Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yoyolandaAvatar border
TS
yoyolanda
4 Fakta Tentang E-Banking Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
E-Banking atau perbankan elektronik menjadi solusi efektif bagi masyarakat di era digital dalam bertransaksi keuangan. Alih – alih repot ke bank hanya untuk membayar tagihan bulanan, Agan cukup memakai perangkat seluler atau HP dan semua transaksi bisa dilakukan dalam genggaman.

Berikut 4 fakta tentang E-Banking yang mungkin belum Agan-agan ketahui:

ATM bukan hanya tempat untuk mengambil uang
4 Fakta Tentang E-Banking Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Selain untuk tempat tarik tunai, pengguna dapat mengirimkan uang (transfer), membayar tagihan bulanan (listrik, kartu kredit, premi asuransi), bahkan mengecek sisa saldo rekening di bank.

ATM tidak hanya bisa dipakai untuk menarik uang. Bahkan, pada jenis ATM multifungsi, nasabah pengguna bisa melakukan setor tunai langsung tanpa harus capek menunggu antrian panjang hanya demi menabung atau menyetorkan uangnya.

Agar memenuhi layanan maksimal pada para nasabah, sejumlah perbankan di tanah air bekerja sama dengan mendirikan ATM Bersama. Tercatat tak kurang dari 82 bank di Indonesia yang tercakup dalam ATM Bersama.

Ada 3 jenis mesin EDC untuk menggesek kartu uang elektronik
4 Fakta Tentang E-Banking Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Untuk bisa berbelanja tanpa perlu membawa uang tunai. Pengguna uang elektronik perlu menggesek kartu e-Money atau kartu debit dan kartu kredit pada mesin EDC.

Mesin EDC ini bentuknya mirip seperti pesawat telepon, akan tetapi memiliki lajur khusus untuk tempat menggesek atau menempelkan kartu uang elektronik.

Sejumlah perbankan yang menerbitkan mesin EDC menyadari bahwa untuk berbelanja kebutuhan sehari – hari tentu masyarakat tidak mungkin membawa uang jutaan rupiah secara tunai. Maka, untuk membayar barang yang mewah seperti furnitur, mobil atau melunasi biaya rumah sakit, Agan bisa memanfaatkan kartu uang elektronik yang digesek pada mesin EDC.

Saat ini, mesin EDC terdiri dari 3 jenis. Yakni, fixed line yang memakai jaringan telepon Telkom, GPRS power yang bekerja berbasis sinyal perangkat seluler, dan GPRS Mobile,memakai baterai yang bisa diisi ulang.

Punya personal teller di mana saja dan kapan saja dengan internet banking
4 Fakta Tentang E-Banking Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Tidak ada lagi cerita bosan menunggu antrian panjang di depan teller hanya untuk mentransfer uang atau mengecek mutasi. Dengan E-banking Agan seakan memiliki teller pribadi yang siap melayani kebutuhan finansial kapan saja dan di mana saja selama kamu terhubung dengan jaringan internet.

Layanan perbankan dari E-Banking hampir menyerupai layanan konvensional via teller. Seperti transfer uang ke rekening bank lain, membayar tagihan bulanan, menyetor uang depositor, membeli pulsa telepon dan sebagainya.

Tak ada jaringan Internet, manfaatkan SMS Banking untuk bertransaksi perbankan
4 Fakta Tentang E-Banking Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Sesuai namanya, fitur perbankan ini menggunakan SMS atau pesan singkat untuk mengeksekusi perintah transfer dana, membayar pulsa, hingga melihat mutasi 5 transaksi terakhir. Hanya saja, kekurangannya Agan akan dikenakan biaya operator sekitar Rp 300 hingga Rp 550 rupiah per SMS.

Memang perkembangan zaman yang kini sudah masuk ke dunia digital dapat mempermudah kita dalam berbagai hal ya Gan, semoga makin bagus deh kemajuan tekhnologi nya.

emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Request
0
1.5K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.