermalukan orang lain di depan publik.
Kasus diatas mencerminkan bagaimana perilaku warga setempat yang masih suka Main Hakim sendiri. Memberlakukan sanksi sosial diatas norma masyarakat hingga terjadi lah hal hal seperti diatas.

Masyarakat menganggap tindakan itu adalah zina. biasanya, ini terjadi dalam kalangan warga yg kurang pemahaman hukum. Dimana tindakan tercepat adalah menghukum kedua pasangan dengan hukuman yang justru merusak moral. Bagaimana bisa memberi hukuman pasangan yg dituduh berzina dengan menelanjangi adalah tindakan yang tepat untuk memberi tahu agar tidak ada yang berzina dikemudian hari ?
Ini sangat lucu sekali, ni seperti kasus pembunuhan dimana pelaku pembunuhan kemudian dibunuh di hadapan publik dengan tujuan agar tidak ada lagi pembunuhan. ini namanya Logicaly fallacy, kesalahan kesalahan seperti ini sering terjadi karena kesadaran hukum dikalangan masyarakat masih rendah.

Lantas bagaimana dengan oknum yg turut serta menelanjangi, memukul, dan mengarak pasangan tersebut? Apakah mereka diberikan piagam emas atas aksi heroik mereka memberantas perzinahan? Atau diangkat menjadi Duta Anti Perzinahan?
Kabar baiknya, kini oknum oknum tersebut telah ditahan oleh pihak kepolisian, mereka di jatuhkan hukuman sesuai pasal 170 kuhp tentang kekerasan secara bersama sama dan juga pasal 335 kuhp tentang perbuatan tidak menyenangkan.

Berkaca dari kasus diatas, tentunya ini menampar keras wajah dunia hukum indonesia. Dimana ketegasan,kecepatan,dan ketepatan aparatur negara dalam menangani kasus ini sedang diuji. Menurut saya, kasus ini begitu menjelimet, saya tidak tau harus menyalahkan siapa. Di satu sisi, pemahaman tentang hukum oleh warga masih kurang dan disisi lain kurangnya peran pemerintah dalam mensosialisasikan hukum beserta proses prosesnya.

Sekali lagi. Saya berharap dengan adanya kasus ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. Agar kita tidak senantiasa meninggikan emosi dengan menjatuhkan kodrat kita sebagai manusia untuk memberi hukuman kepada orang yg belum tentu bersalah. Dan sekedar mengingatkan salah satu ungkapan yang menurut saya bagus, "Jika ingin menjadi manusia, cobalah untuk memanusiakan manusia."

Sekian, dan terima gaji

Quote:

TERIMA KASIH UNTUK SEGALA APRESIASI NYA DENGAN MELEMPAR CENDOL DAN SHARE
emoticon-2 Jempol
MOHON MAAF BELOM BISA KIRBAL
emoticon-Nyepi
Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas
YOOK SIAPA LAGI YG TERGUNCANG DAN MENGGELINJANG HEBAT. SILAHKAN BATA TS NYA
Serumah tanpa menikah? Yuk Kita Bahas
Diubah oleh eggnostick 27-11-2017 05:08
anasabila
4iinch
pakisal212
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
80.6K
725
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThreadā€¢84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.