Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Perusahaan Tambang PMA Diimbau untuk Melantai di Bursa Efek Indonesia
Perusahaan Tambang PMA Diimbau untuk Melantai di Bursa Efek Indonesia

Jakarta – Agar bursa efek Indonesia lebih menarik dan besar, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendorong agar perusahaan tambang yang masih berstatus penanaman modal asing (PMA) untuk melantai di Bursa Efek Indonesia.

Selain itu, tentunya juga agar lebih mudah mengontrol transparansi dan perpajakannya. Jonan mengungkapkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta agar perusahaan yang bergerak di sektor energi dan sumber daya mineral lebih aktif dan transparan dalam perpajakan.

Pasalnya, menurut catatan Sri Mulyani, sektor energi dan sumber daya mineral merupakan sektor yang besar yang diharapkan lebih transparan. Menurutnya pendapatan perusahaan yang bergerak di sektor itu sangat besar.

Sektor pertambangan umum seperti batubara dan mineral misalnya, berkontribusi sekitar Rp240 triliun dengan asumsi harga rata-rata batu bara US$60 per ton untuk kualitas 6.300 kilokalori per kilogram (kkal/kg). Menurut Jonan, perusahaan pertambangan besar seperti PT Aneka Tambang Tbk. dan PT Adaro Energy Tbk. berkontribusi sekitar Rp240 triliun.

Dengan demikian, total industri energi dan sumber daya mineral berkontribusi sekitar lebih dari Rp2.000 triliun atau hampir mewakili 17% hingga 18% produk domestik bruto (PDB) nasional. Namun, lanjut Jonan, jika dilihat dari sekitar 600 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, tidak banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut masuk dalam daftar itu. Kecuali, imbuhnya, perusahaan yang sudah masuk menjadi perusahaan Indonesia, sedangkan perusahaan yang dikelola badan usaha asing tidak listing di Bursa efek Indonesia.

“Maka di kemudian hari mereka harus punya program untuk listing di Bursa Efek Indonesia, sehingga Bursa Efek Indonesia menjadi lebih menarik dan lebih besar,” katanya di Bursa Efek Indonesia, Selasa (7/11/2017). (Selengkapnya)
0
1K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.