serujambi.comAvatar border
TS
serujambi.com
Pipa Pertamina di Jambi Meledak


Akibat Pipa Injeksi Sudah Keropos

SERUJAMBI.COM, JAMBI – Ternyata, Pertamina tidak secara rutin mengganti line pipa injeksi. Buktinya, kemarin (18/10/2017), salah satu pipa yang sudah usang bocor dan menyebabkan kepanikan warga yang rumahnya terkena semburan air asin.

Semburan air asin ini terjadi di RT 07, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru Jambi. Dari pantauan Seru Jambi, kejadian ini terjadi pukul 11.50, semburan air asin setinggi sekitar dua meter tersebut baru menyasar satu rumah warga.

Nasir (48) sang pemilik rumah yang terkena semburan mengatakan, kalau sebelum air keluar dari pipa, sempat terjadi ledakan keras. Dirinya yang kaget, lantas melihat keluar rumah dan melihat kalau air dengan kencang keluar dari salah satu pipa line injeksi.

“Tadi itu pas saya lagi istirahat siang. Awalnya saya dengar suara ledakan keras. Saat keluar rumah, saya melihat pipa air minyak menyemburkan minyak sampai di tengah jalan,” paparnya.

Terangnya, melihat hal itu, dirinya berusaha untuk menutup pipa yang bocor dengan menggunakan kain dan karet ban. Namun, lanjutnya, usahanya tersebut sia-sia dan air malah semakin kencang keluar dari pipa tersebut.

“Saya langsung melaporkannya kepada teman yang bekerja di kantor Pertamina. Kemudian, pekerja pipa pertamina langsung memperbaikinya,” cetus Nasir.

Tidak berbeda dengan Nasir, warga lainnya Armi juga terkejut dan berteriak minta tolong karena mendengar suara ledakkan sehingga membuat warga berdatangan.

“Semburan minyak dari pipa itu jauh sekali bang. Bahkan, sampai mengenai rumah warga hingga hitam semua rumahnya,” katanya.

Dua jam kemudian atau sekitar pukul 13.45, barulah tim dari Pertamina turun ke lokasi dan langsung melakukan perbaikan.

Sejumlah petugas pertamina berbaju merah terlihat langsung melakukan tindakan pembersihan dan penutupan pipa yang bocor untuk sementara.

Menurut pihak pertamina yang bertugas di lokasi kejadian. Katanya, pihaknya berencana akan melakukan pembersihan lagi pada Kamis pagi.

Disamping itu, pihak pertamina akan mengganti pipa yang ada di sekitar lokasi kebocoran.(cok/usa)
0
1.1K
6
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.