- Beranda
- The Lounge
[SHARE] Gagal Registrasi Kartu Prabayar
...
TS
vinstar
[SHARE] Gagal Registrasi Kartu Prabayar
Quote:
Quote:
Quote:
Pemerintah melalui Peraturan Menteri Komunikasi Nomor 21 Tahun 2017 mewajibkan seluruh pelanggan operator telepon seluler untuk melakukan registrasi bagi pelanggan baru atau registrasi ulang bagi pelanggan lama mulai tanggal 31 Oktober 2017 hingga terakhir 28 Februari 2018. Untuk registrasi ini cukup menggunakan NIK dan Nomor KK saja, tidak ada data lain yang harus dikirimkan.
Namanya juga registrasi dengan sistem akan mencocokkan data yang pelanggan kirimkan dengan data yang tersimpan di database tidak jarang banyak yang mendapat pesan error, seperti yang pernah TS alami, ketika melakukan registrasi ulang dengan format yang telah ditentukan, justru mendapat balasan "Maaf, data NO_KK yang Anda masukkan salah. Mohon cek data diri Anda & lakukan kembali proses registrasi". Setelah TS berkunjung ke Twitterland, ternyata banyak juga yang mengalami kendala yang sama.
Dokumentasi pribadi
TS berpikir, kalo begini musti berurusan dan berkunjung ke Disdukcapil nih. Tapi karena sekarang eranya media sosial, hal yang pertama TS lakuin adalah mencari akun resmi dari Disdukcapil kota TS tinggal, ngga nemu, eh malah ada punya pusat Dirjen Dukcapil Kemendagri @DukcapilKDN. TS baca-baca linimasanya, apakah balasannya responsif seperti akun layanan pelanggan operator seluler menjawab pertanyaan random dari netizen? Ternyata tidak
Wait.. apa langsung dibales via Direct Messages? Entahlah karena TS belum mencobanya
Scroll linimasanya ke bawah teruus..
Dan akhirnya nemu call center dari Dirjen Dukcapil Kemendagri ini
TS coba kroscek lagi dan akhirnya nemu artikel "Halo Dukcapil" Layanan Call Center Ditjen Dukcapil Kemendagridi web-nya Ditjen Dukcapil Kemendagri.
Setelah nemu nocannya, TS coba japri, tapi via email. Buat menuh-menuhin inbox aja, baru buat soalnya
TS kirim email pagi, eh tapi dibalesnya keesokan harinya. dan balesannya bukan berupa jawaban, tapi malah dikasih tau ngirim emailnya harus dengan format tertentu. Oke kirim email lagi yang sesuai format
Sebelumnya TS sudah menduga ada kemungkinan hasil dari registrasi TS ini bakal terkendala, karena beberapa tahun lalu TS terdeksi double record E-KTP karena rekam data 2 kali di lain daerah. Tapi itu semua udah TS selesaikan, hingga akhirnya bisa terbit E-KTP dengan alamatnya udah berubah . Jadi harusnya sih ga ada kendala lagi, tapi TS udah ga heran juga kalo bakal ada kendala .
Dokumentasi pribadi
Akhirnya dibales oleh call centre dan dinyatakan NIK TS terdaftar di No. KK yang berbeda, tapi katanya mau dicek lebih lanjut jadi tinggal ditunggu aja instruksi berikutnya.
Sehari kemudian di-email lagi dan dinyatakan data telah di-update. TS langsung SMS ke 4444 untuk melakukan registrasi ulang..
Dokumentasi pribadi
Taraaaa.... akhirnya dapet balesan "Selamat, proses registrasi ulang kartu kartu prabayar Anda telah berhasil..." encet
Dokumentasi pribadi
Namanya juga registrasi dengan sistem akan mencocokkan data yang pelanggan kirimkan dengan data yang tersimpan di database tidak jarang banyak yang mendapat pesan error, seperti yang pernah TS alami, ketika melakukan registrasi ulang dengan format yang telah ditentukan, justru mendapat balasan "Maaf, data NO_KK yang Anda masukkan salah. Mohon cek data diri Anda & lakukan kembali proses registrasi". Setelah TS berkunjung ke Twitterland, ternyata banyak juga yang mengalami kendala yang sama.
Spoiler for Data salah:
Quote:
Dokumentasi pribadi
Spoiler for Twitterland:
Quote:
TS berpikir, kalo begini musti berurusan dan berkunjung ke Disdukcapil nih. Tapi karena sekarang eranya media sosial, hal yang pertama TS lakuin adalah mencari akun resmi dari Disdukcapil kota TS tinggal, ngga nemu, eh malah ada punya pusat Dirjen Dukcapil Kemendagri @DukcapilKDN. TS baca-baca linimasanya, apakah balasannya responsif seperti akun layanan pelanggan operator seluler menjawab pertanyaan random dari netizen? Ternyata tidak
Wait.. apa langsung dibales via Direct Messages? Entahlah karena TS belum mencobanya
Scroll linimasanya ke bawah teruus..
Dan akhirnya nemu call center dari Dirjen Dukcapil Kemendagri ini
Spoiler for Call Center:
Quote:
TS coba kroscek lagi dan akhirnya nemu artikel "Halo Dukcapil" Layanan Call Center Ditjen Dukcapil Kemendagridi web-nya Ditjen Dukcapil Kemendagri.
Setelah nemu nocannya, TS coba japri, tapi via email. Buat menuh-menuhin inbox aja, baru buat soalnya
TS kirim email pagi, eh tapi dibalesnya keesokan harinya. dan balesannya bukan berupa jawaban, tapi malah dikasih tau ngirim emailnya harus dengan format tertentu. Oke kirim email lagi yang sesuai format
Spoiler for Format isi email:
Code:
# NIK
# Nama_Lengkap
# Nomor_Kartu_Keluarga
# Nomor_Telp
# Keluhan
Sebelumnya TS sudah menduga ada kemungkinan hasil dari registrasi TS ini bakal terkendala, karena beberapa tahun lalu TS terdeksi double record E-KTP karena rekam data 2 kali di lain daerah. Tapi itu semua udah TS selesaikan, hingga akhirnya bisa terbit E-KTP dengan alamatnya udah berubah . Jadi harusnya sih ga ada kendala lagi, tapi TS udah ga heran juga kalo bakal ada kendala .
Spoiler for Email balesan:
Quote:
Dokumentasi pribadi
Akhirnya dibales oleh call centre dan dinyatakan NIK TS terdaftar di No. KK yang berbeda, tapi katanya mau dicek lebih lanjut jadi tinggal ditunggu aja instruksi berikutnya.
Sehari kemudian di-email lagi dan dinyatakan data telah di-update. TS langsung SMS ke 4444 untuk melakukan registrasi ulang..
Spoiler for Data update:
Quote:
Dokumentasi pribadi
Taraaaa.... akhirnya dapet balesan "Selamat, proses registrasi ulang kartu kartu prabayar Anda telah berhasil..." encet
Spoiler for Berhasil:
Quote:
Dokumentasi pribadi
Referensi
Quote:
Quote:
0
35.6K
Kutip
127
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.3KThread•91.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya