skydaveeAvatar border
TS
skydavee
Agan Sering Mengalami Pusing? Begini Cara Mengatasinya


Pusing, pening, atau sakit kepala selalu menimpa setiap manusia. Penyakit pusing ini kerap datang tanpa mengenal strata sosial, pangkat, jabatan, usia bahkan jenis gender.

Rasa sakit yang menyertai pusing, kadang menimbulkan efek luar biasa, yang kadang penderitanya jadi gemas sambil melirik barang dan pengen dibanting-banting.

Penyakit pusing, bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mungkin saja terlalu lelah dan kurang istirahat, kurang piknik, beban masalah yang datang silih berganti, skandal video yang bikin miris hati, dan lain sebagainya. Pokoknya beraneka ragam seperti gado-gado Sidoarjo. Isinya macam-macam.

Bagaimana jika pusing karena kurang kasih sayang? Wah, inilah bibit manusia yang bakalan bermasa depan suram. Kasian!

Nah, untuk mengatasi pusing yang sering melanda ini, ada baiknya kita ketahui dahulu penyebabnya. Karena pusing, meski sama-sama bikin jengkel, ternyata dilatarbelakangi oleh berbagai hal.

Supaya penanganannya akurat, seakurat test pack, mari kita ketahui ragam jenis pusing beserta solusinya. Tapi, perlu dicatat, pusing yang akan kita bahas bukan pusing karena hal-hal diluar nalar.

Berikut jenis-jenis pusing seperti tersebut dibawah ini :
1. Kepala Tegang
Spoiler for leher tegang bikin pegel. Gak semua yang tegang² itu menyenangkan ya?:


Penyakit ini lazimnya menimbulkan sensasi menekan pada kepala, kulit kepala dan leher.

Biasanya, tengkuk serasa kaku seperti menderita kolesterol tingkat tinggi. Jika kita mengalaminya, terkadang tanpa sengaja kita mengurut-urut leher atau menggerakkan leher sampai bunyi kretek-kretek.

Hati-hati, jika salah dalam mengurut, justru bisa berakibat fatal.

Sakit kepala ini, umumnya dikaitkan dengan stress, duduk dimeja dan berhadapan dengan komputer dengan durasi lama, cara mengemudi yang salah, bisa pula karena postur tubuh yang buruk, dan ketegangan leher saat menjelang tidur.

Jalan keluar untuk mengatasi penyakit ini ternyata simpel kawan. Usahakan jangan mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri terlebih dahulu. Sebab, bagaimanapun, residu dari bahan kimiawi yang terkandung dalam obat, tidak semuanya bisa dicerna dengan baik oleh metabolisme dalam tubuh.

Bukankah residu dari mantan kadang begitu? Meski lama terpisah, kenangannya tidak serta merta pupus dari benak dan angan-angan?

Hal sederhana untuk mengatasi sakit ini adalah dengan beristirahat, dan menjauhkan diri sejenak dari berbagai perangkat. Misalkan, komputer, gadget dan lain-lainnya. Berinteraksi lah dengan rekan sekantor, bila kita kerja sebagai pegawai. Jika pengusaha, leave your job for the time being. Dan bersosialisasi agar pusing karena tegang bisa tereduksi.

2. Sinus
Spoiler for sakit sinus bisa jd krn diri tak terurus:


Dulu, saya tidak mengenal sakit berjenis sinus ini. Namun tampaknya, penyakit zaman sekarang berbanding lurus dengan anehnya tingkah laku manusia. Manusianya jadi aneh, maka penyakit pun tak mau kalah dan ikut-ikutan jadi aneh.

Sinus, acapkali menyebabkan tekanan disekitar mata, pipi dan dahi. Jadi, andai saja menemukan pasangan kita sedang tak ingin dicium di pipinya, jangan ngambek dulu. Kali aja sedang terserang penyakit sinus.

Selain pada mata, pipi dan dahi, sinus biasanya berdampak pada sakitnya gigi pada bagian atas.

Mengenai solusi dari sinus, sangat disarankan mengkonsumsi air hangat.

Terapi sederhana ini bisa dilanjutkan dengan cara menghirup uap air hangat.

Untuk langkah awal, siapkan satu gayung air panas yang sudah dicampur dengan sedikit garam dapur sebagai cara menyembuhkan sinusitis. Silakan menghirup uap yang keluar dari air panas tersebut. Jika kuat, kita bisa menggunakan handuk yang diselubungkan di kepala agar uap air panas terkumpul.

Kemudian kita bisa menghirupnya sebanyak 20 atau 30 kali selama 20 menit. Lakukan cara ini tiga kali dalam sehari hingga sinus mereda.

Selanjutnya, silakan mengkompres muka dengan air hangat. Air hangat ya? Bukan yang masih panas mendidih. Kecuali ente pengen berubah jadi Valak.

Terakhir, jika langkah sederhana diatas belum cukup untuk meredakan, ada baiknya melakukan konsultasi ke dokter dan mengikuti anjurannya.

3. Migrain
Spoiler for migrain bisa diatasi dgn kopi. Dan mbak ini salah satu penyebab migrain. Cakep euy...:

Pusing yang kerap melanda separuh dari bagian kepala ini, tak ubahnya seperti lagunya Noah yang berjudul "Separuh Aku". Sama-sama meninggalkan lara dan rasa derita.

Migrain keparat ini, datangnya ditandai dengan sensasi berdenyut atau berdebar pada sisi kepala, dan bisa juga keduanya.

Sungguh, migrain adalah siksaan yang sangat pedih. Sama pedihnya seperti hati yang ditinggal kekasih.

Bila saja migrain itu bisa dirubah menjadi manusia, saya yakin, ummat manusia didunia berebut untuk bisa nonjokin si migrain laknat sampai bonyok. Ngeselin banget soalnya.

Pada penderita migrain tingkat kabupaten, biasanya diikuti dengan rasa mual atau muntah, dan kepekaan pada cahaya atau suara.

Namun, agan gak usah kuatir, menurut Isha Gupta, seorang neurologis dari New York, penyakit migrain bisa dikurangi dengan cara mengkonsumsi kopi.

Makanya gak usah heran kalau si Mimin yang punya Kaskus jadi bintang iklan kopi. Mungkin doi sering kena migrain.

Bagaimana jika gak suka kopi? Ya salah sendiri. Toh saya juga gak suka kopi. Migrain bisa diatasi dengan menghela nafas sejenak, menghimpun tenaga dengan menghirup oksigen sebanyak-banyaknya, dan jalani hidup dengan senyuman.

Karena bagaimana pun jua, sakit adalah perintah otak. Jika otak sudah melebihi kapasitas dalam merespons tiap-tiap permasalahan, itu sama ibaratnya memaksa komputer pentium I, dan menginstal aplikasi General Hour. Otak lelah, badan binasa.

©Skydavee...

Untuk referensi,klik, dan klik
Diubah oleh skydavee 30-10-2017 08:08
0
28.3K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.