bdigojxAvatar border
TS
bdigojx
Perbandingan Antara Sejarah Indonesia Dan Dunia
Sebuah bangsa/negara akan terbentuk dan berkembang melalui proses peradaban yang memakan waktu yang cukup panjang hingga akhirnya diharapkan nantinya menjadikan bangsa/negara tersebut menjadi sebuah bangsa/negara yang maju, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan, serta IPTEK. Peradaban pulalah yang pada akhirnya akan membentuk karakter dari satu negara/bangsa tersebut. Dunia telah mencatat sejarah peradaban awal manusia telah ada mulai sejak zaman Mesopotamia, Mesir kuno, Maya, atau Peru yang sekarang kita sebut sebagai peradaban kuno dan sejak saat itu peradaban telah menyebar keseluruh penjuru dunia dengan berbagai cara seperti perdagangan, kolonisasi, invasi, penyebaran agama, ataupun tulisan-tulisan literasi hingga akhirnya dunia mengenal suatu peradaban modern. Di peradaban modern sendiri, sejarah peradaban manusia kebanyakan berkembang kearah suatu bentuk birokrasi politik yang lebih populer yang disebut negara. Biasanya semakin tua peradaban negara tersebut, maka semakin maju juga wawasan pemikiran dan pengetahuan rakyatnya. Sebelum kita lanjutkan, perlu kita pahami bahwa negara Indonesia tergolong masih negara muda mengingat usianya yang masih 72 tahun (Agustus 2017) sehingga perbandingan sejarah Indonesia terhadap negara-negara lain berikut ini tidak berarti apa-apa selain sekedar informasi untuk membantu memberikan pemahaman dan alasan-alasan mengenai seberapa jauh sudah pencapaian perkembangan peradaban negara kita.

Tahun 1636, adalah tahun berdirinya Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat

Bagi para akademisi diseluruh dunia pasti sudah mengetahui kalau Harvard adalah salah satu Universitas tertua dan terbaik di dunia yang juga telah berhasil menghasilkan orang-orang dan pemikiran-pemikiran terbaik untuk peradaban dunia.
Pada masa ini, kita bisa melihat pada catatan sejarah kalau Indonesia masih dalam masa Kesultanan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda. Dunia belum mengenal Negara Kesatuan Republik Indonesia pada saat itu. Serius!!

Tahun 1782, Amerika Serikat sudah memiliki bank nasional, Bank of North America

pada masa ini, perjuangan melawan belanda masih berlangsung diseluruh nusantara. Bahkan Kapten Pattimura, seorang pahlawan nasional kita baru akan lahir 1 tahun kemudian, tepatnya 1783 di pulau Saparua, Maluku.

Tahun 1833 adalah awal dimulainya pencetakan suratkabar secara massal. Salah satunya adalah suratkabar yang bernama The New York Sun

Di Indonesia, Perang Padri masih berkecamuk di Sumatera Barat dan sekitarnya terutama di kawasan Kerajaan Pagaruyung, tepatnya dari tahun 1803 hingga 1838.


Tahun 1896, Olimpiade modern pertama digelar di Athena, Yunani. Olimpiade pertama ini diikuti oleh 14 negara dengan total 241 atlet yang berlaga dalam 43 pertandingan. 3 tahun kemudian, tahun 1899, Italia sudah berpikir untuk mendirikan sebuah klub bola profesional bernama AC Milan.

sedang di Indonesia pada periode tahun ini, perang masih berkecamuk dan seorang pahlawan bernama Teuku Umar gugur dalam pertempuran melawan penjajah di aceh.

Tahun 1904, Jalur kereta bawah tanah New York dibuka yang menjadikannya sebagai jalur kereta yang ke-9 yang dimiliki kota tersebut. 2 tahun sebelumnya, pada tahun 1902, salah satu proklamator kita, M. Hatta baru dilahirkan.


Tahun 1942, Voice of America yang merupakan stasiun media milik pemerintah Amerika mulai mengudara. Di Indonesia sendiri, Jepang mulai mendarat dan memulai pendudukannya diIndonesia.


Tahun 1945, Walt Disney merilis film animasi The Three Caballeros Film ini merupakan film animasi ke-7 Walt Disney. Sedang pada tahun ini, Indonesia baru memproklamasikan kemerdekaannya dan dunia pun mengenal sebuah negara yang bernama Indonesia.


Namun walaupun Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaanya, negara kita tetap masih mendapat gangguan keamanan dari negara-negara maju lainnya yang berusaha mencuri kemerdekaan tersebut. Tapi bangsa kita adalah bangsa tak kenal menyerah hingga akhirnya PBB mengakui kemerdekaan kita dan akhirnya kita tetap bisa menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maju Indonesiaku !!!
0
18.9K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.