Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

doyle_conan13Avatar border
TS
doyle_conan13
JD.id Pengiriman mengecewakan
JD.id menjaminkan barang original, #dijaminori slogan dari advertisementnya dimana-mana. Walaupun barang dijamin ori tetapi tidak dijamin kapan pengirimanya, maka advertnya sangat tidak tepat sasaran. Bisa dikatakan orang marketing membakar uang sia sia.

Kronologis

Saya melakukan pembelian Laptop Macbook Pro di JD.id pada tanggal 17/11/2017, dengan alasan sedang ada promo diskon dan cicilan 18 bulan dengan Credit Card. Status pesanan saat itu: menunggu pengiriman.

Spoiler for Screenshot:


Setelah menunggu sampai dengan tanggal 21/11/2017 tidak ada perubahan status, menunggu pengiriman. Saya akhirnya mencoba untuk konfirmasi dengan bagian CS Live Chat dan tidak ada hasil positif dari jawaban mereka, Mohon untuk menunggu. Saya juga menayakan kapan barang akan dikirim tetapi jawabanya mereka adalah mereka tidak dapat memberikan kepastian.... atau barang sedang dalam proses pengemasan. Kalau tidak bisa memberikan kepastian buat apa ada CS? Dan yang paling menyebalkan adalah CS tidak ada solusi sama sekali. Poin tambahan, apabila jawaban dari cs lama, sepertinya chat dengan customer diclose / kick secara automatis oleh pihak CS, hasilnya ada admin baru lagi yang membantu menjawab. (Kemungkinan besar, CS Live Chat hanya untuk menjawab pertanyaan seputar retur, pembayaran dan lain2nya yang tidak ada hubungan dengan pengiriman.)

Spoiler for Jaminan Pengiriman JD.id:


Di dalam page jaminan pengiriman mengatakan bahwa pengemasan dibutuhkan 1-2 hari kerja, 2-3 hari kerja apabila barang elektronik yang besar. Pengiriman dibutuhkan 1 -2 hari untuk wilayah Jakarta.

Dengan dasar yang di atas, saya akhirnya memutuskan untuk telp ke layanan CS dan mereka menyadari bahwa pengemasan sudah melewati batas 2 yang dijanjikan, saya juga menanyakan apakah barang yg saya pesan ready stock, jawaban mereka adalah ready stock dan dalam pengemasan. Akhirnya Csnya mengatakan akan membantu ke pihak gudang untuk dipercepat pengirimanya. Tetapi sampai saat ini, setelah 2 jam menunggu, masih belum ada perubahan dan tidak ada kabar dari mereka.

Saya sudah melakukan transaksi dengan JD.id kedua kalinya, yang pertama kali tidak ada masalah dan pengiriman dalam batas waktu yang dijanjikan. Tetapi transaksi yang kedua sangat mengecewakan. Pesan untuk agan2 yang ingin membeli di JD.id, kalau tidak perlu perlu banget, please pikir 10 kali untuk melakukan transaksi di sini. Kecuali mereka melakukan penambahan expedisi, saat ini mereka menggunakan single expedisi, J-Express (mungkin ownernya sama). Menurut saya dengan hanya single (1) expeditor yang akhirnya membuat pengiriman jadi super lama.

Customer satisfaction bukan hanya jaminan original product (bhin**ka.com juga menjanjikan original) tetapi juga dari kecepatan pengiriman, retur, promo, pembayaran dan after sales servicenya (masalahnya lelet juga jd.id). Pertumbuhan penjualan perlu di support oleh supply system dan koordinasi antara divisi yang solid. Dan expedisi adalah point yang sama pentingya dengan system Point of Sales (website JD.id) karena ekspetasi dari pelanggan online adalah menerima barang yang sudah dibeli dengan cepat, tidak rusak dan original; bukan original tapi diterimanya lebih lama dari yang sudah dijanjikan.

--UPDATE--
Tgl 21/11/17 menjelang sore, saya menerima telp dari JD.id, tapi tidak di kasih tau dari divisi gudang atau CS dan mendapatkan informasi bahwa barang yang saya pesan sudah tidak ada atau OOS (Out Of Stock). Padahal, siangnya saya telp ke CSnya dan mereka bilangnya sedang dalam pengemasan dan barangnya ada. Mau kesal ke para pekerjanya juga percuma karena ini salah Managementnya. Akhirnya, mereka menawarkan macbook pro dengan spec sama tetapi beda warna dan orangnya bilang akan mengabari apabila dari vendor mereka ada barangnya. Setelah saya tunggu 1 jam, tidak ada kabar sama sekali dan karena sudah kesal dengan Poor Customer Service mereka, saya akhirnya telp lagi dan mereka (CS) tidak mengetahui ada yang mengcontact saya dan ingin mengubahkan ke MBP Space Gray. Akhirnya dijelaskan bahwa:
1. Re-order membutuhkan waktu 2 hari kerja.
2. QC & packing max 2 hari kerja.
3. Pengiriman max 3 hari kerja.
Total 7 hari kerja, mungkin 8 hari total.

Setelah penjelasan dari mereka, akhirnya saya ganti ke space gray dan harus tunggu sekitar 2 x 24 jam kerja untuk ada perubahan re-order.

Spoiler for PEMBATALAN:


Tgl 22/11/17 - jd.id melakukan pembatalan, tanpa ada email notification dan akhirnya saya telp, LAGI, ke CS dan mereka menjelaskan bahwa sedang ada perubahan di sistem Credit Card ke nomor pesanan yang baru. Dan KATANYA, akan memberikan email notifikasi apabila ada pengiriman barang, plus saya diberikan nomor pesanan baru dalam sistem internal mereka (tidak lewat websitenya jd.id). Sampai sekarang ini jam 16.30 saya masih menanti email dari jd.id.

Tgl 23/11/17 - Saya coba untuk hubungi pada jam 16.00 ke CS jd.id untuk konfirmasi apakah barang saya sudah bisa dikirim, setelah 2 x 24 jam seperti yang di katakan oleh CS. Tetapi masih belum ada perubahan sama sekali dan di katanya CS akan diprioritaskan hari itu akan beres.

Tgl 24/11/17 - Jam 9.30 saya mencoba untuk konfirmasi lagi ke CS, tetapi masih tidak ada perubahan dan katanya CS biasanya hanya butuh 1 x 24 jam untuk perubahan pembayaran. Anehnya, setiap CS infonya berbeda dan saat saya minta untuk berbicara dengan atasanya, jawabanya tidak bisa.... Sekitar jam 12an saya menerima balasan DM Twi**er dari JD.id dan memberikan link ini ke mereka. Lalu pada jam 14.00 JD.id CS telp saya bernama Ibu *u*i dan menjanjikan bahwa pesanan saya pasti hari ini akan diproses dan langsung dikirim. Pada jam 20.00 an saya menerima SMS bahwa nomor pesanan saya sudah dalam proses pengiriman. Dan di confirm lagi oleh Ibu *u*i bahwa saya sudah menerima SMSnya.

Tgl 27/11/17 - Jam 15.00an saya menerima pesanan saya yang ditunggu2 selama 1 minggu dan akhirnya sampai juga (Pesanan diterima dengan selamat, tetapi box laptop saat dibuka ada sedikit penyok. Dan 1 jam saat saya sudah menerima, Ibu *u*i confirm untuk penerimaan pesanan dan saya akan dikirimkan voucher JD.id yang akan dikirim hari ini dan nilainya saya tidak tahu. (Saat menulis ini saya belum terima).

Semoga dari penglaman saya JD.id bisa memperbaiki sistemnya dan bagi agan2 yang ingin membeli di JD.id silahkan research dahulu dan yang paling penting adalah SABAR dan siap2 mental. -Peace-

Diubah oleh doyle_conan13 27-11-2017 09:39
0
9.7K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13.1KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.