Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

berita123Avatar border
TS
berita123
Surat Penumpang Titanic Dilelang Rp 2,1 M! Seperti Apa Isinya?
Surat Penumpang Titanic Dilelang Rp 2,1 M! Seperti Apa Isinya?


Sebuah surat yang ditemukan dari salah satu jenazah penumpang Titanic berhasil dilelang dengan harga fantastis mencapai 120 ribu poundsterling atau setara Rp 2,1 miliar. Surat berusia 105 tahun ini diyakini sebagai salah satu surat terakhir yang ditulis sebelum kapal Titanic tenggelam.

Seperti dilansir CNN, Senin (23/10/2017), harga lelang yang dicapai surat bersejarah itu melebihi perkiraan. Rumah lelang Inggirs, Henry Aldridge & Son memprediksi surat tulisan tangan itu akan terjual seharga 60 ribu poundsterling hingga 80 ribu poundsterling (Rp 1 miliar hingga Rp 1,4 miliar).

Dalam lelang yang digelar pada Sabtu (21/10) waktu setempat, surat itu berhasil terjual dengan harga lebih tinggi yakni 120 ribu poundsterling. Identitas pembeli tertinggi surat tersebut tidak diungkap ke publik.

Surat itu ditulis oleh seorang penumpang kelas satu, yang juga seorang pedagang Amerika bernama Alexander Oskar Holverson. Surat itu ditulis Holverson untuk ibundanya, namun tidak sempat dikirimkan. Salah satu kalimat dalam surat itu membuat orang-orang yang membacanya merinding.

“Jika semuanya berjalan dengan baik kita semua akan tiba di New York pada Rabu pagi,” demikian bunyi kalimat di surat tersebut.

Salah satu alasan para kolektor memburu surat tulisan tangan itu karena surat itu bertanggal 13 April 1912. Ini berarti surat itu baru ditulis sehari sebelum kapal feri ternama Titanic menabrak gunung es dan karam dalam pelayaran dari Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat.

Dalam surat itu, penulis juga menyampaikan kesannya terhadap Titanic yang saat itu dijuluki sebagai kapal terbesar di dunia.

“Kapal ini sangat besar ukurannya dan dalamnya seperti hotel mirip istana,” tulis Holverson dalam suratnya.

Tidak hanya itu, Holverson juga mengungkapkan kekagumannya saat melihat sesama penumpang kelas satu, John Jacob Astor, yang saat itu tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Baik Holverson maupun Astor, bersama 1.500 penumpang dan awak lainnya, tewas saat Titanic karam.

Hanya 700 orang yang selamat dalam insiden ini, termasuk istri Holverson, Mary. Jenazah Holverson bersama dengan surat ini dan beberapa barang pribadi lainnya ditemukan di Samudera Atlantik beberapa hari usai Titanic karam.

Harga lelang surat Holverson ini melampaui rekor sebelumnya. Pada 2014, surat yang ditulis oleh penumpang kelas dua, Esther Hart, yang berhasil selamat dalam insiden Titanic dilelang seharga 119 ribu poundsterling (Rp 2 miliar).

Surat Penumpang Titanic Dilelang Rp 2,1 M! Seperti Apa Isinya?

Alexander Oskar Holverson & Mary

Selain surat Holverson, barang memorabilia Titanic lainnya yang berhasil dilelang pada Sabtu (21/10) adalah sebuah kunci loker milik penumpang bernama Sidney Daniels, kru Titanic terakhir yang masih hidup. Kunci loker dari besi itu terjual seharga 76 ribu poundsterling (Rp 1,3 miliar).

Sumber
0
2.5K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.