Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raiahAvatar border
TS
raiah
7 Cara Berperilaku Sopan Ketika Sedang Berada di Jepang
Mengunjungi tempat baru saat travelling memang gak pernah gagal bikin hati deg-degan karena antusiasnya. Tapi jangan terlalu antusias sampai lupa diri ya Gan. Terutama lupa terhadap aturan-aturan yang berlaku di tempat hendak Agan tuju. Gak mau dong dibilang turis yang gak sopan dan gak tau aturan? Itu sebabnya gak ada salahnya buat cari tau terlebih dahulu kebudayaan dan aturan-aturan yang belaku di tempat tersebut Gan.

Misalnya ketika Agan ingin berpergian ke Jepang, coba deh perhatikan beberapa aturan serta kebiasaan orang Jepang di sana. Warga Jepang dikenal dengan sopan santunnya dalam berperilaku. Dengan mengenal kebiasaan mereka, Agan jadi bisa membaur dan bersikap sama sopannya seperti warga Jepang dan gak bakal dibilang gak sopan ketika berkunjung ke sana kan. Nih ane kasih bebrapa cara dan kebiasaan sopan yang biasa dilakukan orang Jepang yang bisa Agan perhatikan saat berpergian ke sana.


Gunakan tanganmu untuk menunjuk



Jika di sini Agan terbiasa menggunakan jari telunjuk untuk menunjukkan arah, tempat atau orang, maka sebaiknya jangan lakukan kebiasaan ini ketika Agan stay di Jepang Gan. Orang Jepang biasanya lebih memilih menggunakan keseluruhan tangan mereka untuk menunjuk tempat, arah ataupun orang. Tapi ketika hendak menunjukkan "saya", biasanya orang Jepang akan menunjuk ke hidung mereka untuk mengartikan "saya", bukan ke arah dada seperti yang lumrah orang Indonesia lakukan.

Jangan berisik di kereta



Kalau biasanya Agan terbiasa haha hihi ngakak sana sini sama teman se-geng ketika naik KRL, maka jangan lakukan hal ini ketika sedang naik kereta di Jepang sana ya Gan. Berbicara dengan suara keras di Jepang dianggap tidak sopan. Kebanyakan orang Jepang memilih untuk membaca, atau beristrahat di dalam kereta. Kalau Agan harus mengangkat telepon di kereta Jepang, juga sebaiknya mengangkatnya di gerbong atau tempat yang sudah disediakan untuk itu. Beberapa kereta sudah menyediakan gerbong khusus untuk penumpang yang mau menelepon.

Jangan bersihkan hidung di depan umum




Lagi flu? Sentrap sentrup meler gak berhenti-henti saat berkunjung ke Jepang? Jangan langsung ambil tissue dan membuang ingus di depan umum ya Gan. Tindakan Agan ini bakal terlihat kotor. Lebih baik, pergilah ke toilet atau tempat yang sepi sebelum membersihkan hidung agan ini.

Mandi sebelum masuk ke onsen




Jika Agan datang ke Jepang dan ingin merasakan sensasi pemandian air panas maupun pemandian umum, jangan lupa untuk membersihkan kepala sampai ujung kaki dulu dengan sabun alias mandi sebelum masuk dan berendam di onsen ya Gan. Masuk ke kolam onsen tanpa membersihkan diri sebelumnya dianggap kotor dan gak sopan. Biasanya onsen dan pemandiam umum lainnya menyediakan area terpisah untuk mandi sebelum masuk ke kolam untuk berendam .

Gunakan kaus kaki di atas tatami



Lantai tenun tradisional Jepang yang dikenal dengan tatami sering agan temui di beberaa penginapan, kedai teh ataupun restoran bergaya jepang tradisional. Jika Agan berkunjung ke tempat berlantai tatami seperti ini jangan lupa untuk melepas sendal agan dan berjalanlah dengan tetap mengenakan kaus kaki Agan.

Lipatlah Oshibori setelah digunakan




Ketika Agan mengunjungi restoran di Jepang mungkin agan akan menemukan Oshibori, handuk panas yang biasanya digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan. Mungkin agan akan tergoda untuk memainkan handuk ini sepanjang waktu makan. Tapi biar agan tetap dianggap sopan, lebih baik lipatlah oshibori setelah agan menggunakannya dan letakkan kembali di piringan tempat oshibori diletakan.

Jangan makan sambil berjalan


Ke Jepang gak nikmat kalau gak nyicipin berbagai street foods khas Jepang yang ada di pinggiran jalan. Tapi ingat Gan. Jangan makan jajanan tersebut sambil berjalan. Makan sambil berjalan dianggap ceroboh Gan. Jadi daripada dilihatin warga lokal di sana saat agan lagi asik nyemil sambil jalan, mending menepilah atau carilah tempat duduk untuk berhenti sejenak menikmati makanan dan minuman agan.


Intinya sih Gan, liburan di negara asing jangan sampai bikin agan lupa norma norma kesopanan yang berlaku di tempat tersebut. Jangan sampai justru agan di cap sebagai turis yang gak tau sopan santun saat tengah berlibur ya!

emoticon-Jempol


sumber
0
23.1K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.