Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karetkakapAvatar border
TS
karetkakap
Mandiri dan BNI Tak Bekerja Sama dengan Bitcoin
JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menegaskan tidak terlibat kerja sama dengan penyedia situs Bitcoin terkait penyediaan jasa pembayaran, meski nama kedua bank tersebut sempat tercantum dalam situs bitcoin.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengungkapkan, tercantumnya nama Bank Mandiri sebagai penyedia layanan transaksi tersebut kemungkinan karena pemilik situs memiliki akun di Bank Mandiri.

"Jadi itu rekening personal, bukan karena kami bekerja sama," ujar Rohan di Jakarta, Selasa (24/10).

Sementara itu, Direktur BNI Anggoro Eko Cahyo menjelaskan, Bitcoin di Indonesia bukan sebagai alat pembayaran dan mata uang untuk transaksi yang sah seperti yang diatur Bank Indonesia (BI). Penggunaan dan kepemilikan Bitcoin merupakan tanggung jawab pribadi tiap penggunanya.

Dalam hal ini, BNI tidak memiliki hubungan kerja sama dengan Bitcoin serta tidak menyediakan dan menggunakan Bitcoin untuk transaksi.

"Namun, bisa jadi pembelian Bitcoin kepada perorangan atau pihak tertentu transfer uang rupiahnya melalui channel BNI," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo menegaskan, pihaknya tidak mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi di Indonesia. "Jadi semua masyarakat harus tahu jangan menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran, karena artinya itu ada risiko," ujar dia.

Sedangkan bagi masyarakat yang mempelajarinya, dia meminta untuk tidak menggunakannya. Apabila diketahui ada praktik penggunaan, BI akan menindak dengan tegas. "Saya tidak ingin terjadi pelanggaran di Indonesia ketika BI sudah menegaskan Bitcoin bukan alat pembayaran yang sah," tegas Agus.

Di dalam situs Bitcoin Indonesia (bitcoin), tertera beberapa nama bank besar sebagai media pencairan bitcoin menjadi uang tunai. Beberapa nama bank besar tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

http://id.beritasatu.com/home/mandir...bitcoin/167211

Ingat ya, tidak bekerja sama!





Diubah oleh karetkakap 02-11-2017 10:11
0
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.