Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

p0congkaskusAvatar border
TS
p0congkaskus
Soegeng Boedhiarto, Veteran Pejuang Keturunan Tionghoa
Soegeng Boedhiarto, Veteran Pejuang Keturunan Tionghoa

Soegeng Boedhiarto, Veteran Pejuang Keturunan Tionghoa

RILIS.ID, Jakarta— Kontroversi soal "pribumi" dan "non-pribumi" sejak pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan pada Senin (16/10/2017) kemarin masih memanas. Di media, kicauan seolah menyinggung isu tersebut masih terus mencuat.

Isu itu dinilai menjadi pemicu ketegangan atau konflik. Warga keturunan pendatang masih sering mendapat cap bukan pribumi.

Di luar isu yang tengah memanas tersebut, sejarah mencatat jika warga pribumi keturunan juga berkontribusi terhadap negeri, bahkan sejak memperjuangkan kemerdekaan.

Dari sekian banyak tokoh, salah satunya adalah Soegeng Boedhiarto. Seorang pejuang keturunan Tionghoa yang tinggal di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pria yang kini berusia 88 tahun itu adalah anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jawa Tengah. Soegeng pernah ikut berperang serta berjuang melawan penjajahan Jepang dan Belanda.

Sejak usia 17 tahun, Soegeng sudah mulai terlibat dalam perjuangan kemerdekaan. Saat itu, veteran berpangkat sersan kelahiran Purwokerto, 4 Juli 1929 ini bertugas sebagai mata-mata.

Tempat tinggalnya dekat dengan markas Belanda di Purwokerto, sehingga membuatnya bisa dapat informasi dari tentara Belanda.

Soegeng bercerita, kala itu beratnya perjuangan di masa penjajahan tak hanya dirasakan pejuang, melainkan seluruh rakyat Indonesia.

Di masa itu, segenap lapisan masyarakat turut berjuang melawan penjajahan. Bukan hanya mengangkat senjata, mereka membantu memenuhi kebutuhan pejuang. Baginya, semuanya adalah pahlawan.

Saat sedang gencar-gencarnya berjuang merebut kemerdekaan, Soegeng berperan mengatur strategi perang untuk masuk ke Purwokerto.

Untuk mempermudah penyerangan pada malam hari, Soegeng mengusulkan agar tower pengintai dirobohkan, hingga akhirnya berhasil menusuk jantung lawan.

Atas jasa-jasanya, pada 15 Agustus 1981, Soegeng mendapat gelar Kehormatan Penghargaan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI. Kini, ia menghabiskan masa tuanya bersama keluarga.

sumber : http://rilis.id/soegeng-boedhiarto-v...-tionghoa.html

0
2.3K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.