Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

risaru7Avatar border
TS
risaru7
3 Cara Menafsirkan Mimpi Menurut Rasulullah SAW
[img]psikologiberjalan.com/wp-content/uploads/2017/05/Mimpi.jpg[/img]


Hampir semua orang pernah bermimpi ketika tidur. Selain mimpi yang terbilang kurang jelas dan sulit diingat, ada kalanya yang dimimpikan sangat berkesan, sehingga mungkin membuat kita tidak bisa melupakannya selama seumur hidup. Pada mimpi yang sangat berkesan ini, agaknya sering kali kita bertanya-tanya “Apa sih maksud dari mimpiku barusan?” “Kok aku mimpi kayak gini ya?” dsb. Dan pemimpi akan lebih penasaran lagi jika mimpi yang sangat berkesan ini menghadirkan benda, tempat, dan/atau orang berarti dalam hidupnya.

Ada banyak sekali teori tentang penafsiran mimpi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh psikologi modern. Misalnya Sigmund Freud, yang berasumsi bahwa mimpi adalah wish fullfillment, yaitu pemenuhan keinginan yang berasal alam tidak sadar (unconscious). Oleh karena itu, beberapa ilmuwan modern melakukan penelitian terkait penafsiran mimpi dengan berbagai cara baik mencoba mencari metode baru maupun menkonfirmasi teori-teori yang telah ada.


Padahal, jauh sebelum para tokoh psikologi modern mengemukakan teori penafsiran mimpi, para nabi dan rasul telah dapat menafsirkan mimpi. Misalnya saja kisah Nabi Yusuf yang diceritakan oleh Al-Qur;an dalam surat Yusuf. Ketika masih kecil, beliau bermimpi melihat sebelas matahari, bulan, dan bintang sujud kepadanya (QS Yusuf[12]:4) yang kurang lebih tafsirnya adalah 11 saudaranya akan tunduk kepadanya setelah Allah memberinya cobaan berupa dikurungnya Nabi Yusuf di penjara dan setan telah merusak hubungan antara beliau dengan saudara-saudaranya (QS Yusuf[12]:100)

Selain Nabi Yusuf AS, Nabi Muhammad SAW pun dapat menafsirkan mimpi. Kemampuan Rasulullah SAW menafsirkan mimpi telah terbukti melalui beberapa hadis. Berikut metode penafsiran mimpi Rasulullah SAW yang dirangkum menjadi 3 cara menafsirkan mimpi menurut Rasulullah SAW, di antaranya:




Quote:



Quote:



Quote:




Catatan Penulis Sebagai Penutup

Perlu disadari bahwa tafsir mimpi adalah ilmu yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Bahkan orang yang memiliki ilmunya pun mungkin tidak bisa menafsirkan mimpi secara sempurna. Penulis sebagai orang yang menulis artikel ini pun tidak bisa melakukan tafsir mimpi. Tujuan penulis membuat artikel ini adalah menyampaikan kepada pembaca akan tanda-tanda kebesaran Allah tentang mimpi. Melalui artikel ini, kita (penulis dan pembaca) menjadi mengetahui bahwa mungkin terdapat pesan yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui mimpi –karena ada juga mimpi yang berasal dari setan. Sebagai orang yang beriman kepada-Nya, kita harus meyakini akan adanya tafsir mimpi karena hal tersebut tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis

Bahkan mungkin sebagai manusia biasa, Rasulullah SAW pun memiliki keterbatasan –atau mungkin ingin menguji, wallahu’alam– dalam menafsirkan mimpi sehingga beliau pun bertanya kepada Abu Bakar.

Dari Ibrahim bin Ja’far al-Mahmudi Rasulullah SAW berkata kepada Abu Bakar RA:

“Aku bermimipi seakan-akan aku memakan makanan yang terbuat dari kurma dan tepung. Aku merasakan lezatnya makanan itu, tetapi ada sesuatu yang membuat tenggorokanku sulit menelannya. Kemudian Ali RA memasukkan tangannya dan akhirnya makanan itu menjadi mudah ditelan” Kemudian Abu Bakar RA berkata: “Wahai Rasulullah SAW, itu merupakan rahasia engkau yang dimunculkan sebagiannya sehingga engkau merasa senang dan sebagiannya ada yang membuat sulit ditelan, kemudian engkau mengutus Ali RA. Maka sesuatu yang membuat sulit itu menjadi mudah” (HR Ibnu Hisyam)


Sumber: Psikologi Berjalan
Diubah oleh risaru7 04-02-2018 23:17
0
14.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.