Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karikai04Avatar border
TS
karikai04
Pengamat Mengingatkan Anies-Sandi Soal Program OK Otrip
Quote:



TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi Deddy Herlambang menilai program One Karcis One Trip atau OK Otrip yang akan diluncurkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ( Anies-Sandi ) sangat membantu pengguna transportasi umum. Namun dia mengingatkan pemerintah untuk mempersiapkan pengintegrasian moda transportasi yang akan dilibatkan. "Semua Kopaja, angkot, dan metro mini itu harus berbadan hukum terlebih dahulu," kata Deddy, Selasa malam, 7 November 2017.

Pada masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, program pengintegrasian hanya melibatkan Transjakarta dengan satu layanan transportasi, yaitu angkot KWK. Sedangkan pada program OK Otrip, selain KWK, pengintegrasian Transjakarta juga melibatkan Kopaja dan Metro Mini.

Pengintegrasian empat moda transporitasi itu, kata Deddy, perlu diatur sistem pembayaran, integrasi infrastruktur, integrasi jadwal, dan integrasi informasi dan teknologi (IT). "Yang pertama, e-payment antarmoda seharusnya telah diizinkan oleh OJK," kata dia.

Deddy juga berpendapat, infrastruktur yang diseduakan harus memudahkan penumpang untuk berpindah moda. “Tidak terlalu jauh dan terlindungi dari hujan dan terik matahari,” katanya. "Pemerintah harus menyiapkan jadwal antarmoda tersambung dan tidak ada jeda waktu yang lama."

Selain itu pemerintah juga harus menyediakan aplikasi untuk memantau waktu kedatangan dan keberangkatan antarmoda. "Sekaligus aplikasi yang mampu memantau posisi kendaraan atau kereta supaya integrasi ini mempercepat perjalanan," kata dia.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Dinas Perhubungan dan Transjakarta telah meminta persetujuan gubernur untuk meluncurkan program OK Otrip dalam 1-2 pekan mendatang. Program itu bertujuan mengurangi biaya transportasi bagi masyarakat dengan konsep satu karcis untuk semua perjalanan. Harga yang diusulkan sebesar Rp 5 ribu untuk sekali perjalanan.

OK Otrip merupakan program yang diusung Anies-Sandi pada masa kampanye. Dilansir dari situs kampanye Jakartamajubersama.com, OK Otrip dijadikan nama sistem transportasi yang mengintegrasikan bus Transjakarta, angkot, dan bus feeder.

Quote:


yang sabar toh, programnya pan baru masuk APBD 2018, masih 2017 cuy emoticon-Leh Uga
tapi sarannya bagus juga thu, emoticon-2 Jempol
0
4.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.