tommyaginAvatar border
TS
tommyagin
Kapan Panas Bisa Dimanfaatkan Seluruhnya?
Sebelumnya, sebagai pembukaan, ijinkan saya membahas sebentar tentang sesuatu yang mendasar tentang konsep energi.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, setiap benda/makhluk memiliki energi. Dimana energi ini tersimpan dan digunakan dalam bentuk yang bermacam-macam. Kalau dikaitkan dengan termodinamika, maka, selama suatu benda/sistem memiliki suhu diatas 0 derajat Kelvin dan lingkungannya juga memiliki suhu diatas 0 derajat Kelvin (yang mana bila terdapat perbedaan suhu antara suatu benda/sistem dan lingkungan maka akan terjadi perpindahan kalor), maka akan selalu ada energi didalamnya. Entah dalam wujud potensial, kinetik, kimia, dsb. Dalam pembahasan lebih lanjut, bisa dikatakan energi ini terkait dengan pergerakan elektron dan interaksinya dengan partikel lain.

Mungkin diantara kita sudah ada yang menelaah tentang konsep superkonduktor (elektrik), yaitu yang bisa mentransfer arus listrik dari suatu titik ke titik lain tanpa kehilangan/bocor. Tapi sejauh yang saya pahami, konsep ini masih berlaku untuk suhu yang sangat dingin dan tentu saja, energi yang bocor itu masih ada dalam bentuk kalor.

Saya penasaran dengan sesuatu, mengapa kalor ini selalu mencari celah untuk bocor? Adakah "jalur" yang sangat disukai oleh kalor sehingga bahkan energi potensial listrik pun memilih berubah menjadi kalor dan meloloskan diri dari "jalur" yang seharusnya?
Kadang bahkan saya berpikir, bila bentuk kalor/panas ini adalah bentuk kebocoran yang sangat lazim dan hampir tidak mungkin untuk dihindari, apakah tidak mungkin pula kita menciptakan "jalur kembali" untuk mengembalikannya menuju sumber energi dalam bentuk potensial?
Kapan kalor ini bisa dimanfaatkan seluruhnya, tanpa perlu bocor (berhubung saya penasaran dengan "jalur" yang kira2 disukai oleh kalor)

Mohon maaf bila dalam pemilihan kata saya tidak baik, saya berusaha menyampaikannya dgn sederhana spy bisa dipahami bersama.
Terimakasih ...

(nb: kalau ada yang punya data terkait, boleh dicantumkan. Saya suka membaca kok )
Diubah oleh tommyagin 07-11-2017 06:36
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.