Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Agar Foto Traveling-mu Terlihat Menarik, Terapkan Hal-Hal Berikut

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Agar Foto Traveling-mu Terlihat Menarik, Terapkan Hal-Hal Berikut
Seringkali kita merasa bahwa foto traveling hasil jepretan kita tidak sesuai dengan hasil fotografi karya fotografer traveling lainnya. Biasanya, hal itu seringkali membuat kita merasa kesal.

Namun, tenang saja karena akan selalu ada jalan untuk kamu yang ingin berusaha agar fotografi perjalananmu menjadi semakin baik. Kamu bisa terus berlatih dan berusaha untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik.

Penasaran dan ingin segera mendapatkan hasil jepretan yang kece dan keren? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam agar angle foto traveling-mu terlihat semakin menarik, kamu sebaiknya menerapkan hal-hal berikut ini.


TAHU KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENGAMBIL ANGLE FOTO YANG TERBAIK SEWAKTU TRAVELING

1. Mengambil Penerbangan Pagi

Memilih Penerbangan Pagi via http://www.radarbangka.co.id/gambar/...pagi3110_a.jpg

Untuk mendapatkan banyak foto-foto terbaik ketika traveling, kamu dapat memulainya dengan mengambil penerbangan pagi ketika sedang melakukan perjalanan.

Dengan mengambil penerbangan pagi, kamu akan mendapatkan banyak ‘bonus’ selain hanya terbang. Pilih pula tempat duduk yang terletak persis di depan jendela agar tidak mendapatkan banyak gangguan ketika sedang melakukan pemotretan sepanjang perjalanan.

Jika kamu mengambil penerbangan pagi, kamu akan dapat mendapatkan pemandangan berupa langit yang masih cerah sehingga kamu juga dapat melakukan latihan sebanyak-banyaknya. Kamu dapat melihat langit yang bersih ketika mengambil penerbangan pagi.


2. Mengambil Foto di Atas Jam 8

Mengambil Foto di Atas Jam 8 via http://annida-online.com/foto_berita...-baik-mana.jpg

Salah satu factor yang dapat membuat foto terlihat bagus adalah pengambilannya dilakukan pada waktu yang tepat. Jika kamu ingin mendapatkan foto yang baik, kamu dapat mengambil foto di atas pukul 8 pagi.

Pada waktu tersebut, matahari masih belum begitu bersinar terik namun kamu juga sudah akan mendapatkan foto yang baik. Untuk itu, usahakanlah bangun sepagi mungkin agar kamu dapat mendapatkan foto yang baik.


3. Hindari Mengambil Foto Pada Waktu Siang Hari di Waktu Tengah Hari
Hal yang berbeda jika kamu mengambil foto pada waktu siang hari. Pada waktu tersebut, kamu akan mendapatkan foto landscape yang berbeda.

Selain itu, biasanya cahaya yang dihasilkan oleh foto tersebut juga tergolong sudah terlalu kuat dan terjadi perbedaan gelap terang yang kuat. Untuk itu, usahakan mengambil foto pada waktu pukul 8 pagi hingga 10 pagi atau di waktu sore hari agar mendapat foto dengan pencahayaan yang tepat.



TIPS DAN TRICK UNTUK MENDAPATKAN FOTO DENGAN ANGLE YANG TERBAIK

1. Mendapatkan Foto dengan Waktu yang Terbaik

Mendapatkan Waktu yang Terbaik via http://blog.traveleze.co.uk/wp-conte...graphy-002.jpg



Untuk mendapatkan foto traveling yang baik, kamu perlu untuk memperhatikan waktu terbaik untuk mendapatkan foto. Masalah waktu di sini lebih ditekankan pada berapa lama kamu berada di destinasi wisatamu.

Lamanya fotografer berada di suatu tempat akan sangat mempengaruhi hasil fotografi traveling. Biasanya, makin lama kamu berada di suatu tempat, maka makin baik foto yang akan kamu hasilkan.

Mungkin seringkali kamu berfikir mengapa suatu destinasi wisata tidak terlihat secantik di foto-foto professional seperti National Geographic misalnya. Hal ini tentu saja salah satunya karena lamanya waktu.

Fotografer professional biasanya akan menghabiskan waktu yang lama bahkan hingga berbulan-bulan lamanya untuk mendapatkan foto yang terbaik di suatu tempat.

Jika kamu hanya memiliki waktu yang sedikit, maka kecil kemungkinannya kamu akan mendapatkan foto yang baik. Sehingga, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk mendapatkan foto yang terbaik selama berada di suatu destinasi wisata.


2. Memperhatikan Komposisi Foto

Memperhatikan Komposisi Foto via http://tipsfotografi.net/wp-content/...Fotografi.jpeg

Selain masalah waktu, kamu juga sebaiknya memperhatikan komposisi foto agar kamu mendapatkan foto terbaik selama traveling. Cara terbaik untuk mendapatkan komposisi foto yang menawan adalah dengan cara sering berlatih.

Jika kamu semakin sering berlatih, kamu juga akan merasakan sense untuk mendapatkan foto dengan komposisi yang semakin baik.

Ketika sedang mengambil foto, perhatikanlah bahwa kamu akan melihat kotak-kotak kecil di dalam kameramu baik itu di kanan, kiri, atas, bawah atau tengah. Kamu dapat memperhatikan ukuran dan bagian mana yang ingin kamu gunakan untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik.

Selain itu, kamu juga dapat memperhatikan jenis warna apa yang ingin kamu gunakan. Kamu juga bebas untuk menentukan orientasi dari fotomu: baik itu portrait maupun landscape. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan keinginanmu karena tidak ada yang benar atau salah dalam mengambil foto.


3. Mendapatkan Momen yang Pas

Musim Kemarau Lebih Baik via http://belivitabumin.com/wp-content/...im-Kemarau.jpg

Ini dia salah satu factor yang dapat menentukan agar fotomu menjadi semakin baik. Ya, pastikan kamu mendapatkan momen yang terbaik ketika sedang mengunjungi suatu destinasi wisata.

Hasil foto terbaik akan kamu dapatkan jika kamu datang pada waktu musim kemarau atau high season. Namun, kebanyakan traveler seringkali datang ke suatu destinasi wisata pada waktu low season sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal.

Kebanyakan traveler seringkali memilih untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata pada waktu promo atau low season padahal akan jauh lebih baik jika traveler datang ke suatu destinasi wisata pada waktu musim kemarau. Dengan demikian, kamu akan dapat mendapatkan langit biru dan cuaca yang mendukung.


4. Mempelajari Buku Manual Kamera
Inilah salah satu hal yang seringkali dilewatkan padahal sangat penting guna mendapatkan hasil foto yang maksimal. Ya, pastikan kamu memahami seluk-beluk pemakaian kamera milikmu sendiri.

Ya, kamu sebaiknya memahami fungsi kameramu dengan baik dan benar. Kamu juga sebaiknya banyak-banyak membaca dan berlatih dengan kameramu karena practice makes perfect.

Jika kamu rajin membaca buku manual kamera dan berlatih, kamu akan semakin cepat dapat memotret foto liburan agar dapat menjadi bagus seperti halnya jepretan karya fotografer professional.


TIPS FOTOGRAFI TRAVEL YANG SEBAIKNYA KAMU KETAHUI

1. Bangun Sepagi Mungkin

Bangun Sepagi Mungkin via http://digital-photography-school.co...her-must-know/

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, kamu sebaiknya bangun sepagi mungkin. Pada pagi hari, usahakan agar kamu dapat bangun sekitar satu jam setelah matahari terbit.

Bangunlah pada waktu banyak turis lainnya malah memilih untuk tidur. Sementara pada waktu sore hari, kamu dapat mengambil gambar sekitar satu jam sebelum sunset. Pada waktu-waktu tersebut, kamu akan mendapatkan gambar yang baik dan indah.


2. Melakukan Riset

Melakukan Riset via http://digital-photography-school.co...her-must-know/

Melakukan riset juga sangat penting sebelum kamu berencana untuk berlibur ke suatu tempat. Pastikan kamu mendapatkan informasi mengenai seluk beluk destinasi wisata yang akan kamu singgahi.

Ya, pelajarilah sebanyak mungkin tentang destinasi wisata yang akan kamu datangi. Dengan demikian, semakin banyak informasi yang kamu ketahui, semakin “pintar” pula gambar yang kamu hasilkan. Jangan ragu untuk mengetahui segala detail terkecil tentang destinasi wisata yang akan kamu sambangi.


3. Memilih Tempat Terbaik untuk Mendapatkan Foto Terbaik
Salah satu cara yang dapat kamu aplikasikan untuk mendapatkan foto yang terbaik adalah dengan cara memilih tempat terbaik. Kamu dapat memilih untuk berada di tengah kota atau kamu dapat memilih tempat lain supaya kamu dapat mendapatkan foto-foto yang baik.

4. Pelajari “Hello” dalam Bahasa Lokal
Selain itu, cobalah untuk mempelajari “hello” dalam bahasa lokal. Jika kamu mengunjungi suatu daerah, kamu dapat mencoba untuk mempelajari “hello” dalam bahasa lokal daerah tersebut dan juga bertemu dengan warga lokal untuk mendapatkan foto yang terbaik.


5. Mendapatkan Inspirasi yang Terbaik
Jangan pernah sepelekan inspirasi yang bisa datang dari mana saja. Cobalah untuk menemui banyak tempat-tempat penuh inspirasi yang dapat kamu datangi agar kamu menemukan inspirasi terbaik untuk fotomu.

Kamu dapat mencoba untuk mengunjungi museum seni, mendengarkan musik klasik atau membaca buku-buku guna mendapatkan inspirasi yang terbaik. Inspirasi ini akan membantumu agar kamu dapat mendapatkan foto dengan hasil yang maksimal.


6. Feel The Place
Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, kamu dapat mencoba untuk feel the place. Cobalah untuk berbaur dengan warga lokal, coba juga untuk merasakan kuliner lokal agar kamu dapat lebih merasakan berada di destinasi wisata yang sedang kamu sambangi.

Kamu akan merasakan bagaimana menyenangkannya mendapatkan foto-foto yang natural. Kamu akan merasa lebih dekat dengan tempat yang sedang kamu kunjungi, bahkan juga merasa lebih dekat dengan warga lokal.



MEMBUAT ANGLE FOTO YANG LEBIH MENARIK

1. Mengambil Frame di Sekitarmu

Mengambil Foto Ranting via https://ojanto.files.wordpress.com/2...ndslim0030.jpg

Untuk mendapatkan angle foto yang menarik, kamu dapat mencoba untuk mengambil frame di sekitarmu. Ya, tentu saja kamu dapat mencoba untuk mengambil foto ranting atau dedaunan yang menjuntai.

Kamu juga memiliki kesempatan untuk mengambil foto pintu dan jendela. Jika kamu ingin menunjukkan focal point, kamu juga dapat mencoba untuk mengambil bentuk frame yang sesuai dengan objek foto. Misalnya, kamu dapat mengambil bentuk kubah museum dengan masjid yang melengkung sebagai latar belakangnya.


2. Memperhatikan Detail

Memperhatikan Detail via https://fiksilotus.files.wordpress.c...ippery-car.png

Untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dan menawan, kamu juga dapat memperhatikan detail foto yang akan kamu hasilkan. Kamu dapat memfoto detail-detail unik yang mungkin sudah ketinggalan zaman atau tidak diproduksi lagi.

Sebagai contoh, kamu dapat mengambil foto objek-objek yang sudah tua namun masih utuh atau dapat digunakan di suatu tempat. Misalnya, kamu dapat mengambil foto rambu lalu lintas yang sudah dilapisi karat pada permukaannya. Foto-foto dengan detail unik seperti ini tentu akan mampu membuat penampilanmu menjadi semakin menarik.


3. Mengambil Foto Panorama

Mengambil Foto Panorama via https://upload.wikimedia.org/wikiped...a_panorama.jpg

Terlepas dari orientasi foto portrait atau landscape, kamu juga bisa mencoba mengambil foto dengan orientasi lainnya. Ya, cobalah untuk mengambil foto panorama agar mendapatkan foto yang berbeda daripada foto lainnya. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan angle foto yang lebih menarik.


4. Mengambil Foto Tulisan atau Papan Informasi
Kamu juga bisa mengambil foto tulisan atau papan informasi yang akan membuat koleksi foto travelingmu menjadi semakin menarik. Pengambilan foto tulisan atau papan informasi tidak harus indah, yang penting jelas agar dapat kamu gunakan sebagai dokumentasi.

Foto tulisan atau papan informasi ini dapat kamu jadikan sebagai bukti otentik perjalanan. Selain itu, foto tulisan atau papan informasi ini dapat membantumu untuk mengingat detail tentang destinasi wisata yang pernah kamu kunjungi ini.


5. Mengambil Foto Rekan Perjalanan
Jika koleksi fotomu lebih banyak berisi tentang gedung-gedung atau lanskap, maka tidak ada salahnya jika kamu mengambil foto rekan perjalananmu. Tentu saja, dengan mengambil foto rekan perjalanan, hal ini akan menjadi berbeda.

Alih-alih mengambil foto narsis yang sudah biasa, kamu dapat menciptakan foto yang berbeda dari biasanya. Misalnya, kamu dapat meminta rekan perjalananmu untuk bergaya menjadi supir andong atau memakai pakaian kerajaan. Dengan demikian, dijamin fotomu akan terlihat semakin berbeda.


6. Mendapatkan Inspirasi dari Kartu Pos

Inspirasi dari Kartu Pos via https://hqeemstamps.files.wordpress....014/06/005.jpg

Jangan remehkan kekuatan kartu pos. Kamu dapat mencoba untuk mendapatkan inspirasi foto agar fotomu dapat sekeren kartu pos. Cobalah mengambil kartu pos dari suatu destinasi wisata dan mengaplikasikannya pada fotomu.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perbandingan dan terus menerus berusaha agar foto yang kamu dapatkan bisa menjadi semakin baik. Biasanya, foto-foto pada kartu pos kental dengan pemandangan langit dan laut yang berwarna biru.

Cobalah untuk jujur pada foto yang telah kamu ambil. Kamu tidak harus mengeditnya di Photoshop karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya over saturation.


7. Mencoba Focal Length yang Berbeda
Jika ingin mendapatkan foto traveling yang berbeda dan menawan, cobalah untuk mengambil foto dengan focal length yang berbeda. Kamu dapat mencoba lensa yang cukup lebar untuk mendapatkan pemandangan dengan view yang lebar.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba lensa zoom. Jika kamu mencoba lensa zoom, kamu akan mendapatkan foto yang juga tidak kalah keren. Sementara itu, lensa yang cocok untuk traveling adalah lensa dengan jenis range wide hingga tele.


8. Pastikan Kameramu Senantiasa Siaga
Ketika sedang berada dalam perjalanan, bukan tidak mungkin kamu terkadang menemukan pemandangan yang berbeda dari biasanya. Untuk itu, sangat penting untukmu agar senantiasa memastikan kameramu siaga.

Dengan demikian, kamu dapat meminimalisir resiko kehilangan pemandangan menarik saat sedang berada di perjalanan. Untuk amannya, kamu dapat mencoba untuk menyetel kameramu dengan settingan Aperture F 5.6 dan ISO 400.

Pastikan selalu kameramu berada dekat denganmu. Dengan demikian, kamu tidak akan kehilangan momen dan bisa langsung memotret ketika kamu mendapatkan momen yang terbaik selama berada di perjalanan.


9. Hindari Foto Pada Waktu Malam Hari

Jika kamu terkadang merasa foto yang kamu ambil pada waktu malam hari masih terasa belum begitu baik, maka sebaiknya kamu mencoba untuk memperbanyak pengambilan foto pada waktu siang hari.

Mengambil foto pada waktu masih ada matahari tentunya akan memberikan banyak manfaat. Manfaat yang akan kamu dapatkan misalnya banyak warna yang kamu dapat di fotomu, pencahayaan terang yang pas sehingga kamu tidak perlu bingung mengatur pencahayaan dan lain-lain.

Terdapat perbedaan jika kamu memilih untuk mengambil foto pada waktu sunset. Jika kamu mengambil foto pada waktu sunset, kamu akan mendapatkan foto yang lebih sederhana namun menonjol.


10. Memanfaatkan Shutter Speed, ISO dan Peredam Getaran
Untuk mendapatkan hasil maksimal pada waktu traveling, kamu sebaiknya memanfaatkan shutter speed, ISO dan peredam getaran dengan semaksimal mungkin. Pastikan kamu telah mempelajari fitur ini pada kameramu sehingga kamu dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Untuk mengecek ketajaman foto yang telah kamu ambil, tidak ada salahnya jika kamu senantiasa melakukan zoom in pada foto yang kamu ambil. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui apakah fotomu pecah atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus mengefektifkan penggunaan shutter speed, ISO dan peredam getaran terutama pada waktu kondisi pencahayaan sedang kurang (low light condition) atau pada waktu malam hari.



Nah, itulah dia pembahasan mengenai agar angle foto traveling-mu terlihat semakin menarik, kamu sebaiknya menerapkan hal-hal berikut ini. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menghasilkan foto terbaik selama traveling.


SUMBER

0
2.1K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.