fancewAvatar border
TS
fancew
[+PIC] Lihat Yuk Bagian Dalam Mall Mewah Tapi Nggak Biasa Ini
Pas ane lewat di daerah Kuningan, Jakarta gan, ane ngelihat ada Mal Pelayanan Publik di deket GOR Soemantri (Pasar Festival) situ. Ane pikir itu apaan ya kok tiba-tiba ada mal tapi ane nggak ngeh. Ane googling lah eh ternyata emang beneran ane nggak salah lihat!

emoticon-Wow


Pic: kompas.com

Pasti tau dong karakter mal itu buat apa? Buat belanja gan! Nah di Mal Pelayanan Publik ini, warga bisa "belanja perizinan" cukup di gedung ini, atau sebutannya satu pintu, tanpa harus dioper bola ke sana-sini. Mulai dari pelayanan membuat SIM, SKCK dan bahkan tanda daftar perusahaan bisa diurus di sini dalam hitungan menit. Mal ini melayani 328 jenis layanan dan perizinan, terdiri dari 296 Pemprov DKI dan 32 lainnya dari 7 kementerian maupun lembaga non-Pemprov DKI.

Di antaranya adalah layanan dari Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agraria, Kementerian Keuangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kepolisian, PLN, dan juga Badan Penyelenggara Jaminan Sosialgan. Banyak juga kan?



Mal Pelayanan Publik di Jakarta ini ternyata bukan yang pertama gan, sebelumnya udah ada di Surabaya dan juga Banyuwangi yang tingkat kabupaten, sedangkan di Jakarta adalah tingkat provinsinya gan. Enaknya di mal pelayanan publik ini adalah efisiensi dan juga transparansi, nggak perlu lagi deh tuh mondar-mandir ke banyak tempat buat ngurusin surat-surat.

Quote:


Untuk mengurus kependudukan, izin bangunan, hingga biaya retribusi, bisa dilakukan warga di lantai dasar dan lantai 2. Sedangkan lantai 3 mal diperuntukkan buat instansi non-Pemda DKI gan. Sedangkan sisa lantai di atasnya itu untuk back office gan. Lebih tepatnya di lantai dasar adalah area lobby dan resepsionis, area tunggu, counter pelayanan, layanan difabel, layanan ekspres, self service counter dan loket pengambilan. Pada lantai dua, terdapat counter pelayanan, ruang prioritas, ruang konsultasi, self service counter, ruang menyusui, area bermain anak, pojok testimoni, dan Bank DKI. Sedangkan di lantai tiga, terdiri dari Ruang Pelayanan unit-unit pelayanan dari Kementerian, Lembaga Negara, BUMN dan BUMD.


Pic: Dream

Mal ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia bersama unit-unit pIayanan publik lainnya di Jakarta baik pusat, daerah, dan swasta. Menurut ane, hasil kolaborasi dalam bentuk yang menguntungkan masyarakat gini lah yang membuat tingkat kepuasan masyarakat meningkat akan pemerintah.

Seakan belum cukup dalam bentuk fisik, mal ini juga menyediakan layanan online lewat pelayanan.jakarta.go.id, layanan Video Call dan Call Center Tanya PTSP 1500164, dan Pasukan Putih atau Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Masih kurang apa lagi kan gan?


Pic: Dream

Bukan cuma pelayanannya yang bisa memenuhi kebutuhan warga, tapi ruangan di mal ini juga didukung dengan sarana prasarana yang kualitasnya oke banget plus sistem teknologi yang modern. Ini dia waktunya warga dimanjakan gan!

Daripada penasaran kayak gimana sih bagian dalamnya, cekidot foto-foto yang ane kutip dari Liputan6 gan:

Spoiler for Ini penampakan ruang pelayanan gan:

Spoiler for Kalo yang ini adalah pojok pelayanan mandiri:

Spoiler for Bawa anak kecil nggak perlu ribet karena ada tempat buat bermain anak gan:

Spoiler for Kalo yang ini ruang konsultasi dengan petugas gan:

Spoiler for Mewah juga fasilitas yang ada di mal ini gan, semoga bisa dijaga terus :


Jadi nggak ribet lagi buat ngurusin segala persuratan di sini. Semoga dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini bisa diciontoh oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia dan pelayanan publik menjadi semakin bagus. Masyarakat puas, Indonesia sejahtera.
emoticon-2 Jempol
Quote:

Sumur- Sumur - Sumur - Sumur

Pengalaman Agan Kaskuser yang udah pernah dateng nih gan:

Quote:

Diubah oleh fancew 08-11-2017 06:43
0
31.4K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.