Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idhesevenAvatar border
TS
idheseven
5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman


Wu Xing pernah mengemukakan sebuah berita tentang 5 elemen kehidupan yaitu air, api, tanah, logam, dan kayu. Dalam hal ini, bisa kita jumpai pada kehidupan kita sehari-hari bahwa kelima elemen tersebut masih sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi kita semua. Baik manusia, hewan, atau tumbuhan sangat membutuhkan kelima elemen tersebut sebagai penyongsong untuk bertahan hidup. Lima elemen kehidupan tersebut sebenarnya ada dalam satu tanaman. Meskipun ada satu elemen pendukung dari kelima elemen tersebut yaitu angin. Apa peran angin dalam kehidupan?



Tanaman, merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Allah SWT. Berkat rahmat Allah SWT, tanaman yang tumbuh di dunia ini bisa saja dimanfaatkan oleh manusia. Meski beberapa tanaman tidak bisa dimanfaatkan oleh manusia, akan tetapi manfaat dari tanaman tersebut tetap bisa dirasakan manusia yaitu dengan seimbangnya alam kehidupan ini. Keseimbangan itulah yang juga dibutuhkan oleh tanaman. Yaitu keseimbangan dari lima elemen itu sendiri. Air, api, tanah, logam, dan kayu dengan didukung oleh angin.



Air

Sejatinya, air merupakan salah satu sumber kehidupan di muka bumi ini. Bisa dibayangkan apabila tidak ada air maka bisa dipastikan tidak ada pula kehidupan. Sebagai salah satu elemen kehidupan, air menyatu dalam tanaman. Tanaman membutuhkan beberapa kadar air untuk melangsungkan beberapa proses kehidupan pada tanaman. Air dalam tanah, diserap oleh akar kemudian diteruskan melalui sebuah jaringan yang disalurkan untuk sebuah proses fotosintesis.



Api

Api yang besar bisa saja menjadi musuh bagi kita. Api yang bisa kita manfaatkan adalah api yang kecil dan bisa dikendalikan. Lalu, bagaimana dengan elemen kehidupan yaitu api menyatu dalam tanaman? Yaitu melalui sebuah sumber api abadi atau yang dinamakan matahari. Matahari sebagai sumber panas yang abadi juga sangat diperlukan oleh tanaman. Panas matahari itulah yang dibutuhkan oleh tanaman untuk membantu proses fotosintesis.



Tanah

Tanah tempat kita berpijak. Boleh dikatakan bahwa di atas tanah, disitulah tempat berpijak makhluk hidup. Tanaman tumbuh pada media tanah. Salah satu elemen kehidupan inilah yang akan menjadi tempat media tumbuh dan berkembangnya tanaman. Mulai tunas kecil hingga tanaman besar yang dewasa. Hingga kemudian layu dan mati berubah menjadi tanah lagi atas kehendak Allah SWT. Tanah yang baik bagi tanaman adalah tanah yang subur.



Logam

Logam tidak hanya dibutuhkan oleh manusia. Tetapi khususnya bagi tanaman, elemen logam merupakan salah satu unsur mikro dan makro yang dibutuhkan bagi tanaman. Elemen logam yang juga unsur mikro dan makro ini tersedia juga pada tanah yang subur. Yaitu tanah yang kandungan baik mikro ataupun makronya sangat seimbang. Itulah sebabnya bahwa elemen logam memengaruhi kesuburan tanah. Unsur hara esensial yang dibutuhkan tanaman terdiri dari unsur hara makro (N, P, K, Ca, Mg, dan S) dan unsur mikro (Zn, Cu, Mn, Mo, B, Fe, dan Cl).



Kayu

Sebagai elemen kehidupan, kayu merupakan hasil dari proses lignifikasi (pengayuan) dari sebuah bagian tanaman yaitu batang dan ranting. Elemen kehidupan ini yang juga sebagai bagian inti dari tanaman banyak dimanfaatkan oleh manusia. Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Penyebab terbentuknya kayu adalah akibat akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan di batang.



Itulah beberapa elemen kehidupan yang menyatu pada tanaman. Elemen yang telah menyatu tersebut tidak bisa dipisahkan dari tanaman. Karena apabila salah satu elemen tersebut berpisah. Maka tanaman bisa saja kembali kepada elemen aslinya yaitu tanah. Semua tanaman pada suatu saat nanti juga akan kembali pada elemen aslinya. Selain pada tanaman, elemen kehidupan tersebut juga dibutuhkan oleh semua makhluk hidup kecuali tanaman.

sumber : pandangan dan jangkauan ane selaku thread starter

Komentar Kaskuser

Quote:


Mohon perhatian, thread ini diposting di subforum Tanaman. Jadi tidak bisa serame kaya thread-thread yang ada di The Lounge

Diubah oleh idheseven 25-10-2017 22:16
tata604
tata604 memberi reputasi
1
18.8K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.