Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dikuncibroAvatar border
TS
dikuncibro
Udah Jomblo, Nganggur? Jangan Stress, Coba Cara Ini
Udah Jomblo, Nganggur? Jangan Stress, Coba Cara Ini
Oleh Ajeng Talitha Terbit 17 Okt 2017 at 7:00am

Tandaseru.id

 Udah Jomblo, Nganggur? Jangan Stress, Coba Cara Ini

JAKARTA (!) – Nganggur bagi para jomblo memang tekanan tersendiri. Hal tersebut jangan sampai bikin stress. Tandaseru.id punya beberapa cara jitu yang bisa dicoba untuk atasi stress saat mencari pekerjaan.

Jangan kurung diri di rumah

Pernah merasa minder saat belum mendapat pekerjaan? Mungkin hal tersebut yang membuat enggan keluar rumah, tapi ternyata hal tersebut justru membuat semakin stress.

Bagi para pencari pekerjaan memang disarankan untuk lebih banyak berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghindari stress, misalnya dengan mengambil kursus keahlian atau menjadi relawan atau volunteer, sebagai ajang tambah pengalaman.

Nganggur? tetap atur keuangan!

Belum dapat pemasukkan tapi ingin beli ini itu, pasti stress kan? Nah, agar nggak stress lebih baik mulailah atur rencana keuangan selagi menganggur.

Misalnya dengan cara mencatat biaya-biaya yang akan dikeluarkan selanjutnya. Mulai dari kebutuhan makan sehari-hari, biaya ongkos mencari pekerjaan, hingga baju yang mungkin akan dibeli untuk melamar pekerjaan.

Dengan begitu, tidak perlu tiba-tiba khawatir, apalagi sampai stress berat saat uang tabungan sudah mulai habis. Hal ini juga berguna sebagai motivasi untuk mencari pekerjaan yang lebih realistis.

Introspeksi diri dan cari kegiatan lain

Mengintrospeksi diri atau bercermin pada diri sendiri bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mencegah datangnya stress saat mencari kerja. Dengan introspeksi diri, tujuan akan lebih fokus pada pencarian solusi, bukan malah mencari siapa yang harus disalahkan.

Jadi cobalah untuk melihat adakah kesalahan yang diakibatkan dari diri sendiri. Misalnya memastikan penulisan cv, melamar sudah benar ke perusahaan yang sesuai dengan bidang keahlian atau belum. Bahkan sampai perhatikan kesalahan saat melakukan Interview.

Selagi introspeksi diri, coba mulai kegiatan yang mungkin jarang dilakukan saat sibuk kuliah dahulu, seperti membersihkan kamar, menekuni hobi yang sempat ditinggalkan, atau berkebun. Hal-hal semacam itu bisa jadi menjauhkan diri dari rasa stress saat mencari pekerjaan.
0
2.7K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.