Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irenahartoyoAvatar border
TS
irenahartoyo
Tujuh Orang PSK Positif HIV Masih Beroperasi
Kasus human immuno virus (HIV) dan acquired immuno deficiency syndrome (AIDS) harus terus diwaspadai. Pasalnya, dalam voluntary conseling test (VCT) yang digelar Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) di eks Lokalisasi Kandangan kemarin, total ada tujuh orang pekerja seks yang dinyatakan positif.

Untuk diketahui, total ada 69 kelompok risiko tinggi, termasuk dari pekerja seks komersil (PSK) yang mengikuti VCT, kemarin. Dari jumlah tersebut, sebanyak tujuh orang dinyatakan positif HIV. “Penyebaran HIV/AIDS di eks lokalisasi masih cukup tinggi,” kata Pekerja Lapangan KPAD Nganjuk Trisna Eka Setyawati. Itu membuktikan kalau pekerja seks masih aktif melayani pelanggannya.

Begitu mendapatkan hasil adanya PSK yang positif, Trisna menyebut pihaknya langsung melakukan pendampingan. Pendampingan, lanjut Trisna, terutama dibutuhkan agar penderita HIV bisa menerima kondisi mereka sebagai penderita HIV.

Berdasar pengalamannya, selama ini banyak penderita HIV yang frustasi. Terutama setelah mereka divonis terkena virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu. “Kalau frustasi bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tandasnya.

Karenanya, KPAD bersama dinas kesehatan dan puskesmas juga membuka ruang konsultasi. Dia berharap para penderita bisa lebih terbuka. Sehingga, masalah bisa diidentifikasi sejak awal.

Dari hasil konsultasi itu, rupanya ada beberapa penderita yang sudah mendapat pendampingan dari provinsi. Tetapi, rupanya mereka tetap kembali terjun menjadi PSK. “Kalau seperti ini berarti kan harus dicari, apa yang harus dibenahi bersama,” tandasnya.

Menilik temuan tujuh kasus di eks Lokalisasi Kandangan, menurut Trisna temuan serupa bisa saja terjadi di eks lokalisasi lainnya. Makanya, menurut perempuan bertubuh kurus itu perlu penanganan khusus agar virus ini tidak menular kepada para ibu rumah tangga.

Data KPAD, sejak ditemukan 2002 lalu total ada 925 orang dengan HIV/AIDS (ODHA). “Kami belum mengkalkulasikan semuanya. Termasuk temuan-temuan sebelumnya, “ imbuh Trisna.

Untuk diketahui, pada 2015 lalu, total ditemukan 100 penderita HIV/AIDS baru. Kemudian, 2016 lalu lebih banyak lagi. Yaitu, 159 penderita baru. Adapun di tahun ini jumlahnya masih terus bertambah tiap bulannya.

https://www.jawapos.com/radarkediri/read/2017/07/26/3779/wow-tujuh-orang-psk-positif-hiv-masih-beroperasi
emoticon-Takut
0
2.2K
26
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.