virtus07Avatar border
TS
virtus07
Mok Yan Jong atau Boneka Kayu Wing Chun dengan Bahan Baku Kayu Mahoni
Mungkin banyak rekan-rekan pecinta beladiri semua yang sudah sering menggunakan kayu mahoni sebagai bahan baku untuk membuat peralatan latihan.

Berikut ini ulasan tentang kayu mahoni untuk membuat mok yan jong atau dummy Wing Chun versi tim Wingchunsport:
Kayu mahoni adalah salah satu jenis kayu alternatif yang biasa digunakan oleh para pecinta beladiri untuk menyiasati mahalnya harga kayu jati atau kayu sonokeling. Industri permebelan pun sering menggunakan kayu jenis ini pada kondisi yang sama. Kayu mahoni ini berserat halus, cukup baik digunakan untuk membuat furniture atau produk dari kayu lainnya termasuk dalam hal ini untuk membuat mok yan jong atau boneka kayu Wing Chun. Selain itu, kayu mahoni juga mudah diproses seperti dipotong, diserut,dibentuk dan diamplas.

Spoiler for Contoh Proses Pembuatan Boneka Kayu Wingchun Mahoni:


Tetapi, soal kekuatan dan keawetan, secara umum, kualitas kayu mahoni ini tergolong sedang atau berada di bawah kualitas kayu jati dan lebih-lebih kayu sonokeling. Kayu ini rawan terserang rayap atau serangga perusak kayu lainnya. Walaupun bisa disiasati, namun bagian gubal kayu mahoni (bagian tepi atau pinggir kayu) relatif lebih rentan terserang rayap dan keluar bubuk. Selain itu, kayu mahoni juga kurang tahan terhadap pengaruh cuaca dan tanah, jadi sebaiknya kayu ini tidak digunakan untuk membuat produk-produk outdoor yang penempatannya bersentuhan langsung dengan tanah dan cuaca seperti panas dan hujan.

Tetapi beberapa penjelasan di atas merupakan 'tinjauan' secara umum dan global atau secara garis besar. Salah satu yang sering kita lakukan saat membuat sebuah mok yan jong atau wooden dummy berbahan baku kayu mahoni adalah dengan menggunakan kayu mahoni tua atau berumur tertentu. Ini sangat PENTING. "Umur" sebuah pohon mahoni atau pohon apapun juga untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan mok yan jong atau wooden dummy SANGAT berpengaruh pada kualitas wooden dummy itu sendiri. Pohon dengan umur tanam yang lebih tua pada umumnya relatif lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan yang lebih muda.

Berikut ini tips dan trik memilih kayu mahoni untuk membuat sebuah mok yan jong atau boneka kayu Wing Chun berkualitas:

1. Pilih warna permuakaan kayu berwarna putih atau coklat kemerah-merah (atau benar-benar agak merah). Untuk kayu yang masih muda, biasanya warnanya merah muda pucat atau cenderung putih, anda harus hindari kayu yang berwarna demikian sebab mudah terserang rayap atau serangga pemakan kayu lainnya. Jika kayu mahoni ini digunakan untuk membuat mok yan jong atau dummy Wing Chun, maka relatif tidak awet. So... Tim Wingchunsport SANGAT MEREKOMENDASIKAN menggunakan kayu mahoni yang relatif tua untuk membuat sebuah mok yan jong atau wooden dummy (tipe single). Memang harga sedikit lebih mahal, namun Anda tidak akan kecewa dengan kualitasnya. Bahkan Anda tidak perlu kawatir dengan retak-retak yang biasa terjadi pada kayu mahoni jika umur kayu mahoni tersebut mencukupi. Biasanya retak tersebut hanya terjadi untuk bagian luar saja karena proses pengeringan. Sedangakan bagian dalam kayu tersebut tetap aman terkendali. emoticon-Wink

2. Perhatikan kepadatan serat dan pori-pori kayunya, semakin padat berarti semakin baik. Sebab, serat dan pori-pori yang padat akan membuat kayu mahoni tersebut menjadi lebih keras sehingga tidak mudah lepas jika disekrup dan dipaku. Selain itu kayu mahoni yang keras "lebih tahan" terhadap serangan rayap. Hindari kayu yang lunak atau "nggabus" walaupun berwarna merah menyala,sebab kayu mahoni yang demikian sangat mudah lapuk. Lebih baik kayu mahoni agak putih daripada merah menyala namun lunak. Hal ini dipengaruhi oleh lahan tanam kayu mahoni itu sendiri (lahan tanam tidak akan kita bahas kali ini).

3. Hindari kayu yang memiliki banyak gubal (silahkan googling tentang 'apa itu kayu gubal'). Gubal pada kayu apapun sangat tidak awet. Tidak seperti gubal pada kayu jati yang tergolong masih kuat, gubal pada kayu mahoni mudah terserang rayap atau binatang pemakan kayu lainnya. Walaupun larutan pengawet kayu bisa membantu namun hasilnya tidak akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan kayu jati atau kayu sonokeling. Semua kayu pasti ada gubal-nya, namun tim Wingchunsport menyarankan untuk sebaiknya memilih kayu yang minim gubal.

Spoiler for Struktur dalam gubal kayu mahoni:


Nah... 3 hal di atas SANGAT KITA REKOMENDASIKAN jika Anda akan membuat mok yan jong atau dummy Wing Chun dengan menggunakan kayu mahoni. Secara garis besar, untuk kebutuhan indoor atau di dalam ruangan, kayu mahoni saat ini menjadi pilihan paling ekonomis bagi para pecinta beladiri untuk digunakan membuat mok yan jong atau boneka kayu Wing Chun. Namun PERLU DIPERHATIKAN bahwa selain kualitas kayu atau bahan baku, kualitas sebuah mok yan jong atau dummy Wing Chun juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya juga. Anda bisa baca artikel ini ("4 Hal yang Mempengaruhi Kualitas Mok Yan Jong atau Wooden Dummy atau Boneka Kayu Wing Chun") untuk lebih jelasnya.

Demikian... semoga bermanfaat.

Sumber: www.wingchunsport.com
0
4.7K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Martial Arts
Martial ArtsKASKUS Official
637Thread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.