mustakim049Avatar border
TS
mustakim049
TERNYATA INI LHO YANG MENENTUKAN KUALITAS JASA
FAKTOR DOMINAN KUALITAS JASA

Banyak jalan menuju Roma, untaian pepatah klasik dari orang tua zaman dulu yang sampai saat ini belum usang, tapi jaman sekarang mungkin pepatah itu sudah berubah menjadi “BANYAK JALAN MENUJU KASKUS”.

Kenapa penulis berani mengatakan demikian, ternyata walaupun penulis baru ikut-ikutan manggung di dunia maya, ternyata wow…!!! dahsyat gan….,ruarrrr biasa…..seperti istilah “palu gada” apa yang loe perlu gua ada…..hebat kan….!!!
tetapi ternyata kita juga diajak untuk ikut bijak dalam menyikapi hal-hal yang disebutkan tadi. Karena peluang di dunia maya sangat fenomenal, maka disitu akan bertemua Supply dan Demand , pastilah ada yang jual dan ada yang beli, ada juragan toko, pasti juga ada bos yang siap beli…..

Berbicara jual dan beli, ada beberapa tips untuk yang mau jualan di dunia nyata maupun dunia maya, bahkan saran ini juga untuk para bos-bos yang mau memborong barang kebutuhannya. So pasti, kedua-duanya berkeinginan menjual dan membeli barang jasa yang memiliki kualitas yang baik, sehingga goal-nya adalah sama-sama mendapatkan manfaat.

Berikut disajikan tips dari Leonard L. Berry dan Pasuraman yang dikutip oleh Alma (2005: 31) tentang 5 faktor dominan atau penentu kualitas jasa yaitu:
1) Keandalan (reliability)
yaitu kemampuan untuk memberikan jasa sesuai dengan yang dijanjikan terpercaya dan akurat, konsisten dan kesesuaian pelayanan.
2) Daya tanggap (Responsiveness)
yaitu kemauan dari lembaga dan civitas akademika untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan berkualitas.
3) Kepastian (Assurance)
yaitu berupa kemampuan karyawan untuk menimbulkan keyakinan dan kepercayaan terhadap janji yang telah dikemukakan kepada konsumen.
4) Empati (Emphaty)
yaitu kesediaan lembaga dan civitas akademika untuk lebih peduli memberikan perhatian secara superior kepada pelanggan.
5) Berwujud (Tangible)
yaitu berupa penampilan fasilitas fisik, sarana dan prasarana serta berbagai materi komunikasi.

#semoga bermanfaat

Referensi :
Alma, Buchari. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta.
0
9.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.