Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

habibtoyibAvatar border
TS
habibtoyib
Lurah Sunter Jaya Setuju Pungutan Iuran Kebersihan, asal...
Lurah Sunter Jaya Setuju Pungutan Iuran Kebersihan, asal...

JAKARTA, KOMPAS.com- Lurah Sunter Jaya, Een Hermawan tak mempermasalahkan adanya pungutan iuran kebersihan pada warga RT 02 RW 08 Sunter Jaya, Jakarta Utara. Hal ini diungkapkan setelah surat edaran pengurus RT tersebut yang meminta iuran sebesar Rp 100.000 untuk pengerukan dan pembersihan got menjadi viral di media sosial.

"Sebenarnya tidak ada masalah. Partisipasi masyarakat memang ada di atur dalam Pergub 171 tentang RT RW dan Perda No 5 tahun 2010 tentang Lembaga Musyawarah Kelurahan. Partisipasi masyarakat harus digali," ucap Een saat dihubungi Selasa, (21/11/2017).

Een mengatakan, inisiatif masyarakat ini tidak boleh dipandang negatif. Apalagi dalam kasus ini, kelompok masyarakat tinggal di komplek perumahan yang jarang memiliki waktu untuk bergotong royong.

"Hal ini (pungutan iuran kebersihan) juga tidak jadi masalah, selama diatur secara transparan dan sudah melalui proses musyawarah. Jadi dari warga untuk warga," ucap Een.

Een menyesalkan viralnya surat edaran tersebut dan mengarahkan pada opini negatif. Orang yang menyebarkan surat tersebut juga bukan warga RT 02 RE 08 Sunter Jaya.

"Jadi itu yang menyebarkan tamu di salah satu rumah warga. Ia sedang bermalam, ia dari Makassar, main ke Jakarta, iseng foto, unggah ke media sosial, viral. Ia tidak tahu duduk masalah dimana, orang luar Jakarta juga, main unggah foto, sayang sekali," ucap Een.

Een berharap inisiatif masyarakat ini tidak hilang. Terlebih dalam hal kebersihan, memang perlu dilakukan secara berkala.

"Bagus, ini kan artinya warga peduli. Paling penting transparan dalan pengelolaan dananya karena ini juga permohonan warga," kata Een.

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
astagfirullah, Uda di Iyain Ame WaGaBerNernya, Jadi Harus Di Manfaatin Sebaik-Baiknya Pungli Ini emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh habibtoyib 21-11-2017 06:08
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.1K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.