• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • BIODIESEL (FAME) DAN BAHAN BAKAR – Serba serbi sumber energi terbarukan

gangel160487Avatar border
TS
gangel160487
BIODIESEL (FAME) DAN BAHAN BAKAR – Serba serbi sumber energi terbarukan
Hi guys, banyak dari kita yang mungkin belum familiar dengan sumber energi alternatif terbarukan yaitu biodiesel. Indonesia sebagai produsen kelapa sawit memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan energi ini yang kita sebut dengan biodiesel

Bioenergi merupakan energi terbarukan yang berasal dari biomasa dan dapat berbentuk cair, gas, dan padat. Salah satu jenis bioenergi yang dapat langsung dimanfaatkan adalah yang berbentuk cair. Bioenergi berbentuk cair dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar yang berasal dari energi fosil (minyak bumi, gas bumi dan batubara), contohnya biodiesel yang dapat mensubstitusi minyak diesel/solar. Kebijakan pengembangan energi terbarukan termasuk bioenergi di Indonesia dilakukan berdasarkan Seiring dengan percepatan peningkatan pemanfaatan Biodiesel di dalam negeri tersebut, muncul beberapa isu teknis dalam pemanfaatannya. Standar kualitas atau spesifikasi adalah berpedoman pada SNI 7182:2015 yang kemudian ditetapkan dengan Kepdirjen EBTKE Nomor 100 K/10/DEJ/2016 Tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Jenis Biodiesel Sebagai Bahan Bakar Lain yang Dipasarkan di dalam Negeri.

Bahan Baku BIODIESEL

Biodiesel adalah bahan bakar nabati untuk mesin/motor diesel berupa ester metil asam lemak (fatty acid methyl ester, FAME) yang terbuat dari minyak nabati/ lemak hewani dan memenuhi standar mutu yang disyaratkan. Biodiesel (B100) mempunyai sifat-sifat kimia fisik yang mirip (meskipun tidak sama persis) dengan minyak Solar sehingga bahan bakar campurannya dapat digunakan langsung pada mesin-mesin diesel tanpa adanya modifikasi.
Secara umum biodiesel dapat terdegradasi dengan mudah (biodegradable) serta tidak mengandung senyawa aromatik dan sulfur sehingga emisi pembakarannya lebih ramah lingkungan dibandingkan minyak Solar. Beberapa karakteristik dan parameter kualitas biodiesel (stabilitas oksidasi, titik tuang, titik kabut, bilangan iod, angka setana) sangat dipengaruhi oleh komposisi asam-asam lemak (jenuh dan tidak jenuh) pada minyak nabati bahan mentahnya. Karena karakteristik minyak bahan mentahnya, biodiesel di Indonesia umumnya memiliki angka setana lebih tinggi dari minyak Solar.

Tanaman penghasil minyak lemak di Indonesia antara lain: kelapa sawit (Elais guineansis), kelapa (Cocos nucifera), nyamplung (Calophyllum inophyllum), malapari/kranji (Pongamia pinnata), Jarak Pagar (Jatrhopa curcas).

Proses Produksi

Produksi biodiesel di Indonesia dewasa ini umumnya menggunakan minyak sawit sebagai bahan baku. Minyak sawit mengandung asam lemak jenuh (43%) dan asam lemak tak jenuh tunggal (47%) dengan kadar hampir sama dan hanya mengandung sedikit asam lemak tak jenuh ganda (10%). Dengan komposisi kandungan tersebut, biodiesel dari minyak kelapa sawit memliki kestabilan oksidasi, angka setana dan angka iodium yang lebih baik namun memiliki titik tuang/titik kabut yang agak tinggi.
Proses produksi biodiesel di Indonesia umumnya menggunakan reaksi metanolisis (transesterifikasi dengan metanol) yaitu reaksi antara minyak nabati dengan metanol dibantu katalis basa untuk menghasilkan campuran ester metil asam lemak dengan produk ikutan, gliserol.
Jenis minyak nabati biasanya menentukan reaksi mana yang digunakan, esterifikasi atau trans-esterifikasi. Esterifikasi umumnya digunakan apabila kandungan asam lemak bebas (free fatty acid/FFA) dalam minyak nabati tinggi, sedangkan untuk trans-esterifikasi dengan kondisi sebaliknya.

Catatan:
1. SNI 7182:2015 merupakan perbaikan dari standar sebelumnya
2. Metode pengujian tiap parameter didalam tabel spesifikasi diatas diuraikan didalam dokumen SNI 7182:2015.

APROBI
Source: http://www.aprobi.or.id/daftar-anggota/








Thread ane lainnya:
https://www.kaskus.co.id/edit_post/5...9975c9488b456f
https://www.kaskus.co.id/thread/5a16...rgi-terbarukan
https://www.kaskus.co.id/thread/5a16...pengolahan-nya
https://www.kaskus.co.id/thread/5a16...an-ekonomi-nya
https://www.kaskus.co.id/thread/5a15...coperfield-etc
https://www.kaskus.co.id/thread/5a14...ekonomi-jepang

https://www.kaskus.co.id/thread/5a0e...t-di-apartemen
https://www.kaskus.co.id/thread/5762...b-ini-mie-atau
https://www.kaskus.co.id/thread/5768...-pake-1999-now


















Diubah oleh gangel160487 23-11-2017 12:18
raovudiga22112
anasabila
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
12.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.