• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Saatnya Menerapkan Tips Ini untuk Mendapatkan Liburan yang Hemat Bahkan Gratis

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Saatnya Menerapkan Tips Ini untuk Mendapatkan Liburan yang Hemat Bahkan Gratis
Perjalanan wisata telah menjadi salah satu hal yang disukai oleh banyak orang. Ya, tentu saja semua orang akan sangat berminat untuk berkorban lebih demi mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Nah, kamu tidak perlu pergi jalan-jalan ke tempat yang mahal karena pada dasarnya jalan-jalan itu bertujuan untuk merefresh kembali otak dan pikiran agar menjadi tenang. Walaupun kamu memiliki anggaran yang tergolong minim, hal ini tentu bukan menjadi halanganmu dalam pergi wisata asal kamu pintar mengelola keuanganmu.

Akan terdapat banyak hal tidak terduga yang akan kamu temui selama perjalanan, untuk itu penting bagimu agar kamu dapat berhati-hati dari pengeluaran yang tidak terduga. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam saatnya menerapkan tips ini untuk mendapatkan liburan yang hemat bahkan gratis.


TIPS REFERENSI CARA UNTUK MENDAPATKAN LIBURAN HEMAT

1. Mendaftarkan Beasiswa yang Meliputi Traveling


Jika kamu masih berstatus sebagai mahasiswa, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan beasiswa. Kamu juga dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program pertukaran pelajar yang memungkinkanmu untuk mendapatkan perjalanan secara gratis.

Nah, jika kamu kuliah di jurusan studi internasional tentu saja hal ini akan semakin mempermudahmu. Namun, saat ini kesempatan yang sama juga dimiliki oleh berbagai bidang kuliah sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar beasiswa atau pertukaran pelajar.

Beberapa program memang mengharuskanmu untuk membayar sebagian biaya pertukaran pelajar, namun jika catatan akademismu sudah bagus hal ini tentu akan semakin menambah nilai positif bagimu. Kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa dan melakukan perjalanan di sister university yang bekerja sama dengan universitasmu.


2. Mengikuti Kontes atau Undian


Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mengikuti kontes atau undian. Jika kamu memiliki keahlian khusus seperti fotografi, melukis, desain grafis hingga menulis, kamu tentu akan berkesempatan untuk mengembangkan keahlianmu ini dan mendaftarkannya di kontes atau undian tertentu yang berhadiah kegiatan wisata.

Kamu dapat mencoba untuk memanfaatkan keahlianmu tersebut dan mendaftarkan diri untuk mengikuti kontes yang diselenggarakan oleh perusahaan penerbangan, jalur pelayaran, resor, organisasi pariwisata, atau perusahaan petualangan.

Bahkan kamu juga dapat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kontes traveling yang diadakan oleh perusahaan lain yang tidak berkecimpung di bidang traveling.

Yang harus kamu perhatikan sebelum kamu mengikuti kontes atau undian tersebut adalah sebaiknya kamu membaca baik-baik syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak panitia. Ada kontes atau undian yang membayar biaya perjalanan secara keseluruhan, namun ada juga yang hanya membayar sebagian.



TIPS CARA BERPERGIAN HEMAT BAHKAN GRATIS

1. Berbagi Kendaraan atau Rideshare

Berbagi Kendaraan atau Rideshare via http://photos2.meetupstatic.com/phot...295151252.jpeg

Salah satu cara yang dapat kamu tempuh agar kamu dapat berpergian secara gratis adalah berbagi kendaraan dengan orang lain atau rideshare. Terdapat banyak website yang menawarkan fitur yang akan memudahkanmu berbagi kendaraan dengan orang lain, seperti craigslist, rideshare, dan lain-lain.

Di website tersebut, kamu dapat menemukan banyak orang memposting rencana perjalanan mereka. Nah, kamu dapat langsung menghubungi mereka dan mengajukan diri untuk turut serta membantu perjalanan mereka seperti mengemudikan mobil, menjadi penunjuk arah (jika kamu memiliki fasilitas GPS dan navigasi yang baik) atau menjadi teman bicara selama perjalanan agar perjalanan tidak menjadi membosankan.

Pikirkanlah cara-cara yang dapat kamu perbuat agar kamu dapat turut serta dalam rencana perjalanan mereka. Dengan demikian, kamu tentu akan dapat menghemat biaya perjalananmu.


2. Berpergian dengan Sepeda


Jika destinasi wisata tujuanmu tergolong dekat dan tidak begitu jauh, kamu dapat memilih alat transportasi berupa sepeda. Berpergian dengan sepeda tentu dapat menghemat biaya pengeluaranmu dan dapat menyehatkan badanmu.

Namun, sebagai rekomendasi sebaiknya kamu berpergian dalam kelompok yang kecil. Hal ini baik karena tentu hal ini akan terasa lebih nyaman serta aman.

Persiapkanlah mentalmu untuk menempuh perjalanan yang sedikit (atau banyak) lebih lama daripada biasanya. Selain itu, bawa pula bekal makanan serta minuman air putih karena kamu tentu akan mengeluarkan tenaga yang cukup besar selama bersepeda.

Selain itu, sebaiknya kamu bersepeda pada waktu siang hari untuk alasan keamanan. Pastikan pula kamu memanfaatkan rute sepeda yang tersedia pada fasilitas Google Maps. Dengan demikian, kamu dapat memperkirakan banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai destinasi wisata tujuanmu dari destinasi awal perjalananmu.


3. Memilih Angkutan Umum Ketimbang Taksi


Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya yang paling banyak dikeluarkan selama melakukan perjalanan wisata adalah transportasi. Kebanyakan kesalahan orang terletak pada persiapan yang kurang matang sehingga mengharuskan mereka untuk mengeluarkan biaya lebih sewaktu sedang dalam perjalanan.

Nah, sebelum berangkat pastikan kamu telah mengetahui kondisi detail transportasi di destinasi wisata tujuanmu. Dengan demikian, kamu dapat langsung menggunakan transportasi umum yang berguna untuk menghemat biaya pengeluaranmu.

Hindarilah menggunakan taksi karena biaya yang kamu keluarkan untuk mengeluarkan taksi tentu akan sangat mahal. Cobalah untuk lebih mengenal transportasi umum di sana dan memilih untuk menggunakan angkutan umum tersebut.


4. Memilih Jalan Kaki Agar Hemat dan Sehat


Kamu dapat lebih menghemat biaya pengeluaran wisatamu dengan mengunjungi tempat-tempat yang terletak tidak begitu berjauhan satu sama lainnya. Sebagai contoh, kamu dapat memilih untuk menginap di daerah Kota Tua Jakarta atau Kota Lama Semarang.

Nah, dengan demikian kamu tidak membutuhkan kendaraan untuk berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lainnya selama berada di tempat tersebut. Kamu dapat memilih untuk berjalan kaki dan tentu saja hal ini dapat lebih menyehatkan.

Dengan berjalan kaki kamu juga dapat merasa lebih puas dalam menikmati suasana yang ditawarkan oleh destinasi wisata tujuanmu tersebut. Tentunya, hal ini menambah nilai positif bagi perjalananmu, bukan?


5. Hunting Tiket Pesawat
Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat melakukan hunting terhadap tiket pesawat. Nah, cobalah untuk melakukan hunting terlebih dahulu guna mendapatkan harga tiket pesawat yang terbaik.

Kamu dapat melakukan hunting dari jauh hari guna mendapatkan harga yang terbaik. Namun, cobalah juga untuk melakukan hunting tiket pesawat ketika mendekati hari H. Kamu mungkin akan mendapatkan harga tiket pesawat yang fluktuatif, namun jangan menyerah sampai kamu mendapatkan harga yang terbaik.

Selain itu, cobalah untuk selalu mencatat biaya tiket pesawat yang harus kamu keluarkan. Pilihlah beberapa jam penerbangan yang paling mungkin sehingga kamu pada akhirnya dapat mengetahui tiket pesawat yang paling cocok denganmu.


SUMBER

0
6.6K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.