Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

allenglish.infoAvatar border
TS
allenglish.info
Bisakah Manusia Kembali Ke Masa Lalu?
Jika bisa kembali ke masa lampau, apa yang akan Agan lakukan?

Balikan ama mantan?
Spoiler for spoiler:



Time travel merupakan salah satu topik yang banyak diperbincangkan. Perjalanan melintasi waktu dibahas dalam berbagai novel dan cerita pendek. Bahkan Hollywood mengangkat tema ini dalam film-filmnya. Di ranah internet pun sempat geger dengan berita orang yang bisa melintasi waktu. Tetapi, apakah manusia memang bisa melintasi waktu? bisa kembali ke masa lalu?
Spoiler for ilustrasi:

Spoiler for ilustrasi film:


Secara logika, manusia tidak bisa kembali ke masa lalu sebelum suatu peristiwa tertentu dan merubah peristiwa yang sudah berlangsung tersebut. Misalnya, kita tidak bisa kembali ke masa sebelum Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dengan maksud mempengaruhi jalannya peristiwa Proklamasi. Karena dengan demikian akan mempengaruhi banyak sekali hal yang sudah ada sekarang ini.

Walaupun sebagian orang menganggap bisa, Andrew Thompsondalam bukunya Can Holding in a fart Kill You Over 150 Questions & Intriguing Answers menyatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin dilaksanakan. Banyak orang berteori bahwa secara hukum Fisika jika seseorang bisa bergerak hampir sama dengan kecepatan cahaya, maka waktu akan melambat. Sayangnya hal itu tetap tidak mungkin karena manusia tidak bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, seperti yang dilansir dari medium.com (05/05/2017)

Spoiler for ilustrasi:

Lebih lanjut lagi, seperti yang dilansir science.howstuffworks.com (20/10/2000), kembali ke masa lalu dan merubah peristiwa akan menjadi sebuah paradoks. Sebagai contoh, jika seorang manusia bisa kembali ke masa lalu dan mencegah ayahnya bertemu dengan ibunya, maka orang tersebut tidak akan pernah lahir. Lalu, bagaimana ia bisa kembali ke masa lampau jika ia sendiri tidak pernah ada?

Sumur : lihat sumur di sini

Bisakah Manusia Kembali Ke Masa Lalu?Bisakah Manusia Kembali Ke Masa Lalu?
0
7.5K
47
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.