Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sorrynotsorryAvatar border
TS
sorrynotsorry
Berhenti Mengatai Orang yang Berbeda Pendapat Dengan Kata Bodoh



Baru-baru ini tersebar seruan untuk meng-uninstalsalah satu aplikasi booking perjalanan dikarenakan perbedaan pandangan politik. Ane sendiri secara pribadi tidak mengikuti seruan boykot tersebut, saya sendiri adalah seseorang yang memilih untuk menggunakan suatu produk karena fitur-fitur yang ditawarkan cocok untuk saya. Pandangan politik, agama, dan ras dari pemilik atau petinggi perusahaan penyedia suatu produk bukanlah menjadi salah satu aspek alasan saya memakai suatu produk atau tidak. Terkecuali bila perusahaan terbukti melakukan hal-hal yang sifatnya mendukung gerakan yang tidak manusiawi mungkin akan menjadi sebuah titik balik untuk saya berhenti menggunakan suatu produk.
Dalam kasus aplikasi booking perjalanan ini, banyak pihak yang menyatakan seruan untuk uninstall app dikarenakan kekecewaan akan adanya pemberitaan bahwa salah satu petinggi perusahaan penyedia produk tersebut melakukan sebuah aksi walk out. Dan komentar beberapa netizen menurut pandangan saya kurang bijak dengan menambahkan kata-kata hinaan pada orang-orang yang mengikuti "gerakan" tersebut.
Spoiler for screenshoot komentar netizen::


Penggunaan kata "bodoh" dalam melakukan sebuah argumentasi terhadap pandangan yang berbeda menurut saya adalah sebuah langkah yang kurang bijak untuk dilakukan. Begini alasan saya mengatakan demikian:

Spoiler for Mengatakan orang lain bodoh tidak akan seketika membuat kita menjadi orang yang pintar:


Spoiler for Merusak hubungan baik:


Spoiler for Jangan terlalu fokus terhadap perbedaan:


Spoiler for Kelakuan seperti ini salah satu faktor pendukung berita hoax bertebaran:


Spoiler for Mengatai orang tidak akan mengubah pendapat mereka:


Menurut pendapat Otto Fenichel, salah seorang pakar psikologi terkemuka, kebodohan yang sesungguhnya adalah ketika kita tidak mau mengerti. Dengan mengatakan orang yang berbeda pendapat adalah bodoh artinya kita telah terlalu sombong untuk tidak mau mengerti sudut pandang orang tersebut.

Semoga saja semakin banyak orang yang mau berdiskusi dengan bijak tanpa mengatai orang-orang yang berbeda pandangan ya. Mari saling merangkul bukan justru saling memukul.
emoticon-Cendol Gan



Spoiler for referensi::

0
21.6K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.