Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

didierrosanAvatar border
TS
didierrosan
Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau
Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Tertawa atau mengernyit. Mungkin itulah reaksi orang-orang ketika membaca judul-judul berita koran Lampu Hijau, media cetak yang fokus pada berita kriminal.
Judul-judulnya yang "atraktif" dan "meliuk-liuk" membuat media massa yang berdiri sejak 2001 itu tetap eksis hingga kini.
Salah satu sosok di balik Lampu Hijau ialah sang pemimpin redaksi, Syahroni. Lelaki berambut panjang sebahu itu menceritakan kisah di balik pembuatan judul-judul berita Lampu Hijau yang kerap dianggap sensasional dan bombastis.
Roni, sapaan akrab Syahroni, mengatakan bahwa sejak berdiri, Lampu Hijau telah menyasar pasar pembaca kalangan menengah ke bawah. Target pasar tersebut lantas menentukan gaya penjudulan berita.
“Karena pasar kami menengah ke bawah, kami pakai bahasa yang mudah dicerna sama mereka. Kami menampilkan judul-judul yang atraktif biar orang tertarik baca,” kata Roni.

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Lulusan Sastra Inggris Universitas Gunadarma itu mengatakan bahwa korannya terbiasa mendapat berbagai macam respons dari pembaca.
Judul dan isi berita yang dimuat Lampu Hijau memang kerap menjadi pro-kontra. Gaya bahasanya yang “khas” sering memancing berbagai tanggapan. Ada tanggapan positif, tidak sedikit pula tanggapan negatif.
“Kalau masalah nyinyir mah kami udah kebal. Cuma kami menanggapinya positif, berarti kan ada yang baca koran kami,” kata Roni saat berbincang dengan kumparan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (8/2).
Lampu Hijau, menurut Roni, terus berupaya berinstrospeksi dan memperbaiki diri.
“Kalaupun bahasa koran kami dinilai ‘jorok’, kami ganti dengan kata-kata bahasa yang lebih lucu, yang dimengerti anak-anak sekarang,” ucap Roni.
Lampu Hijau yang sebelumnya bernama Lampu Merah didirikan oleh Direksi Group Rakyat Merdeka sejak 26 November 2001. Lampu Merah berubah nama menjadi Lampu Hijau sejak 20 Oktober 2008.
Pada pengantar edisi perdana Lampu Hijau tertulis bahwa mereka ingin mengubah citranya menjadi koran yang lebih “teduh” sesuai dengan filosofi warna hijau yang kini dipakai.
Hingga kini, Lampu Hijau masih fokus pada pemberitaan kriminal. Namun belakangan, ujar Roni, mereka lebih menonjolkan pemberitaan kriminal yang memiliki sisi human interest.
“Misalnya kekerasan dalam rumah tangga yang sering terjadi di kalangan menengah ke bawah dan jarang diungkap oleh media-media lain,” ujar lelaki yang bergabung dengan redaksi Lampu Hijau sejak 2004.

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Terlepas dari julukan koran kuning --surat kabar yang kerap membuat berita sensasi-- yang diterima medianya, Roni mengatakan penjualan Lampu Hijau justru cenderung naik dari tahun ke tahun.
Januari 2017, oplah Lampu Hijau bisa mencapai 40.000 eksemplar per hari. Jumlah itu menunjukkan Lampu Hijau sanggup bertahan di saat banyak media cetak lain sudah gulung tikar.

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Dilansir berbagai sumber, berikut ini ada beberapa Judul Koran Lampu hijau Paling Lucu emoticon-Wkwkwk

1. Digebuk Sampai bodoh

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Sungguh, kalau surat kabar biasa mungkin akan menulis judul 'Seorang Pria Dipukuli Warga Karena Mondar-Mandir' dan itu sudah cukup membuat beberapa orang ingin membaca beritanya kenapa mondar-mandir bisa dipukuli warga? Tapi Lampu hijau menulis dengan lebih bombastis. 'Cowok Geblek Mondar-Mandir di Rumah Orang. Ditanya Baik-Baik Malah Ngajak Berantem. Digebukin Ampe bodoh' Judul atau paragraf ya?

2. rudapaksaan Dibuat Humor

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Kasus rudapaksaan memang selalu menjadi kerugian bagi korban. Karena rudapaksaan terjadi atas dasar paksaan dan membuat masa depan seseorang menjadi taruhannya. Kasus yang seharusnya mendapat simpati ini malah dibuat judul yang berima seperti membuat pantun. Bagaimana perasaan si korban yang membaca judul ini ya? Mungkin ingin membuat suasana lebih menyenangkan.

3. Meniru Vicky Prasetyo

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Aksi Vicky Prasetyo memang amat sangat menghebohkan di tahun 2013 lalu. Bagaimana Vicky terkenal dengan logat bahasa Inggris grammar hancur yang menjadi trend publik. Trend Vicky bahkan membuat Lampu Hijau (nama baru Lampu Merah) menjadikannya sebagai judul yang harusnya berjudul 'Fahrul Pemuda 18 Tahun Dari Galur Dijebloskan ke Penjara Polsek Johar Karena Menjambret Gadis Manis

4. Galau Disuruh Bunuh Diri

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Beberapa orang menilai bahwa judul berita ini cukup mencengangkan lantaran seperti anjuran untuk bunuh diri. Ya, Lampu Hijau menulis sebuah judul yang harusnya 'Pemuda Nekat Gantung Diri Dengan Sarung' menjadi layaknya kalimat ajakan yang berarti daripada hidup galau mending pilih mati bunuh diri .

5. Anak Kecil Tak Boleh Baca

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Karena cenderung memakai susunan kalimat yang tidak baku dan cenderung tak sopan seenaknya sendiri, kamu akan menemukan banyak kata lokal dalam koran Lampu Merah atau Lampu Hijau yang sengaja mencetaknya dalam warna merah agar semua orang membacanya. Seperti ini, alih-alih ditulis payudara wanita, mereka malah menulis kata lain yang sepertinya anak-anak akan bingung dan bertanya.

7. Kisah Cinta Tragis

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Baiklah, judul berita ini sungguh sangat miris. Bagaimana Lampu hijau ingin menceritakan fenomena anak alay yang memilih mengakhiri hidupnya berulang kali dengan bunuh diri karena patah cinta. Lebih mengejutkan lagi, bahwa pacar si korban yang berusaha bunuh diri ini satu jenis kelamin dengan dirinya. Dengan demikian maka berarti si korban dan kekasih yang ditinggal mati itu besar kemungkinan menderita homoseksual. Waduh, harus bagaimana ya berkomentar?

8 Makai Kondom di “Kepala” yang Salah

Di Balik Judul 'Atraktif' Lampu Hijau

Nah, itulah judul Judul Koran Lampu Hijau Paling Lucu semoga bisa menghibur anda

Sumber nya dari sini dan sini Gan. emoticon-Shakehand2
devaz48
devaz48 memberi reputasi
1
9.6K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.