Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
Said Aqil Sebut Gejala Intoleransi Antarumat Beragama Meluas
Said Aqil Sebut Gejala Intoleransi Antarumat Beragama Meluas


KETUA Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan toleransi antarumat beragama harus dipupuk lagi mengingat saat ini gejala intoleransi semakin meluas.



"Akhir-akhir ini terasa sekali ada intoleransi yang masif," kata Said Aqil ketika membuka Sarasehan Lintas Agama bertema 'Merawat Kebinekaan Menumbuhkembangkan Toleransi Antarumat Beragama dan Menolak Gerakan" di Gedung PBNU, Jakarta, Rabu (27/9).



Menurut Said Aqil, sebenarnya toleransi sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Sejak dulu perbedaan agama, suku, dan lain-lain tidak menjadi persoalan. Merebaknya sikap dan tindakan intoleran belakangan ini, kata dia, akibat pengaruh dari ideologi yang dibawa dari luar negeri dan juga akibat adanya pihak yang bermain menciptakan kondisi intoleransi demi kepentingan tertentu.



Ia mengatakan, apabila kondisi semacam ini dibiarkan akan dapat mengancam keutuhan bangsa. Oleh karena itu, kata dia, upaya memupuk kembali toleransi antarumat beragama menjadi penting dilakukan.



Ketua Gerakan Merajut Kebangsaan untuk Rekonsiliasi Nasional, Imam Azis, mengatakan. sarasehan lintas agama itu digelar untuk membangun kebersamaan dalam menanggulangi sikap intoleran, kekerasan, perlakuan menyimpang sekaligus memberikan pedoman kepada umat untuk bisa menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang benar.



Menurut dia, merebaknya isu primordial dan gerakan politik identitas berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) membuat atmosfer politik Indonesia menjadi sangat gaduh dan meresahkan, penuh dengan sikap intoleran, ujaran kebencian, dan kekerasan.



"Acara ini kami harapkan menginspirasi umat beragama secara menyeluruh dalam merawat kebinekaan bangsa kita," kata Imam Azis yang juga salah satu Ketua PBNU. (OL-2)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...uas/2017-09-27

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Said Aqil Sebut Gejala Intoleransi Antarumat Beragama Meluas Gubernur Instruksikan Pengecekan Balai Banjar untuk Pengungsi

- Said Aqil Sebut Gejala Intoleransi Antarumat Beragama Meluas Pembalap Italia Sabet Tiga Jersey di Etape Pembuka Tour de Ijen

- Said Aqil Sebut Gejala Intoleransi Antarumat Beragama Meluas Siswa Pengungsi Gunung Agung Bisa Bersekolah di Lombok

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
377
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Media Indonesia
Media IndonesiaKASKUS Official
30.6KThread1.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.