Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

baik bangetpepekAvatar border
TS
baik bangetpepek
Murid SD Kafirkan Temannya yang Tak Berjilbab & Larang Hormat Bendera di Sumut
Ketua Forum Kiai Muda Sumatera Utara KH Machfoedz Siddiq Muslih menyatakan keprihatinannya terhadap paham radikalisme yang sudah masuk ke kalangan murid sekolah dasar.

Ia mengaku memiliki data banyak sekolah, yang praktik belajar-mengajar potensial menumbuhkembangkan paham intoleransi dan anti-Pancasila.

"Banyak sekolah melarang murid menghormat bendera. Di Sumatera Utara banyak, saya tahu. Bahkan ada satu dua pondok pesantren juga berpotensi mengajajarkan bibit radikalisme dan intoleransi," ujar Machfoedz saat berkunjung ke redaksi Tribun-Medan.com di Jalan Wahid Hasyim 37, Medan, Senin (12/6/2017).

Pengurus Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Sumut ini meneruskan keperihatinannya saat praktik pendidikan anak-anak sekolah dasar sudah terjebak pada pemikiran sempit.

"Saya prihatin. Ada murid kelas dua SD, hanya gara-gara temannya tidak mengenakan jilbab, dia menyebut kafir," ujar pria asal Jawa Tengah dan lulusan Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Menurutnya Machfoedz, menghadapi makin maraknya sikap, perilaku dan tindakan intoleran akhir-akhir ini, Forum Kiai Muda Sumatera Utara akan bekerja sama dengan instansi pemerintah guna meminimalisir potensi radikalisme di kalangan para pelajar.

Walau demikian, Machfoedz sadar, Forum Kiai Muda tidak memiliki kewenangan apa-apa. Pemerintahlah yang seharusnya berwenang melakukan tindakan.

"Kami mengajak berdiskusi melalui beberapa pendekatan," kata warga Stabat, Kabupaten Langkat.

Menurut Machfoedz, pendidikan formal agama di sekolah-sekolah sebaiknya jangan dikurangi, malah ditambah. Baginya Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai tanggung jawab dalam hal ini.

http://medan.tribunnews.com/2017/10/...ilbab-di-sumut
0
9.9K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.