Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ada di Indonesia, Pulau Ini Dinobatkan sebagai Pulau Terkecil di Dunia oleh PBB

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Ada di Indonesia, Pulau Ini Dinobatkan sebagai Pulau Terkecil di Dunia oleh PBB
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Ultah



Seperti yang kita tau bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. Dari Sabang hingga Merauke tersebar gugusan pulau, baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Total pulau yang berhasil diverifikasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2016, yaitu sebanyak 14.572 pulau. Waduh, butuh perhatian ekstra nih untuk menjaga supaya pulau-pulau tersebut tidak dicaplok bangsa lain, ya.

Nah, kita juga tau bahwa di Indonesia terdapat beberapa pulau besar, seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan lain-lain. Namun, di antara beberapa pulau besar tersebut ternyata masih banyak lagi pulau yang berukuran kecil. Bahkan, di antara ribuan pulau kecil lainnya, terdapat satu pulau yang dikenal sebagai pulau terkecil di dunia. Penasaran pulau apa? Yuk langsung aja kepoin bareng.



Siapa yang sangka ternyata pulau terkecil di dunia ada di Indonesia? Apalagi letaknya yang berdekatan dengan salah satu pulau terbesar di Indonesia, yakni Pulau Kalimantan. Pulau terkecil di dunia tersebut adalah Pulau Simpung yang letaknya berada di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau yang sebelumnya disebut sebagai Pulau Kelapa Dua ini ternyata sudah diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil di dunia dengan total luas hanya setengah hektar.



Pulau ini ditemukan dengan cara yang tidak terduga. Seorang mantan Lurah Sedau bersama dengan lurah dan kepala desa lainnya diminta untuk menginventarisasi pulau-pulau yang berada di wilayah mereka. Lurah Sedau tersebut mencantumkan nama Pulau Simping karena dulunya pulau ini sempat dihuni oleh beberapa kelompok manusia. Namun, akhirnya warga Pulau Simping pindah ke pulau lainnya karena terjadi abrasi. Nah, karena abrasi tersebutlah yang menyebabkan pulau ini semakin tahun semakin mengecil.



Walaupun dengan luas hanya kurang dari setengah hektar, pulau ini masih setia menyajikan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain pemandangan laut dan pantai yang bisa ditemukan di pulau lainnya, Pulau Simping ini juga mampu menghadirkan pemandangan perbukitan yang aduhai. Walaupun tidak bisa menampung banyak orang layaknya Pulau Bali atau Lombok, namun pengunjung yang datang tidak pernah sepi, baik untuk melihat pemandangan maupun menghilangkan rasa penasaran mengenai keberadaan pulau terkecil di dunia ini.



Selain itu, Pulau Simping juga masih memiliki pesona keindahan lainnya. Selain pemandangan laut dan perbukitan yang cantik, di pulau ini juga terdapat sebuah kelenteng sebagai tempat peribadatan para warga Tionghoa. Di pulau ini juga terdapat banyak batuan besar yang bisa memperindah setiap foto kamu. Walaupun kondisi airnya tidak terlalu jernih, namun hal tersebut tidak akan mengecewakan para wisatawan yang berkunjung. Pasalnya, laut yang berada di sekitaran daratan memang tidak begitu dalam sehingga aman untuk berenang. Oleh karena luasnya yang kurang dari setengah hektar, berjalan menyusuri pulau juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Nah, itulah tadi keberadaan pulau terkecil di dunia yang ternyata ada di Indonesia. Karena pulau ini tidak berpenghuni dan menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia, ada baiknya untuk memberikan perhatian lebih untuk pulau ini supaya tidak dicomot tetangga.

Sumber dari Yukepo

Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
3.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.